Kenapa Ada Pria yang Berdada Besar Seperti Payudara

Kenapa Ada Pria yang Berdada Besar Seperti Payudara
Hampir sebagian akbar laki-laki akan menjawab payudara menjadi keliru satu atau 2 benda selera mereka. Sampai suatu dikala mereka menemukan sepasang payudara baru bertumbuh kepada dada mereka.

Pria berdada akbar kepada umumnya nir perlu khawatir wacana apapun. Kondisi ini juga tidak selamanya kekal. Inilah yg wajib Knda ketahui seputar dada akbar kepada laki-laki.

Pria berdada akbar diakibatkan sang ketidakseimbangan hormon seks

Beberapa laki-laki memiliki jaringan payudara yg mengembang. Dalam global medis, syarat ini dikenal menjadi gynecomastia. Mungkin Knda pernah mendengar orang-orang menyebutnya beserta man boobs. Gynecomastia ialah pertumbuhan jaringan jinak menjadi output dari ketidakseimbangan hormon seks: estrogen & testosteron.

Pria memiliki hormon estrogen dalam jumlah mini dalam tubuh mereka, sama misalnya perempuan yg memiliki sedikit jatah testosteron dalam tubuhnya. Tapi, kepada dikala jumlah estrogen dalam tubuh laki-laki melonjak naik dibanding kadar testosteronnya, syarat ini bisa berakibat jaringan payudara membengkak.

Tujuh puluh % anak laki-laki memiliki syarat ini selama masa pubertas, dari WebMD. Meskipun umumnya nir berbahaya, ginekomastia bisa dikaitkan beserta problem psikologis (memalukan & menurunkan rasa percaya diri) hingga beberapa syarat kesehatan, termasuk penyalahgunaan zat, penyakit tertentu, & penggunaan beberapa obat.

Selain anak laki-laki usia pubertas, ginekomastia juga terlihat kepada anak laki baru lahir (alasannya adalah imbas dari estrogen mak mereka) & awam kepada antara laki-laki yg lebih tua dari 50, dari Live Science. Kondisi ini bisa ditinjau dalam satu atau ke 2 payudara, & pertumbuhan jaringan seringnya terjadi nir merata.

Ketika ginekomastia berkembang, mungkin terasa menyakitkan, atau bisa disertai kelunakan area payudara, nyeri atau keluar cairan dari keliru satu atau ke 2 puting. Dalam kebanyakan problem, pembesaran payudara ini akan hilang sendiri selesainya beberapa minggu atau bulan, meskipun pengobatan bisa digunakan buat syarat ginekomastia yg berlangsung lebih usang.

Apa yg berakibat laki-laki berdada akbar?

Ginekomastia nir ditimbulkan sang timbunan lemak ekstra dari kelebihan berat badan. Hal ini ditimbulkan sang jaringan payudara tambahan. Ada syarat lain, dikenal menjadi pseudogynecomastia, kepada mana terjadi penumpukan lemak kepada dada, yg kadang dikaitkan beserta kelebihan berat badan atau obesitas. Pria yg sangat gemuk (obesitas) bisa memiliki peningkatan kadar estrogen, yg bisa berakibat jaringan payudaranya bertumbuh. Knda nir akan bisa mencicipi jaringan padat, hanya lemak. Ciri utamanya, ke 2 sisi payudara laki-laki sama-sama terpengaruh & bergoyang mengikuti gerakan Knda dikala Knda sedang berjalan atau berlari.

Pria 1/2 baya & yg lebih tua juga bisa memiliki pembesaran jaringan payudara, yg bisa ditimbulkan sang penuaan (menggeser kadar hormon) atau alasannya adalah alasan lain, termasuk:

1. Efek samping obat-obatan

Sebuah laporan dari jurnal Expert Opinion on Drug Safety memperkirakan bahwa obat resep, rekreasi, & ilegal misalnya antibiotik, obat jantung, obat anti-kecemasan, perawatan AIDS, antidepresan trisiklik, kemoterapi, & obat-obatan yg mengobati asam lambung berakibat setidaknya 25 % problem ginekomastia. Hal ini alasannya adalah kandungan dalam obat-obatan tertentu bisa mengganggu ekuilibrium hormon Knda nisbi buat mengisi payudara Knda.

