Daftar Nutrisi yang Harus Dipenuhi Ibu Hamil Selama Trimester Kedua

Daftar Nutrisi yang Harus Dipenuhi Ibu Hamil Selama Trimester Kedua
Tak kalah sumber trimester pertama kehamilan, dalam trimester ke 2 kehamilan bunda hamil juga masih membutuhkan nutrisi krusial buat mendukung pertumbuhan & perkembangan janinnya. Pada trimester ke 2 kehamilan, janin dalam kandungan masih mengalami aneka macam pertumbuhan & perkembangan krusial yg bisa berdampak dalam kehidupan selanjutnya. Apa saja nutrisi trimester ke 2 kehamilan yg wajib dipenuhi bunda hamil?

Apa yg terjadi selama trimester ke 2 kehamilan?

Pada trimester ke 2 kehamilan, janin dalam kandungan makin poly menunjukan perkembangannya. Hampir seluruh organ & bagian tubuh bayi sudah terbentuk.

Pada minggu ke-15 kehamilan, tulang bayi sudah mulai terbentuk & lalu akan mulai memadat. Pola kepala & rambut bayi juga sudah mulai terlihat dalam gambar USG. Tak hanya itu, bahkan, organ, saraf, & ototnya sudah mulai berfungsi. Pada akhir trimester ke 2 (yaitu dalam usia kehamilan 27 minggu), sistem saraf & paru-paru bayi mulai matang.

Untuk mendukung seluruh perkembangan bayi ini, tentu dibutuhkan poly nutrisi krusial yg wajib dipenuhi bunda hamil.

Apa saja nutrisi trimester ke 2 yg wajib dipenuhi bunda hamil?

Nutrisi trimester ke 2 kehamilan tidak jauh tidak selaras sumber trimester pertama kehamilan. Beberapa nutrisi krusial selama trimester pertama masih wajib dipenuhi selama trimester ke 2. Berikut ini adalah nutrisi trimester ke 2 yg krusial dipenuhi sang bunda hamil:

1. Folat

Ya, kebutuhan folat masih perlu Enda penuhi selama trimester ke 2. Kebutuhan folat yg wajib Enda penuhi selama trimester ke 2 adalah sebanyak 600 mikrogram per hari. Pemenuhan kebutuhan folat ini krusial buat mengurangi risiko bayi stigma lahir, mirip spina bifida. Enda bisa mendapatkan folat sumber aneka macam makanan, mirip sayuran hijau, jeruk, ayam, ikan kerang, & kacang-kacangan.

2. Asam lemak omega-3

Asam lemak omega-3 dibutuhkan buat mempertinggi perkembangan otak & saraf bayi semenjak dalam kandungan. Pemenuhan asam lemak omega-3 yg baik selama kehamilan bisa berdampak dalam perkembangan penglihatan, memori, & pemahaman bahasa dalam masa selanjutnya. Enda butuh asam lemak omega-3 sebanyak 1,4 g selama kehamilan. Kebutuhan asam lemak omega-3 bisa Enda penuhi sumber konsumsi ikan berlemak (mirip salmon, tuna, & sarden), minyak walnut,& telur yg diperkaya bareng omega-3.

3. Kalsium

Pada trimester ke 2 ini, terjadi pembentukan tulang & juga pemadatan tulang dalam tubuh bayi. Sehingga, kebutuhan kalsium bunda hamil nisbi tinggi & krusial buat dipenuhi. Kebutuhan kalsium bunda hamil dalam saat ini adalah sebanyak 1200 mg. Enda bisa memenuhi kebutuhan ini bareng mengonsumsi susu, keju, yogurt, sayuran hijau (mirip brokoli, bayam, & daun kale), ikan bertulang (mirip sarden & ikan teri), kacang kedelai & produknya, & telur.

4. Zat besi

Kebutuhan zat besi bunda hamil makin tinggi mendekati waktu persalinan. Zat besi diharapkan buat mendukung pembentukan sel darah merah yg makin semakin tinggi. Kebutuhan zat besi Enda selama trimester ke 2 adalah 35 mg. Enda bisa memenuhi kebutuhan zat besi ini sumber daging merah, sayuran hijau, kuning telur, & kacang-kacangan. Beberapa sumber Enda mungkin juga membutuhkan suplemen zat besi.

lima. Seng

Sama mirip zat besi, kebutuhan seng makin semakin tinggi selama trimester ke 2 & ketiga kehamilan. Kebutuhan zat gizi seng dalam trimester ke 2 adalah sebanyak 14 mg. Kebutuhan seng yg nir terpenuhi bisa mempertinggi risiko bayi stigma lahir, keterbatasan pertumbuhan bayi, & kelahiran prematur. Untuk itu, Enda perlu memenuhi kebutuhan seng ini sumber aneka macam makanan, mirip daging merah, seafood, sayuran hijau, & kacang-kacangan.

Perhatikan kenaikan berat badan Enda

Enda mungkin akan lebih kentara melihat perubahan bentuk tubuh Enda saat memasuki trimester ke 2. Trimester ke 2 adalah waktu Enda mendapatkan kenaikan berat badan yg nisbi poly. Kenaikan berat badan saat kehamilan ini bisa diubahsuaikan bareng berat badan Enda sebelum hamil, menjadi akibatnya Enda nir mengalami kelebihan berat badan saat hamil. Kenaikan berat badan selama kehamilan ini bertujuan buat menyediakan makanan buat bayi selama dalam kandungan & juga buat disimpan menjadi persediaan buat menyusui sehabis Enda melahirkan.
loading...

0 komentar untuk Daftar Nutrisi yang Harus Dipenuhi Ibu Hamil Selama Trimester Kedua