Kapan Waktu Makan Malam yang Terbaik Bagi Balita

Kapan Waktu Makan Malam yang Terbaik Bagi Balita
Sebaiknya sejak kecil anak telah dibiasakan makan yg teratur. Memiliki jadwal makan yg teratur dapat memaksimalkan asupan nutrisi yg baik buat balita. Tidak hanya makan pagi atau makan siang, makan malam pun krusial buat balita. Biasanya balita membutuhkan 3 kali makan besar dan dua-3 kali makanan camilan dalam sehari. Lalu seharusnya kapan waktu balita makan malam?

Pukul berapa harusnya balita makan malam?

Sebenarnya waktu yg baik buat balita makan malam adalah yg tidak terlalu dekat bareng jam tidur. Sisakan lebih kurang dua sampai 3 jam sebelum jam tidur anak. Ini karena tubuh memerlukan waktu buat mencerna makanan yg masuk ke tubuh.

Jila waktu tidur anak pukul 7 malam, maka sebaiknya balita makan malam pukul 5 sore. Begitu pun seterusnya. Biasanya jangka waktu yg baik buat balita makan malam sekitar pukul 5 sore sampai 7 malam.

Jika balita diberi makan malam terlambat, ia bisa kelaparan. Selain itu, terlambat makan malam balita juga bisa menciptakan jarak waktu antara makan malam bareng jam tidur terlalu dekat. Sehingga dapat menciptakan sistem pencernaan anak bekerja lebih berat saat tidur.

Pentingnya makan malam buat balita

Sebenarnya tidak hanya makan malam yg krusial buat balita. Namun, makan yg teratur, baik makan pagi, siang, dan malam itu krusial buat melengkapi kebutuhan gizi balita dalam sehari.

Balita pada umumnya membutuhkan sekitar 1.000 hingga 1.400 kalori per hari. Kalori ini bisa diperoleh dari makanan asal karbohidrat (nasi, mi, roti, pasta, kentang), protein hewani (ikan, ayam, daging), protein nabati (memahami, tempe, kacang-kacangan), sayuran, dan buah-buahan. Kelima jenis makanan ini sebaiknya selalu ada pada piring anak setiap makan.

Itu sebabnya semua waktu makan itu krusial dan sebaiknya tidak ada yg dilewatkan. Jika balita tidak jarang tidak makan malam, nutrisi yg didapat akan berkurang sehingga berat badannya tidak mengalami kenaikan. Bahkan yg parahnya bisa juga mengalami kurang gizi.

Selain itu, makan malam dapat membantu balita tidur lebih nyenyak, karena perutnya yg telah kenyang. Saat tidur pulas, tubuh mengalami pemugaran dan pembaruan sel-sel, dan proses pertumbuhan, yg berlangsung lebih cepat saat anak sedang tidur dibandingkan saat terjaga.

Tips memberi makan malam buat balita

Balita memiliki selera makan yg berubah-ubah. Perubahan tingkat kegiatan pada siang hari dapat mengakibatkan selera makan yg besar buat ad interim waktu, diikuti oleh makanan kecil atau camilan dan menunjuk-milih makanan kemudian. Makan malam adalah  waktu makan yg paling tidak jarang menyebabkan kekhawatiran, karena mungkin anak-anak telah lelah atau tidak merasa lapar.

Jangan panik andai istilah hal ini terjadi. Anda gak perlu memaksa, karena kebanyakan anak mampu menyeimbangkan asupan makanan bareng kegiatan apabila mereka disuruh buat makan. Anda dapat membantunya bareng menyediakan berbagai makanan sehat dan bergizi, lalu abaikan anak Anda menunjuk. Tawarkan anak-anak makanan yg sama bareng anggota famili lain, bareng berbagai tekstur dan rasa buat gizi seimbang.
loading...

0 komentar untuk Kapan Waktu Makan Malam yang Terbaik Bagi Balita