Bayi Baru Lahir, Tapi Kok Kuning Apa Sebabnya

Bayi Baru Lahir, Tapi Kok Kuning Apa Sebabnya
Tidak jarang bayi yang baru lahir mempunyai kulit berwarna kuning di seluruh badannya. Dan hampir semua orangtua yang melihat bayinya lahir beserta keadaan mirip itu, pasti muncul rasa khawatir, takut, & cemas. Bayi baru lahir beserta syarat kulit yang kuning ini disebut juga ikterus atau penyakit kuning. Lalu apakah ikterus berbahaya? Apa yang menyebabkan bayi mengalami ikterus?

Mengapa bayi baru lahir mengalami ikterus alias kuning?

Ikterus pada bayi baru lahir ditandai beserta kulit & mata yang yang terlihat berwarna kuning. Kulit kuning yang ada pada bayi baru lahir ditimbulkan karena tingginya kadar bilirubin di dalam bayi tersebut. Bilirubin merupakan zat berwarna kuning yang dibuat oleh tubuh berasal sisa-sisa sel darah merah yang telah rusak.

Pada keadaan normal, hati akan menyaring bilirubin berasal sirkulasi darah & akan mengeluarkannya ke dalam saluran pencernaan. Sedangkan pada bayi baru lahir yang mengalami ikterus, organ hati yang dimilikinya belum sempurna & tidak mampu melakukan kegunaannya beserta baik. Karena itu, bilirubin tidak tersaring sempurna & terdapat di dalam darah.

Apakah berbahaya jikalau bayi baru lahir mengalami sakit kuning?

Sebenarnya, bayi kuning ketika lahir merupakan hal yang biasa terjadi & tidak menyebabkan bayi dalam bahaya. Kondisi ini dialami oleh setidaknya 6 berasal 10 bayi yang baru lahir. Tetapi pada bayi prematur, hal ini berpeluang lebih akbar untuk terjadi. Menurut survei, 8 berasal 10 bayi prematur akan lahir beserta kulit yang kuning.

Dalam beberapa kasus yang jarang, kulit kuning pada bayi mengindikasikan bahwa ia mengalami syarat medis yang lain sehingga membutuhkan perawatan medis. Tetapi dari beberapa penelitian, hanya 1 berasal 20 bayi kuning yang membutuhkan pengobatan dan tindakan medis. Sebagian akbar bayi yang lahir beserta kulit kuning akan balik  normal dalam beberapa hari, atau aporisma 14 hari sehabis lahir. Bahkan poly bayi yang akan balik  pulih hanya dalam waktu 24 jam saja.

Kapan saya wajib membawa bayi saya ke dokter?

Ikterus yang parah yang terjadi pada bayi wajib segera ditangani oleh dokter, hal ini mampu Anda ketahui jikalau bayi mengalami:

kulit bayi Anda berubah menjadi sangat kuning
bayi tidak mengalami peningkatan berat badan atau tidak mau menyusu
bayi menangis beserta nada yang tinggi dan melengking
bayi kuning berlangsung selama lebih berasal 3 minggu
bayi yang baru lahir mengalami gejala & menunjukan lainnya.

Ikterus yang parah & tidak ditangan secara cepat, dapa mengakibatkan bayi mengalami aneka macam syarat lain. Bilirubin yang terlalu poly jumlahnya di dalam tubuh mampu meracuni otak bayi. 

Apakah ada penyebab lain yang menyebabkan bayi baru lahir menjadi kuning?

Namun ada beberapa penyebab yang mungkin mampu menyebabkan seorang bayi yang baru lahir mengalami ikterus, yaitu:

Bayi mengalami perdarahan di bagian dalam tubuhnya
Mengalami peradangan hingga menyebabkan jaringan tubuhnya mati
Mengalami infeksi virus atau bakteri
Hati tidak mampu bekerja beserta sempurna
Dan mengalami kekurangan enzim

Apa faktor yang menciptakan bayi baru lahir lebih berisiko mengalami sakit kuning?

Berikut merupakan faktor risiko yang mampu menyebabkan seorang bayi yang baru lahir mengalami ikterus, yaitu:

Kelahiran prematur, bayi yang lahir sebelum minggu ke-38 tidak mempunyai kemampuan untuk menyaring darah beserta cepat mirip pada bayi yang lahir normal.
Mengalami memar selama kelahiran. Selama proses persalinan berlangsung, mampu saja mengalami memar akibat aneka macam hal. Kondisi ini akan berisiko untuk meningkatkan bilirubin ke dalam darah.
Golongan darah. Bika bunda mempunyai jenis golongan darah yang berbeda beserta si bayi maka bayi akan membentuk antibodi supaya darahnya tidak tercampur beserta si bunda. Hal ini memungkinkan bayi untuk mengalami ikterus lebih akbar.
Ibu atau bayi kurang gizi. Ibu yang tidak mampu mencukupi gizinya ketika ia menyusui, berisiko untuk menciptakan si bayi mengalami ikterus. Selain itu, kehilangan cairan tubuh  atau asupan rendah yang terjadi pada si bayi juga mampu mengakibatkan ikuterus pada bayi.
loading...

0 komentar untuk Bayi Baru Lahir, Tapi Kok Kuning Apa Sebabnya