Apa Artinya Jika Kadar Alkali Fosfatase Tinggi Setelah Tes Darah

Apa Artinya Jika
Alkali fosfatase artinya enzim yg terdapat dalam seluruh jaringan tubuh. Meskipun poly yg nir memahami, jumlah alkali fosfat yg tinggi ternyata bisa mengindikasikan adanya gangguan kesehatan langsung. Lantas, apa sih yg jadi penyebab alkali fosfat tinggi? Bagaimana cara menormalkannya pergi?

Apa penyebab alkali fosfatase tinggi?

Alkali fosfat artinya enzim yg berperan krusial buat memasak protein agar bisa lebih praktis dicerna tubuh. Enzim ini masih terdapat dalam hampir seluruh organ tubuh, akan akan tetapi paling poly ditemukan dalam hati & tulang.

Tingkat alkali fosfat yg tinggi acapkali dikaitkan bareng gangguan fungsi hati, contohnya sirosis, hepatitis, kolesistitis, batu empedu, & kanker hati.

Namun, sebenarnya masih poly penyebab lain yg membangun output tes alkali fosfatase Enda melonjak, misalnya gangguan kelenjar kelenjar paratiroid & gangguan kesehatan tulang (riket, osteomalasia, kanker tulang, & kekurangan vitamin D)

Pada beberapa persoalan, tingginya kadar enzim ini bisa mengindikasikan syarat gagal jantung, kanker ginjal, atau kanker jenis lainnya.

Alkali fosfatase tinggi nir selalu jadi menandakan penyakit

Anak-anak & remaja cenderung punya kadar alkali fosfatase yg lebih tinggi ketimbang orang dewasa. Hal ini ditimbulkan karena anak-anak & remaja masih mengalami pertumbuhan tulang. Biasanya, enzim ini akan nisbi tinggi jumlahnya waktu masa-masa pertumbuhan.

Kehamilan juga bisa menaikkan kadar enzim ini dalam tubuh. Pada perempuan hamil, alkali fosfat poly masih terdapat dalam plasenta.

Asupan kuliner juga bisa menaikkan alkali fosfat

Beberapa kuliner yg bisa berakibat alkali fosfat semakin tinggi artinya:

Makanan yg mengandung zink tinggi, misalnya kerang bahari, daging sapi, daging ayam, susu, & produk susu lainnya.
Makanan asal fosfor, misalnya susu, keju, yogurt, telur, salmon, ayam, & daging.
Makanan kaya B12, misalnya kepiting, salmon, telur, ayam & daging sapi.
Makanan berlemak tinggi & minyak, contohnya minyak kelapa & minyak jagung.

Meski begitu, seluruh kuliner tadi bukanlah penyebab pokok tingginya jumlah alkali fosfatase dalam tubuh & hanya sedikit pengaruhnya.

Untuk mengetahui lebih terang apa yg berakibat jumlah alkali fosfat Enda tinggi, usahakan tanyakan & konsultasikan dalam dokter. Biasanya, dokter akan menganjurkan buat melakukan investigasi lebih lanjut.

Bagaimana bila alkali fosfat tinggi? Pengobatan apa yg dilakukan?

Pengobatan yg dilakukan akan diadaptasi bareng penyebab berasal tingginya alkali fosfatase. Aika memang yg akan terjadi gangguan fungsi hati, maka dokter akan mengobati gangguan tadi. Namun, Enda juga bisa mengganti pola diet Enda selama ini agar kadar alkali fosfatase pergi membaik.

Jangan lupa buat permanen menerapkan gaya hayati sehat, berasal olahraga rutin hingga meninggalkan segala kebiasaan nir baik yg bisa mengganggu kesehatan Enda. Sebaiknya permanen mengonsumsi kuliner-kuliner yg sehat. Aika Enda galau pola diet apa yg absolut, konsultasikan dalam dokter & pakar gizi.
loading...

0 komentar untuk Apa Artinya Jika Kadar Alkali Fosfatase Tinggi Setelah Tes Darah