Kulit Bayi Mengelupas di Minggu Pertamanya, Apakah Berbahaya

Kulit Bayi Mengelupas di Minggu Pertamanya, Apakah Berbahaya
Setiap orangtua mutlak sangat bahagia waktu mereka memiliki bayi yang baru lahir. Tentu saja, semua afeksi akan dicurahkan padanya, orangtua juga senantiasa untuk menjaga sang bayi. Ketika bayi mengalami sakit atau perubahan fisik eksklusif saja, mutlak banyak orangtua yang merasa cemas. Salah satu yan sering dicemaskan ialah kulit bayi mengelupas. Sebenarnya, apa yang berakibat kulit bayi mengelupas? Apakah hal ini berbahaya? Apa yang wajib orangtua lakukan?

Apa penyebab kulit bayi mengelupas?

Sebenarnya, waktu Anda melihat kulit mengelupas pada bayi yang baru lahir, Anda tak perlu cemas. Pasalnya, hal ini wajar terjadi pada setiap bayi yang baru lahir. Mengelupasnya kulit ini dapat terjadi pada bagian tubuh mana pun, masing-masing bayi akan berbeda. Dari tangan, telapak kaki, hingga pergelangan kaki, dapat terkelupas kulitnya.

Kulit bayi yang baru lahir memang sensitif & rentan mengalami gangguan atau bermasalah bila terdapat pemicunya. Namun, bukan hal ini yang berakibat kulit bayi mengelupas pada minggu pertamanya. Kondisi ini ditimbulkan lantaran lapisan kulit terluar bayi yang berfungsi sebagai lapisan pelindung pada dalam kandungan mulai terkelupas.

Ya, lapisan kulit ini dianggap beserta vernix. Jadi, waktu masih pada dalam kandungan, bayi kan dilapisi beserta lapisan yang bermanfaat melindungi kulit bayi pada dalam air ketuban. Pada saat lahir, lapisan ini memang akan hilang tapi tak semuanya. Sisanya akan lepas beserta sendirinya seiring berjalannya waktu sesudah sang bayi lahir. Maka berdasarkan itu, selama kurang lebih 1 bulan kulit bayi mengelupas

Lalu, apa yang dapat saya lakukan untuk mengatasi kulit bayi mengelupas?

Meskipun kulit bayi mengelupas ini ialah hal yang normal, sebaiknya Anda tetap menaruh perawatan kulit yang lebih pada sang bayi. Hal ini untuk mencegah kulit bagian lain yang sehat, ikut mengelupas. Berikut tips untuk mencegah kulit bayi kering & kemudian semakin banyak yang mengelupas:

Pastikan bayi tidak mandi kelamaan. Jika Anda biasa memandikan si kecil selama 20 menit, maka sekarang kurangi durasinya hanya lima-10 menit saja. semakin lama Anda memandikan si kecil, maka semakin kering kulitnya.
Menggunakan pelembap. Tidak terdapat salahnya menjaga kelembapan kulit si kecil beserta pelembap khusus bayi. Dalam mengarah produk pelembap, sebaiknya bicarakan juga pada dokter anak Anda.
Hati-hati beserta penggunaan detergen waktu mencuci baju bayi. Baju yang ia pakai sehari-hari, dapat jadi membuat kulit iritasi & kering apabila detergen yang Anda gunakan kondusif. Pastikan kalau produk dertergen yang Anda gunakan tersebut kondusif.

Sebenarnya, tak semua kulit bayi mengelupas itu normal, terkadang hal ini memang ditimbulkan oleh kasus kesehatan, seperti eksim atau bahkan alergi. Namun, umumnya gangguan kulit tersebut disertai beserta menandakan-menandakan kulit lain seperti kulit memerah. Jila hal ini terjadi, maka segera bawa bayi Anda ke dokter untuk diperiksakan lebih lanjut.
loading...

0 komentar untuk Kulit Bayi Mengelupas di Minggu Pertamanya, Apakah Berbahaya