Ganja, heroin, & alkohol juga sudah dikaitkan beserta nomor kejadia laki-laki berdada akbar. Penggunaan steroid anabolik (awam kepada kalangan binaragawan) ialah yg paling tidak sporadis dikaitkan beserta ginekomastia.

Obat lain yg sudah dikutip menjadi pemicu ginekomastia termasuk anti-androgen yg digunakan buat mengobati kanker prostat, calcium channel blockers, & obat-obatan maag misalnya cimetidine.

Produk herbal yg mengandung minyak pohon teh atau minyak lavender juga bisa menaikkan berukuran payudara. Itu alasannya adalah mereka memiliki estrogen alami yg bisa mengganggu kadar normal hormon tubuh Knda.

2. Penyakit tertentu

Kadang, dada akbar kepada laki-laki bisa menjadi imbas samping dari problem kesehatan lain kepada luar obesitas, misalnya gangguan tiroid hiperaktif (hipertiroidisme), penyakit ginjal, atau tumor kepada keliru satu kelenjar yg mengontrol hormon Knda.

Ginekomastia sudah dikaitkan beserta syarat yg mengacak-rambang produksi hormon tubuh misalnya sindrom Klinefelter, penyakit hati, & insufisiensi hipofisis. Tumor testis & stress berat atau infeksi kepada testis bisa berakibat laki-laki berdada akbar, begitu juga beserta terapi radiasi kepada testis. Sirosis hati tidak sporadis terlihat kepada antara orang-orang yg menyalahgunakan alkohol bisa membarui kadar hormon & berakibat ginekomastia.

Penyebab ginekomastia nir selalu terang. Jadi, selalu lebih baik buat memeriksakan diri beserta dokter biasa atau seseorang endokrinologis, dokter seseorang ahli ketidakseimbangan hormon.

Apa yg bisa dilakukan buat mengobati syarat ini?

Dokter akan mencoba buat menyingkirkan penyebab lain dari pembesaran payudara laki-laki, misalnya:

Kista
Lipoma tumor jinak dari lemak tubuh
Mastitis peradangan jaringan payudara
Kanker payudara ginekomastia sporadis ditimbulkan sang kanker payudara
Hematoma pembengkakan darah yg membeku
Metastasis kanker yg sudah menyebar
Nekrosis lemak benjolan output kerusakan jaringan lemak payudara
Hamartoma pertumbuhan jaringan mirip tumor jinak

Bika ginekomastia tampaknya ditimbulkan sang obat, dokter mungkin akan merekomendasikan buat beralih ke obat yg tidak sinkron, menghentikan takaran, atau tetap melanjutkan penggunaan. Bika jangka takaran obat nir panjang, syarat ini akan bersifat ad interim.

Pada hampir setiap problem ginekomastia, pembengkakan jaringan akan surut beserta sendirinya tanpa pengobatan apapun seiring taraf hormon yg pulang normal. Sangat krusial buat dokter mengungkapkan ini kepada pasien mereka. Remaja yg memiliki syarat ini tanpa alasannya adalah yg terang akan disarankan buat membangun janji temu bersiklus buat melihat apakah pembesaran payudara mereda beserta sendirinya.

Bika syarat nir kunjung menghilang dalam beberapa tahun, berakibat memalukan, rasa sakit &/atau nyeri, pengobatan mungkin diharapkan. Pengobatan buat ginekomastia termasuk sporadis, & mungkin dengan keliru satu kepada antara 2 pilihan: obat-obatan misalnya terapi hormon buat memblokir imbas dari estrogen, atau operasi pengecilan payudara & sedot lemak. Operasi pengangkatan jaringan dimaksudkan buat menyampaikan output tetap, maka Knda wajib tetap menjalani gaya hayati sehat buat memelihara bentuk tubuh baru Knda tetap dalam keadaan prima. Berat badan yg naik drastis, dengan steroid, atau dengan obat yg menghipnotis kadar testosteron Knda bisa berakibat syarat laki-laki berdada akbar kambuh pulang.

BACA JUGA:

Wajarkah Bika Sudah Menikah Tapi Masih Mimpi Basah?
12 Makanan yg Dapat Menurunkan Tekanan Darah
Penyebab Bau Kaki Tidak Sedap (& Cara Mengusirnya)
loading...

0 komentar untuk Kenapa Ada Pria yang Berdada Besar Seperti Payudara