Kelebihan Berat Badan Pada Anak-anak

Kelebihan Berat Badan Pada Anak-anak
Body Mass Index (index massa tubuh/BMI) ialah metode menggunakan pengukuran tinggi & berat badan untuk mengetahui lemak tubuh seseorang, namun menghitung BMI sendiri mungkin sedikit rumit. Cara gampang menghitung BMI ialah dengan kalkulator BMI.

Saat BMI anak Anda sudah diketahui, BMI mampu dimasukkan ke tabel baku BMI. Anak-anak berusia 2 hingga 19 tahun jatuh ke dalam empat kategori:

Kekurangan berat badan: BMI di bawah 5 persen
Berat badan normal: BMI di antara 5 & kurang dari 85 persen
Berat badan berlebih: BMI di antara 85 & kurang dari 95 persen
Obesitas: BMI 95 persen ke atas

Perhitungan BMI tidak dipakai untuk mengetahui lemak tubuh kepada bayi & balita. Untuk anak-anak di bawah usia 2 tahun, dokter menggunakan grafik berat & tinggi untuk mengetahui bagaimana berat badan bayi dibandingkan dengan tinggi badannya. Anak yang berada kepada atau di atas 85 persen mampu dikatakan kelebihan berat badan.

Dokter, perawat, & penyedia layanan kesehatan lain mampu memeriksa apakah anak Anda memiliki berat badan berlebih atau obesitas dengan menghitung BMI mereka. BMI ialah berukuran berat badan yang dihubungkan dengan tinggi badan. BMI dihitung dengan membagi berat anak Anda dalam kilogram dengan tinggi badan dalam meter persegi (berat badan (kg)/tinggi (m2). Namun demikian, penting untuk mengetahui BMI anak tidak diinterpretasikan dengan cara yang sama misalnya BMI orang dewasa. BMI anak dipetakan dalam grafik pertumbuhan khusus. Grafik ini mampu menawarkan bagaimana BMI anak Anda dalam perbandingan dengan kisaran normal untuk anak-anak sesuai usia, jenis kelamin, & latar belakang etnis yang serupa.

Tergantung dari BMI anak Anda (atau berukuran berat-tinggi), usia, & kondisi kesehatan, dokter mampu merujuk Anda untuk mengunjungi pakar nutrisi untuk saran tambahan, & mungkin akan menyarankan program manajemen berat badan komprehensif.

Risiko kesehatan kepada Anak dengan berat badan berlebih

Seorang anak yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas memiliki risiko lebih tinggi terkena:

Masalah sendi, termasuk sobek (osteoarthritis) & terpisahnya bolah dari sendi pinggul dari ujung atas tulang paha (slipped capital femoral epiphysis). Anak-anak yang obesitas jua memiliki risiko lebih tinggi untuk memiliki bow leg (bentuk kaki misalnya huruf O) & lebih memungkinkan untuk terkena patah tulang
Masuk masa puber lebih awal
Masalah pernapasan, termasuk asma yang lebih parah, kesulitan bernapas saat tidur (obstructive sleep apnea) & sesak napas saat berolahraga
Kekurangan zat besi & vitamin D
Kelebihan berat badan atau obesitas saat dewasa (lebih dari setengah dari anak-anak yang obesitas tumbuh menjadi orang dewasa dengan obesitas jua)
Memiliki dilema jantung saat dewasa

Memiliki kelebihan berat badan atau obesitas saat anak-anak atau remaja mampu mengakibatkan dampak psikologis kepada beberapa penderitanya. Hal ini kemudian mengakibatkan perasaan rendah diri & kurang agama diri. Anak-anak mampu menjadi korban bullying alasannya adalah berat badannya. Mereka mampu menarik diri & menhindari kontak sosial. Hal ini mampu berujung ke suasana hati yang jelek &, dalam kasus yang parah, depresi.

Apabila kelebihan berat badan & obesitas diketahui & diatasi kepada masa kanak-kanak & remaja, beberapa dilema kesehatan ini mampu menghilang, atau bahkan dicegah. Anak tersebut jua memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk tumbuh menjadi orang dewasa dengan berat badan ideal

Apa yang harus dilakukan

Apabila Anda mencoba untuk membantu anak Anda yang memiliki berat badan berlebih untuk menurunkan berat badannya dengan aman, Anda harus mengacuhkan kitab-kitab diet yang populerdan terkadang insting Anda sendiri. Meskipun Anda merasa harus memaksa Anak anda diet, para pakar umumnya tidak menganjurkan pendekatan tersebut.

