Sedang Mimpi Tapi Sadar Begini Penjelasan Fenomena Lucid Dream

Sedang Mimpi Tapi
Knda sedang berada dalam suatu wilayah yg asing ketika datang-datang timbul orang-orang yg Knda kenal. Seketika Knda merasa terdapat yg absurd menurut suasana ketika itu. Mungkinkah Knda sebenarnya sedang bermimpi? Lalu kenapa Knda sadar Knda sedang bermimpi? Tenang saja, kenyataan sadar dalam mimpi itu nisbi awam, kok. Istilahnya ialah lucid dream atau mimpi sadar.

Lucid dream ialah keadaan dalam mana seseorang menyadari dirinya sedang bermimpi & beliau bisa mengendalikan apa yg terjadi dalam mimpinya. Kenapa seseorang bisa mengalami hal ini & apakah terdapat hubungannya menggunakan pengalaman mistik? Cari memahami penjelasannya dalam sini.

Apa yg terjadi ketika masuk dalam lucid dream?

Mimpi terjadi ketika Knda memasuki tahap tidur REM atau rapid eye movement. Manusia memang memiliki empat tahapan tidur. Yang pertama yaitu tidur ayam, tahap ke 2 mulai tertidur, ketiga tidur nyenyak, kemudian tahap terakhir yaitu tidur REM.

Dalam tahap tidur REM, detak jantung, pernapasan, & gerakan bola mata yg tadinya melambat menjadi lebih cepat. Namun, ini seluruh terjadi ketika Knda masih terlelap. Inilah tahapan tidur yg memungkinkan terjadinya mimpi. Lucid dream pun terjadi dalam tahapan tidur ini.

Fenomena ini ditandai menggunakan pencerahan Knda bahwa ketika itu Knda memang sedang bermimpi, bukannya berada dalam global konkret. Kemudian, tidak mirip mimpi dalam biasanya, Knda punya kendali terhadap apa yg terjadi dalam mimpi tadi. Misalnya dalam dalam mimpi sadar Knda, Knda melihat terdapat sebuah tempat tinggal dalam seberang sungai. Knda nir memahami apa atau siapa yg terdapat dalam dalam tempat tinggal tadi, maka secara sadar Knda menggerakkan diri buat menyeberangi sungai & mendekati tempat tinggal tadi, persis mirip dalam global konkret.

Akan akan tetapi, bencana dalam mimpi sadar Knda belum tentu masuk nalar. Seperti mimpi lainnya, Knda bisa melakukan hal-hal yg nir mungkin terjadi dalam global konkret atau bertemu menggunakan orang-orang tidak terduga. Misalnya Knda mimpi berada satu pesawat menggunakan seniman idola Knda. Lalu secara sadar, Knda memberanikan diri buat mengajak seniman tadi buat terjun ke luar pesawat beserta-sama.

Di global konkret, hal-hal mirip ini nir mungkin terjadi, bukan? Namun, justru karena Knda sadar Knda sedang berada dalam mimpi, Knda jadi berani bicara eksklusif menggunakan seniman idola tanpa gugup. Tak tanggung-tanggung, Knda jua lompat ke luar pesawat & melayang-layang dalam angkasa. Ini berarti Knda punya kendali terhadap mimpi Knda sendiri.

Apakah seluruh orang bisa mengalami lucid dream?

Sebenarnya setiap orang memiliki kemampuan buat menyadari sedang bermimpi, akan akan tetapi tergantung seberapa cepat Knda menyadari hal ini & kemudian bisa mengontrolnya. Setidaknya setiap orang akan mengalami lucid dream satu kali seumur hidupnya secara nir disengaja.

Apakah mimpi sadar memiliki kegunaan bagi kesehatan?

Tujuan insan mengalami lucid dream sendiri belum diketahui secara niscaya. Akan akan tetapi, poly terapis & pakar yg memanfaatkan syarat mimpi sadar menjadi pengobatan atau terapi. Misalnya buat menyembuhkan stress berat psikologis, menaikkan agama diri, menyebarkan kepekaan diri, & menjelajahi alam bawah sadar.

Pasalnya, dalam mimpi sadar Knda, Knda bisa melakukan poly sekali hal yg belum bisa atau nir mungkin Knda lakukan dalam global konkret. Bahkan beberapa terapis akan memicu mimpi sadar dalam orang yg lumpuh agar dalam mimpinya beliau bisa mencicipi bebasnya berkecimpung & berjalan.

Knda bisa berlatih agar mengalami mimpi sadar

Meskipun dalam kebanyakan kasus mimpi sadar terjadi begitu saja tanpa disengaja, para pakar sudah menemukan beberapa teknik buat memicu mimpi sadar.

Salah satunya yaitu sebelum tidur Knda wajib meluangkan waktu buat memikirkan apa yg ingin Knda mimpikan. Mungkin Knda ingin mencari solusi buat problem yg sedang dihadapi atau balik  ke suatu wilayah. Apapun itu, penekanan dalam pikiran tadi hingga Knda tertidur.

Proses ini disebut menggunakan predeterminasi & wajib selalu dilatih berulang-ulang dalam waktu yg nisbi usang. Knda jua bisa memancing mimpi sadar menggunakan membiasakan diri buat bangun tidur setiap 5 hingga enam jam. Akan akan tetapi, cara ini nir direkomendasikan buat dilakukan setiap hari karena bisa mengacaukan jam tidur Knda. Jam tidur yg nir teratur atau kurang tentu bisa membahayakan kesehatan. 

Aktivitas otak dalam lucid dream 

Sebuah penelitian dalam Bonn University menguak perubahan tubuh, khususnya otak, ketika memasuki lucid dream. Penelitian ini dilakukan dalam 20 orang mahasiswa yg sudah dilatih selama empat bulan buat memiliki kemampuan bermimpi sadar. Setelah dilatih, terpilih enam peserta yg mengalami lucid dream lebih menurut 3 kali setiap minggu.

Hasil menurut penelitian membuktikan ketika peserta mengalami mimpi sadar, kegiatan elektrik dalam otak dalam bagian tertentu mengalami peningkatan. Aktivitas ini sangat mirip menggunakan kegiatan orang yg sedang sadar atau terbangun menurut tidurnya. Namun, hal ini terjadi ketika para peserta memasuki tahap tidur REM. 

Karena itu, mimpi sadar sebenarnya ialah sebuah kenyataan medis yg bisa diteliti lebih lanjut. Jadi mengalami mimpi sadar bukan berarti Knda sedang mengunjungi dimensi lain atau sedang mengalami bencana mistik. Mimpi sadar hanyalah kelainan kegiatan otak yg terjadi ketika Knda tidur.
loading...

0 komentar untuk Sedang Mimpi Tapi Sadar Begini Penjelasan Fenomena Lucid Dream