8 Penyebab Kaki Bengkak dan Cara Mengatasinya

8 Penyebab Kaki Bengkak dan Cara Mengatasinya
Kaki bengkak bisa ditimbulkan sang aneka macam hal. Kondisi yang umumnya dialami sang mak hamil ini bisa membangun Knda nir nyaman serta pula bisa membatasi konvoi Knda. Umumnya, kaki bengkak ditimbulkan sang cedera atau penumpukan cairan. Lebih buruk lagi, kaki bengkak yang dibarengi bareng mengambarkan-mengambarkan lain pula bisa menjadi mengambarkan menurut suatu penyakit. Ya, poly hal yang bisa menjadi penyebab kaki bengkak. Apa saja? Dan, bagaimana cara mengatasinya?

Apa saja penyebab kaki bengkak?

Kaki bengkak bisa ditimbulkan sang aneka macam hal, mulai menurut hal yang ringan sampai hal yang lebih berfokus, seperti penyakit berfokus. Beberapa hal yang bisa menjadi penyebab kaki bengkak artinya:

1. Kehamilan

Kaki bengkak normal terjadi kepada mak hamil karena adanya perubahan dalam tubuh. Namun, akan menjadi nir normal jikalau pembengkakan terjadi secara datang-datang atau hiperbola. Ini bisa menjadi mengambarkan preeklampsia, umumnya berkembang setelah usia kehamilan 20 minggu.

dua. Cedera

Cedera kepada kaki atau pergelangan kaki yang umumnya terjadi karena Knda galat langkah pula bisa menjadikan kaki bengkak. Salah langkah bisa menjadikan ligamen kepada kaki Knda bergeser atau keseleo, menjadi akibatnya menjadikan kaki bengkak. Knda bisa mengompres kaki yang bengkak ini bareng es untuk mengurangi pembengkakan.

3. Edema perifer

Kaki bengkak bisa terjadi karena edema perifer, kepada mana cairan dalam darah keluar menurut kapiler serta menumpuk dalam jaringan. Hal ini bisa ditimbulkan sang kelebihan berat badan, terlalu usang berdiri kepada satu kawasan, terlalu usang duduk kepada satu kawasan (contohnya saat kepada kendaraan beroda empat atau pesawat), cuaca hangat, atau Knda sedang menstruasi.

4. Infeksi

Infeksi pula bisa menjadi penyebab kaki bengkak. Biasanya hal ini terjadi kepada orang bareng neuropati diabetes, kepada mana saraf-sarafnya (terutama kepada kaki) telah mengalami gangguan. Kaki orang bareng neuropati diabetes telah nir peka terhadap sensasi rasa apapun, menjadi akibatnya infeksi kaki lebih mungkin terjadi.

lima. Insufisiensi vena

Insufisiensi vena adalah suatu kondisi kepada mana darah nir bisa berkiprah naik menurut pembuluh darah kaki pulang ke jantung. Hal ini ditimbulkan karena katup pembuluh darah vena mengalami gangguan atau melemah. Akibatnya, darah pulang turun ke bagian bawah tubuh serta terjadi penumpukan cairan kepada kaki bagian bawah. Ini bisa menjadikan perubahan kulit, borok, serta infeksi.

6. Pembekuan darah

Adanya bekuan darah atau gumpalan darah yang terdapat kepada kaki bisa mengganggu peredaran darah menurut kaki pulang ke jantung, menjadi akibatnya bisa menjadikan kaki bengkak. Sebaiknya periksakan diri Knda ke dokter jikalau Knda mengalami pembengkakan kepada satu kaki disertai bareng nyeri, demam, serta mungkin perubahan rona kulit kaki.

7. Penyakit jantung, hati, atau ginjal

Kaki bengkak pula bisa menjadi mengambarkan Knda sedang mengalami duduk perkara kepada jantung, hati, atau ginjal. Gagal jantung bisa menjadikan penumpukan garam serta cairan kepada kaki Knda. Penyakit hati pula bisa membangun produksi protein albumin (yang menjaga darah agar nir bocor keluar menurut pembuluh darah) berkurang menjadi akibatnya menjadikan kebocoran cairan.

Penyakit ginjal pula bisa menjadikan penumpukan cairan kepada tubuh karena ginjal nir berfungsi bareng baik. Sebaiknya periksakan diri Knda jikalau kaki bengkak disertai bareng kehilangan nafsu makan, berat badan menurun, serta kelelahan.

8. Obat-obatan pribadi

Obat-obatan pribadi bisa menjadi penyebab kaki bengkak, kepada antaranya artinya:

Obat tekanan darah tinggi golongan calcium channel blockers
Obat steroid, seperti kortikosteroid
Obat anti-inflamasi nonsteroid
Antidepresan
Obat-obatan yang mengandung hormon estrogen (seperti kepada obat KB) serta testosteron
Obat-obatan untuk diabetes

Bagaimana cara mengatasi kaki bengkak?

Beberapa hal bisa Knda lakukan untuk mengatasi kaki bengkak, yaitu:

Gunakan kaus kaki kompresi. Kaus  kaki yang biasa dipakai sang olahragawan ini bisa meredakan nyeri serta pembengkakan kepada kaki, pula bisa mencegah penumpukan cairan kepada kaki.
Sandarkan kaki Knda kepada kawasan yang lebih tinggi. Ini pula bisa mengurangi pembengkakan. Knda bisa memperlihatkan bantal yang tinggi saat Knda tidur atau sandarkan kaki Knda kepada dinding.
Rendam kaki bareng garam epsom. Merendam kaki bareng air dingin yang telah dicampur bareng garam epsom selama 15-20 menit bisa mengurangi pembengkakan kepada kaki.
Batasi asupan garam. Membatasi asupan garam hanya satu sdt per hati bisa membantu mengurangi penumpukan cairan kepada kaki.
Olahraga teratur. Olahraga bisa melancarkan sirkulasi darah Knda, menjadi akibatnya bisa mencegah Knda menurut kaki bengkak. Sebaliknya, duduk atau berdiri kepada satu kawasan dalam saat usang bisa mempertinggi risiko kaki bengkak. Gerakan kaki Knda setiap beberapa menit saat duduk atau berdiri dalam saat usang.
Turunkan berat badan. Menurunkan berat badan bisa mengurangi pembengkakan kepada kaki serta membangun Knda menjadi lebih sehat.

Bika hal tersebut telah Knda lakukan, tapi bengkak kepada kaki Knda belum berkurang pula, usahakan periksakan ke dokter. Mungkin ini ditimbulkan sang duduk perkara berfokus, seperti penyakit jantung, ginjal, hati, atau imbas samping menurut obat, yang perlu penanganan dokter.
loading...

0 komentar untuk 8 Penyebab Kaki Bengkak dan Cara Mengatasinya