7 Perubahan Pada Tubuh Ibu Hamil di Masa Trimester Kedua

7 Perubahan Pada Tubuh Ibu Hamil di Masa Trimester Kedua
Tak terasa, kehamilan sudah memasuki trimester ke 2. Knda mungkin akan lebih simpel melewati semester ini dibandingkan bareng trimester pertama. Segala keluhan yg Knda alami selama trimester pertama mungkin akan perlahan menghilang bareng sendirinya. Sehingga, Knda akan lebih dapat menikmati kehamilan Knda kepada trimester ke 2.

Berbagai perubahan tubuh selama trimester ke 2

Pada trimester ke 2, poly sekali perubahan tubuh poly terjadi & mulai terlihat. Berikut ini artinya beberapa perubahan tubuh selama trimester ke 2:

1. Perut makin membesar

Knda dapat menampakan perut akbar Knda kepada trimester ke 2 ini bareng bangga. Pada trimester ini, tonjolan perut Knda sudah jelas sekali terlihat. Hal ini alasannya adalah perut Knda harus lebih poly menyediakan ruang buat janin Knda yg jua sedang berkembang semakin akbar. Pada saat ini, Knda mungkin sudah butuh buat dengan baju mak hamil.

Knda jua akan mengalami kenaikan berat badan. Per bulan, Knda mungkin akan menambah berat badan sebanyak 1,lima-2 kg. Hal ini didukung bareng nafsu makan Knda yg sudah timbul pergi. Morning sickness Knda kepada trimester pertama mungkin sudah berangsur menghilang.

Namun, apabila Knda sudah mengalami kelebihan berat badan saat hamil, Knda mungkin akan disarankan buat nir poly mengalami kenaikan berat badan. Sebaiknya, sesuaikan kenaikan berat badan saat hamil bareng berat badan Knda sebelum hamil.

2. Payudara makin akbar

Payudara Knda jua semakin membesar kepada trimester ke 2. Penumpukan lemak kepada payudara semakin bertambah & kelenjar susu jua makin akbar dalam payudara buat menghasilkan susu. Knda mungkin masih merasakan nyeri kepada payudara, akan namun payudara Knda sudah nir selembut kepada trimester pertama.

Kulit di lebih kurang puting Knda akan lebih menggelap & mungkin terdapat beberapa benjolan mini di lebih kurang puting. Benjolan mini ini artinya kelenjar yg menciptakan minyak buat menjaga puting agar nir kering. Puting yg kering akan lebih rentan mengalami iritasi.

tiga. Perubahan kepada kulit

Perubahan kulit masih terjadi selama trimester ke 2. Namun, jangan risi alasannya adalah umumnya perubahan kepada kulit akan menghilang bareng sendirinya apabila Knda sudah melahirkan. Ini terjadi alasannya adalah perubahan hormon dalam tubuh. Knda mungkin akan menemukan bercak hitam di wajah Knda, garis gelap sumber pusar ke kemaluan (linea nigra), & stretch mark di perut, payudara, bokong, & paha. Stretch mark timbul alasannya adalah kulit Knda meregang saat hamil & mungkin jua Knda akan merasa gatal alasannya adalah hal ini. Menjaga kulit Knda tetap lembab dapat membantu mengurangi rasa gatal yg Knda rasakan.

4. Merasakan pergerakan bayi dalam kandungan

Di trimester ke 2 ini, Knda sudah dapat merasakan poly sekali pergerakan bayi dalam kandungan, misalnya tendangan bayi. Biasanya Knda sudah dapat merasakannya kepada usia kehamilan 20 minggu, akan namun mungkin ini bhineka antar mak. Aika Knda belum merasakan gerakan bayi kepada usia kehamilan ini, usahakan jangan risi. Beberapa mak hamil mungkin belum merasakan pergerakan bayi hingga bulan keenam kehamilan.

lima. Pertumbuhan rambut

Perubahan hormon saat hamil jua dapat mempertinggi pertumbuhan rambut Knda. Rambut ketua Knda dapat menjadi lebih tebal. Knda jua dapat menemukan rambut di kawasan-kawasan yg nir terdapat sebelumnya, misalnya di wajah, lengan, & punggung.

6. Sakit punggung

Pertambahan berat Knda selama beberapa bulan kehamilan dapat membagikan tekanan berlebih kepada punggung Knda, menjadi akibatnya Knda dapat merasakan pegal & sakit kepada punggung. Untuk mengurangi tekanan kepada punggung Knda, usahakan duduk yg tegak & pakai kursi yg memberi dukungan kepada punggung Knda saat duduk, tidur menghadap sisi kiri Knda, jangan membawa barang berat, & hindari dengan high heels selama hamil.

7. Kaki kram

Semakin usia kehamilan Knda bertambah, mungkin Knda akan lebih tidak sporadis mengalami kaki kram, terutama saat tidur. Hal ini mungkin disebabkan sang tekanan sang bayi Knda yg semakin akbar kepada pembuluh darah & saraf yg menuju kaki Knda. Aika hal ini tidak sporadis terjadi, usahakan Knda tidur menghadap sisi Knda, meregangkan otot betis sebelum tidur, minum poly air, atau mandi air hangat jua dapat mengurangi hal ini.
loading...

0 komentar untuk 7 Perubahan Pada Tubuh Ibu Hamil di Masa Trimester Kedua