Kapan Anak Laki-laki Boleh Mulai Membesarkan Otot

Kapan Anak Laki-laki Boleh Mulai Membesarkan Otot
Mempunyai otot yg akbar mungkin dambaan setiap laki-laki. Banyak anak laki-laki berpikir bahwa memiliki otot yg akbar itu bagus dan membuat penampilan sebagai lebih menarik. Tak jarang, beberapa anak laki-laki melakukan olahraga yg mampu membentuk ototnya, terutama otot lengan. Namun, hati-hati masa anak-anak masih adalah masa pertumbuhan. Jangan sampai olahraga buat membesarkan otot ini mengganggu pertumbuhan anak.

Usia berapa anak boleh membesarkan otot?

Ingat, anak masih dalam masa pertumbuhan, di mana tulang dan ototnya masih mengalami banyak proses buat bertumbuh dan berkembang. Tepatnya pada masa pubertas, pertumbuhan tulang anak dan pertambahan massa otot anak mencapai puncaknya. Tulang anak bertambah panjang sebagai akibatnya tinggi anak bertambah dan otot anak bertambah akbar sebagai akibatnya postur tubuh anak jua semakin akbar.

Pada saat ini, olahraga memang penting dilakukan buat mendukung pertumbuhan dan perkembangan tulang dan otot anak. Semakin banyak aktivitas yg dilakukan, semakin seringkali otot dan tulang dipakai, sebagai akibatnya semakin kuat otot dan tulang anak. Hal ini tentu baik. Namun, yg perlu di garis bawahi adalah jangan terlalu banyak melakukannya. Olahraga yg dilakukan jua harus disesuaikan dengan kemampuan tubuh anak. Terlalu banyak menempatkan tekanan (stress) pada tubuh mampu memicu reaksi tubuh yg tidak sama pada usia tidak sama.

Karena anak atau remaja belum mencapai pertumbuhan tulang dan otot yg tepat, maka disarankan supaya anak menunggu sampai pertumbuhan tulang dan ototnya terselesaikan, baru bisa melakukan olahraga buat membesarkan otot. Kira-kira pada usia sekitar 20 tahun anak laki-laki bisa melakukan hal ini sebab pada usia ini umumnya anak laki-laki telah menuntaskan masa pertumbuhannya. Ini adalah waktu yg baik bagi Anda.

Pada usia sekitar 20 tahun, anak laki-laki mampu mulai membangun massa ototnya dengan mengangkat beban yg lebih berat. Gunakan usia 20-an ini buat membentuk otot Anda sebab massa otot usang-kelamaan akan berkurang secara alami sebab penuaan.

Bagaimana cara aman buat membesarkan otot?

The American Academy of Pediatrics merekomendasikan bagi anak atau remaja yg ingin membesarkan ototnya kurang asal usia tadi supaya:

Mulai membesarkan otot dengan bobot latihan yg lebih ringan sebagai akibatnya otot berkembang dengan bentuk yg tepat
Latihan kardio secara teratur
Menghindari latihan angkat beban berat sampai pertumbuhan anak sungguh terselesaikan

Olahraga apa yg baik dilakukan sang anak?

Bukan berarti anak tidak boleh melakukan olahraga, olahraga justru sangat baik dilakukan sang anak. Olahraga dilakukan buat mendukung pertumbuhan dan perkembangan otot dan tulang anak. Anak atau remaja disarankan buat melakukan olahraga yg sifatnya melawan gravitasi (weight-bearing exercise). Olahraga ini memberi beban pada tulang dan otot sebagai akibatnya membantu otot dan tulang lebih kuat.

Contoh asal olahraga ini, yaitu:

Berjalan
Lari
Sepak bola
Futsal
Basket
Voli
Tenis
Lompat tali
Gimnastik
Aerobik

Berenang dan bersepeda bukan adalah olahraga yg memberi beban pada tulang, akan tetapi kedua olahraga tadi jua bisa anak lakukan buat membantu mengembangkan otot yg kuat dan tulang yg kuat.

Ingat, di samping melakukan olahraga tadi, anak permanen butuh buat mencukupi kebutuhan nutrisinya asal berbagai makanan bergizi. Nutrisi ini jua diperlukan buat mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak. Jangan sampai anak malah sebagai kurus sebab terlalu banyak olahraga atau sebab tuntutan olahraga kegemarannya. Kurang nutrisi dan terlalu banyak melakukan olahraga justru mampu membuat tulang sebagai rapuh, gampang cedera, dan nyeri otot berkepanjangan.
loading...

0 komentar untuk Kapan Anak Laki-laki Boleh Mulai Membesarkan Otot