Untuk membantu anak yang memiliki berat badan berlebih, Anda mampu memulai dengan perubahan-perubahan kecil dalam pola makan & gaya hidup keluarga Anda untuk menyehatkan semuanya.

Mulai dengan satu atau dua langkah & perlahan masuk ke dalam gaya hidup sehat. Diskusikan dengan penyedia layanan kesehatan anak Anda untuk mencapai tujuan atau pedoman untuk berat badan ideal/sasaran.

Untuk anak-anak yang lebih belia & anak-anak yang masih akan tumbuh akbar, tujuannya lebih untuk mempertahankan berat badan, bukan menguranginya. Ini mampu memudahkan anak-anak yang kelebihan berat badan untuk tumbuh ke dalam berat idealnya. Mengurangi kalori kepada anak-anak yang masih tumbuh untuk mengurangi berat badan bukanlah ide yang baik kecuali bila disarankan oleh dokter Anda.

Beberapa alternatif yang mampu dilakukan ialah:

Bantu keluarga Anda menjalani gaya hidup yang lebih sehat

Jadilah pendukung setia keluarga Anda. Jadikan gaya hidup sehat hal yang menyenangkan, mampu dinikmati, & positif. Kemudian temukan pendukung tambahanpasangan atau anak Andauntuk membantu menjaga motivasi keluarga Anda.

Makan di meja makan

Meskipun makan di depan TV terdengar menarik, atau tiap anggota keluarga memiliki waktu makan sendiri, cobalah untuk menyisihkan waktu untuk makan dengan di meja makan setidaknya 5-6 kali seminggu. Anak-anak yang makan dengan keluarga memiliki risiko lebih kecil untuk memiliki berat badan berlebih.

Fokus kepada sayuran & butir-buahan

Ketahui berapa banyak porsi sayur & butir yang dimakan oleh anak Anda. Tujuan Anda ialah agar anak Anda memakan sayur & butir sebanyak lima porsi atau lebih dalam sehari. Cara yang lebih gampang agar anak Anda memakan sayur & butir ialah dengan membuat sayur & butir lebih terlihat.

Hindari minuman bergula misalnya soda, minuman berenergi, & fruit punch.

Sulit untuk menghilangkan kebiasaan meminum minuman bergula setiap hari. Apabila mereka umumnya meminum 4 minuman bergula sehari, cobalah untuk mengurangi menjadi 3 kali sehari selama seminggu. Kemudian kurangi menjadi 2 minuman sehari minggu depannya, & seterusnya.

Batasi frekuensi keluarga Anda minum sari butir 100%

Sari butir memiliki vitamin, mineral, & nutrisi lain lebih banyak dari minuman soda atau minuman butir misalnya fruit punch. Namun demikian sari butir 100% jua memiliki kadar gula yang tinggi & seringnya memiliki kalori yang setara dengan soda.

Pastikan anak Anda sarapan setiap hari

Apabila tidak ada waktu, pilihlah kuliner untuk dimakan dalam bepergian. Apabila anak Anda tidak suka rasa kuliner yang biasa dihidangkan kepada waktu sarapan, pilihan sehat apapun boleh dikonsumsitidak harus kuliner sarapan

Kurangi waktu menonton TV menjadi kurang dari dua jam per hari

Sebagai gantinya, lakukan aktivitas fisik. Untuk membantu memotivasi anak dengan berat badan berlebih, ajak anak untuk membuat daftar aktivitas yang dia sukai & mampu dilakukan menjadi ganti waktu menonton.

Tingkatkan aktivitas fisik harian anak Anda

Secara perlahan tingkatkan aktivitas fisik anak Anda hingga setidaknya satu jam setiap hari.

Lebih acapkali menyiapkan kuliner di rumah & menjadi juru masak

Saat Anda memasak di rumah, Anda mampu mengontrol apa yang Anda tambahkan di dalam kuliner. Di rumah, Anda mampu membaca label, menggunakan bahan yang lebih sehat, & mengontrol berapa banyak gula yang dipakai.

Apabila setelah 3-enam bulan perubahan tersebut belum cukup untuk membantu anak Anda mempertahankan berat badan seiring dengan pertumbuhannya, disarankan untuk berkonsultasi dengan pakar nutrisi untuk anak-anak.

Saat perubahan gaya hidup intensif tidak mampu membantu anak Anda mengurangi berat badan dalam enam bulan, penyedia layanan kesehatan anak Anda memiliki pilihan lain untuk membantu, termasuk program-program yang lebih terstruktur & diawasi secara medis yang dibuat untuk anak-anak.
loading...

0 komentar untuk Kelebihan Berat Badan Pada Anak-anak