Apa Bedanya Usia Kehamilan Dengan Usia Janin

Apa Bedanya Usia Kehamilan Dengan Usia Janin
Seringnya ketika sedang hamil, orang poly menanyakan berapa usia kehamilan Knda. Namun, sebenarnya usia kehamilan Knda nir selalu menggambarkan usia janin Knda yang sebenarnya. Jadi, apabila usia kehamilan Knda sudah 4 minggu, belum tentu janin dalam kandungan Knda pula berusia 4 minggu. Ini mengapa, pertumbuhan janin dalam kandungan mungkin tidak sinkron antar bunda.

Apa bedanya usia kehamilan beserta usia janin?

Terkadang, ketika Knda melakukan investigasi USG dalam dokter kandungan dalam usia lima atau enam minggu kehamilan, hasilnya membagikan bahwa usia janin Knda tidak sinkron beserta usia kehamilan yang Knda ketahui sebelumnya dari dokter Knda. Usia janin Knda sanggup lebih mini maupun lebih akbar dari usia kehamilan.

Hal ini sanggup terjadi sebab disparitas penghitungan. Usia kehamilan dihitung dari waktu menstruasi terakhir Knda, walaupun perkembangan janin belum dimulai sampai terjadinya pembuahan (sel telur dibuahi oleh sperma). Sedangkan, usia janin adalah usia sebenarnya janin yang sedang tumbuh dalam rahim Knda.

Mengapa usia kehamilan sudah dihitung sebelum terjadinya pembuahan? Karena sebenarnya setiap kali wanita mengalami menstruasi, tubuh wanita sedang mempersiapkan kehamilan. Usia kehamilan ini termasuk kurang lebih 2 minggu sebelum terjadinya pembuahan, sebab umumnya pembuahan terjadi kira-kira 2 minggu atau dalam hari ke 11-21  sesudah hari pertama menstruasi terakhir Knda.

Tidak ada yang mengetahui beserta pasti kapan terjadinya pembuahan dalam rahim Knda, sebagai akibatnya ini dikatakan beserta kira-kira. Usia kehamilan umumnya berlangsung selama 40 minggu sampai melahirkan, apabila dihitung dari waktu terakhir Knda menstruasi.

Dokter umumnya menggunakan usia kehamilan (selama 40 minggu dari waktu menstruasi terakhir sampai melahirkan) untuk memperkirakan kapan bayi akan lahir. Sedangkan, ketika Knda melakukan investigasi USG, yang keluar ialah usia janin Knda.  USG sanggup memperkirakan berapa usia bayi Knda beserta mengukur aneka macam bagian tubuh bayi, misalnya kepala, perut, & kaki.

Bagaimana apabila usia janin lebih mini atau lebih akbar?

Pada trimester ke 2 & ketiga, disparitas usia sampai 2 minggu antara usia kehamilan beserta usia janin (usia yang ditunjukkan oleh USG) masih dipercaya normal. Hal ini sebab memang usia kehamilan nir dihitung dari hari terjadinya pembuahan yang sebenarnya. Knda nir perlu khawatir ada duduk perkara dalam perkembangan bayi Knda. Pada investigasi selanjutnya, dokter mungkin akan memastikan disparitas usia kehamilan & janin nir makin jauh.

Aika usia janin lebih mini dari usia kehamilan

Aika terjadi disparitas usia kehamilan & janin yang jauh, ini sanggup mengkhawatirkan. Usia janin yang lebih mini daripada usia kehamilan sanggup memproduksi bayi terlihat lebih mini. Hal ini sanggup ditimbulkan sebab faktor genetik (keturunan). Kedua orangtua janin mempunyai badan yang mini, sebagai akibatnya menurun ke anaknya.

Namun seringnya, janin yang lebih mini dari usia kehamilan ditimbulkan oleh duduk perkara pertumbuhan dalam janin selama kehamilan. Hal ini sanggup diakibatkan sebab bayi kekurangan nutrisi & oksigen yang diharapkan untuk pertumbuhan & perkembangannya selama dalam rahim.

Aika usia janin lebih akbar daripada usia kehamilan

Usia janin yang lebih akbar daripada usia kehamilan sanggup dicermati dari berat janin yang lebih akbar daripada normal. Hal ini pula sanggup terjadi sebab faktor genetik (orangtua bayi mempunyai badan yang akbar). Selain itu, pula sanggup dihubungkan beserta jumlah kenaikan berat badan bunda selama kehamilan. Janin yang akbar pula sanggup ditimbulkan oleh penyakit diabetes gestasional yang diderita bunda selama kehamilan.

Diabetes selama kehamilan sanggup mengakibatkan jumlah gula darah bunda yang dialirkan ke janin semakin tinggi. Kemudian, tubuh janin memproduksi lebih poly insulin sebagai respon tubuhnya. Akibatnya, tambahan sirkulasi gula dari bunda & produksi insulin dalam tubuh janin sanggup mengakibatkan janin tumbuh lebih akbar & lebih poly menyimpan lemak. Sehingga, janin terlihat lebih akbar daripada yang seharusnya dalam usia kehamilan tersebut.
loading...

0 komentar untuk Apa Bedanya Usia Kehamilan Dengan Usia Janin