Mana yang Lebih Baik ASI Kental Atau ASI Encer

Mana yang Lebih Baik ASI Kental Atau ASI Encer
Banyak bunda mungkin khawatir bila ASI yang dihasilkannya terlalu encer. Mereka menduga ASI encer mempunyai nutrisi yang lebih sedikit dibandingkan ASI yang kental. Hal ini pun kadang memproduksi bunda menyusui nir percaya diri beserta ASI yang dihasilkannya. Namun, apakah betul kekentalan ASI dapat memilih nutrisi yang terkandung dalam ASI?

Apakah ASI encer kualitasnya kurang baik?

Sebenarnya, kekentalan ASI mampu berubah kapan pun. ASI kadang terlihat lebih encer dan berwarna agak putih, kepada lain waktu ASI pula mampu berubah sebagai lebih kental dan berwarna agak kuning. Ini merupakan hal yang normal terjadi kepada seluruh bunda menyusui.

ASI yang acapkali Enda lihat lebih kental mungkin ialah ASI hindmilk, yang keluar kepada akhir menyusui. Sementara ASI yang lebih encer mungkin ialah ASI foremilk, yang keluar kepada waktu awal menyusui. Kekentalan ASI ini ditentukan sang kandungan lemak dalam ASI.

Saat payudara penuh atau kepada dikala awal menyusui, ASI mengandung lemak yang lebih rendah daripada dikala payudara kosong atau dikala bayi akan selesai menyusu. Semakin sedikit ASI yang tersisa kepada payudara, maka semakin tinggi kandungan lemaknya dan semakin cepat ASI dikeluarkan asal payudara. Hal ini sebab dikala payudara mulai kosong, gumpalan lemak mulai beranjak turun ke saluran susu.

Jangan buru-buru melepaskan payudara asal bayi

Karena kandungan lemak ternyata sangat banyak masih muncul kepada ASI terakhir, jadi sebaiknya jangan buru-buru melepaskan payudara Enda asal ekspresi bayi dikala menyusui. Pastikan bayi sungguh telah mengosongkan payudara Enda dan melepaskan mulutnya sendiri asal payudara Enda sehingga seluruh kandungan lemak dan nutrisi lainnya dalam ASI telah sungguh diterima bayi.

Aika perlu Enda mungkin wajib menekan/memijat payudara Enda untuk membantu mengosongkan payudara dikala menyusui. Memijat payudara dikala menyusui terbukti dapat menaikkan kandungan lemak dalam ASI yang diterima bayi. Memijat payudara pula dapat merangsang pengeluaran ASI asal payudara sehingga bayi mampu mendapatkan ASI tinggi lemak.

Aika bayi Enda nir melekat beserta baik kepada payudara, bayi tertidur dikala menyusu, atau jikalau bayi hanya melekat kepada payudara tanpa mengisap payudara Enda, sebaiknya pijat payudara Enda. Aika bayi telah kenyang sebelum payudara kosong, muncul baiknya Enda pompa ASI Enda dan simpan ASI perah tersebut untuk diberikan kepada bayi kepada lain waktu.

Apa yang memengaruhi kandungan lemak dalam ASI?

Salah satu hal yang dapat memengaruhi kandungan lemak dalam ASI ialah kebiasaan makan bunda. Namun, bukan jumlah lemak yang dipengaruhinya, melainkan jenis lemak yang terkandung dalam ASI. Makanan yang bunda makan dapat memengaruhi jenis lemak yang masih muncul dalam ASI.

Ibu yang acapkali mengonsumsi ikan berlemak, minyak botani, dan kacang-kacangan, mempunyai ASI yang mengandung asam lemak tidak jenuh tunggal dan asam lemak tidak jenuh ganda yang lebih banyak. Sedangkan bunda yang acapkali mengonsumsi daging berlemak dan susu tinggi lemak cenderung mengeluarkan ASI yang mengandung lebih banyak lemak jenuh.

Perlu Enda ketahui bahwa asam lemak tidak jenuh tunggal dan tidak jenuh ganda yang masih muncul kepada ASI sangat krusial untuk mendukung perkembangan otak dan mata bayi. Bahkan, asam lemak esensial yang terkandung dalam ASI telah dikaitkan beserta nilai IQ dan penglihatan bayi yang lebih baik.
loading...

0 komentar untuk Mana yang Lebih Baik ASI Kental Atau ASI Encer