Jam Tidur Bayi dari Lahir Sampai Usia 12 Bulan

Jam Tidur Bayi dari Lahir Sampai Usia 12 Bulan
Bayi memang memiliki jam tidur yang lebih banyak dibandingkan orang dewasa. Terlebih bagi bayi yang baru lahir. Mereka mampu saja tidur seharian serta hanya bangun selang beberapa menit untuk sekedar menyusui. Jam tidur yang relatif sangat diperlukan untuk perkembangan serta tumbuh kembang bayi lantaran hormon perkembangan justru menjadi aktif ketika mereka sedang terlelap. Ketahui jam tidur bayi yang ideal didasarkan  beserta rentang usianya dalam artikel ini.

Jam tidur bayi yang ideal didasarkan  usianya

Bayi 0 3 bulan

Bayi yang baru lahir umumnya membutuhkan waktu tidur total sekitar 16 17 jam dalam sehari. Tapi, pola tidurnya ini tidak beraturan, mampu asal beberapa menit hingga beberapa jam pada suatu waktu. Mereka juga mampu tidur hampir sepanjang hari serta terbangun selama beberapa jam hanya untuk menyusui.

Ketika berusia 1 bulan, jam tidur bayi menjadi 14-16 jam sehari, di mana dia mampu tidur di malam hari sekitar 8-9 jam serta 6-7 jam untuk tidur siang.

Sampai usianya tiga bulan, jam tidur ini akan sedikit berkurang di siang hari serta meningkat di malam hari. Pada usia ini, lamanya tidur malam bayi menjadi 10-11 jam sehari serta tidur siang menjadi 4-5 jam.

Jam tidur bayi di awal-awal kelahirannya ini memang akan membuat orang tua kelelahan, tapi yakinlah seandainya pola tidur ini merupakan hal yang normal serta memang dibutuhkan bagi bayi yang baru lahir.

Bayi 3 6 bulan

Jam tidur bayi usia 3 bulan sama beserta bayi umur 1 bulan, yaitu 14-16 jam dalam sehari. Bedanya, ada perubahan pada durasi tidur siang serta tidur malam. Pada usia ini, bayi akan tidur lebih lama pada malam hari dibandingkan pada siang hari. Namun, tidak semua bayi akan seperti ini. Jadi, jikalau si kecil memiliki jadwal yang berbeda, Anda jangan khawatir.

Di usia 4 sampai 6 bulan, umumnya si kecil sudah mulai memiliki pola tidur yang lebih jelas, yaitu sekitar 5 kali setiap hari. Di mana durasi tidur malam lebih lama ketimbang tidur siang. 

Bayi 7-9 Bulan

Di rentang usia ini, kebanyakan pola tidur malam bayi sudah mampu diprediksi. Biasanya bayi membutuhkan waktu tidur sekitar 14 jam dalam sehari di mana waktu tidur malam hari lebih lama dibandingkan waktu tidur siang hari. Dengan rincian tidur malam sekitar 11 jam serta tidur siang sekitar 2 sampai 3 jam. Aktivitas fisik yang banyak dilakukan pada siang hari seperti belajar tengkurap, merangkak, serta duduk membuat bayi membutuhkan waktu tidur yang lebih lama pada malam hari.

Bayi 10 12 bulan

Kebutuhan tidur bayi menjelang umur satu tahun masih sama seperti sebelumnya, yaitu sekitar 14 jam dalam sehari.

Pada usia 10 sampai 12 bulan, kebanyakan bayi memiliki jam tidur malam hari yang lebih lama serta hanya menyusui ketika pagi serta siang hari (meskipun beberapa bayi tetap menyusui di malam hari sampai usia lebih asal 12 bulan). Selain itu, jadwal tidur siang bayi di rentang usia ini pun umumnya sudah mulai terprediksi. 

Namun, seandainya si kecil masih belum memiliki jadwal tidur siang yang mampu diprediksi, cobalah mulai membuatnya. Caranya beserta menerapkan waktu-waktu krusial untuk tidur siang maupun tidur malam bagi si kecil. Lakukan secara rutin supaya si kecil mulai terbiasa. Pola tidur yang berkala ini akan membantu Anda memastikan seandainya si kecil memiliki tidur yang relatif. Waktu tidur yang konsisten artinya kunci utama untuk menyusun jadwal tidur harian si kecil yang baik serta terstruktur sejak dini.  

Namun perlu diingat, kebiasaan tidur setiap bayi itu berbeda. Bayi Anda mampu saja membutuhkan waktu tidur yang lebih atau kurang asal daftar di atas. Bisa juga durasi tidur siang serta tidur malam si kecil justru menjadi terbalik, malamnya hanya tidur sebentar, sedangkan siangnya mampu terlelap hingga berjam-jam.

Pola tidur yang tidak sama pada setiap bayi ini dipengaruhi oleh banyak faktor. Misalnya, usia, kondisi tubuhnya, waktu menyusui, serta aktivitas harian orang-orang di sekitarnya. Satu yang pasti, pastikan seandainya jam tidur bayi Anda tercukupi.
loading...

0 komentar untuk Jam Tidur Bayi dari Lahir Sampai Usia 12 Bulan