Stop Menggaruk Kulit yang Gatal Dengan 9 Siasat Jitu Ini

Stop Menggaruk Kulit
Jari jemari cita rasanya nir bisa membisu apabila syarat gatal menyerang. Tangan umumnya refleks mau menggaruk sesegera mungkin. Padahal, apabila Knda sedang mengalami gatal-gatal, menggaruk justru membuat kulit bisa terluka & terasa perih. Pernahkah Knda mencicipi ini? Nah, kalau begitu usahakan berhenti menggaruk kulit Knda yg gatal agar kondisinya nir semakin parah. Ini beliau, ulasan seputar gatal & cara meredam rasa gatal yg melanda.

Apa penyebabnya bisa timbul gatal-gatal?

Gatal atau pruritus ialah sensasi nir nyaman & menjengkelkan menjadi akibatnya membuat tangan cita rasanya ingin menggaruk. Timbulnya gatal bisa ditimbulkan sang aneka macam macam perkara dalam kulit, mirip:

Kulit kemarau
Alergi
Eksim, dermtitis, & psoriasis
Ketombe (dalam kulit kepala)
Infeksi fungi dalam kulit
Kondisi stres
Kulit terbakar mentari
Rasa gatal saat hamil & sesudah melahirkan
Pada beberapa perkara, rasa gatal nir diketahui penyebab spesifiknya

Sebenarnya bolehkah menggaruk bagian yg gatal-gatal?

Menggaruk bagian tubuh yg gatal pastinya akan memberi kepuasan saat gatal menyerang. Namun, menggaruk terus-terusan akan mengakibatkan perkara baru, yakni kulit bisa iritasi.

Menggaruk hanya menjadi penghilang sensasi gatal ad interim & nir membantu proses penyembuhan sama sekali. Justru menggaruk akan membuat gesekan-gesekan baru dalam kulit.

Oleh karenanya, usahakan hindari menggaruk-garuk kulit. Goresan-gesekan yg terdapat saat Knda menggaruk bisa membuka celah buat bakteri masuk, infeksi pun terjadi. Masuknya bakteri baru dalam kulit ini menjadi cikal bakal komplikasi gatal yg bisa semakin parah.

Apa saja yg bisa dilakukan buat berhenti menggaruk kulit yg gatal?

Kulit yg gatal-gatal umumnya diberikan obat eksklusif buat penyembuhannya. Namun, sembari penyembuhan terdapat kalanya rasa gatal itu menyerang & menguji kesabaran Knda ingin menggaruknya. Nah, daripada digaruk, lebih baik redakan bareng cara-cara ini:

1. Tepuk-tepuk daerah yg gatal

Aika Knda sudah sungguh nir tahan bareng rasa gatal yg menyerang, coba menepuk-nepuk bagian yg gatal tadi. Lebih baik tepuk-tepuk atau ketuk-ketuk kulit yg dirasa gatal. Cara ini dilakukan agar nir timbul gesekan-gesekan dalam kulit Knda & mencegah infeksi bakteri terjadi.

2. Kompres dingin

Tempelkan es batu yg sudah dibungkus bareng kain lap atau handuk dalam kulit yg terasa gatal. Lakukan ini kurang lebih 10 menit atau hingga rasa gatalnya berkurang. Hindari gambaran berdasarkan air panas sebisa mungkin. Air yg bersuhu tinggi bisa mengiritasi kulit.

tiga. Pakai pelembap

Gunakan pelembap yg bebas berdasarkan zat-zat yg mengandung parfum buat meredam rasa gatal Knda. Selain itu Knda juga bisa mengoleskan pelembap yg sudah didinginkan dalam dalam lemari es. Pelembap yg dimasukan ke dalam lemari es akan membagikan sensasi dingin yg menyejukan bagi orang yg sedang gatal-gatal.

4. Gunakan oatmeal

Oatmeal bukan hanya dikonsumsi saat makan. Oatmeal bisa dijadikan gabungan bahan buat air mandi Knda apabila kulit terasa gatal. Ambil oat secukupnya & blender hingga butirannya halus. Taburi butiran-butiran itu dalam bak mandi Knda. Kemudian Knda bisa berendam dalam dalamnya paling sedikit 15 menit.

Pada awalnya, oat dikenal ampuh melembapkan kulit kemarau selama berabad-abad. Dilansir dalam WebMD, baru akhir-akhir ini peneliti menemukan bahwa oat juga berguna buat kulit yg gatal. Terdapat zat kimia aventhramides yg bisa membantu melawan peradangan & kemerahan dalam kulit.

lima. Gunakan gel pengecap buaya

Gunakan produk gel pengecap buaya buat membagikan efek mendinginkan & adanya sensasi menthol. Gel pengecap buaya bisa digunakan kapan saja setiap kali gatal menyerang agar Knda berhenti menggaruk kulit. Bahan produk ini juga praktis dalam temukan dalam apotek juga dalam supermarket.

6. Gunakan air dingin

Air dingin bisa digunakan bareng mengalirkannya ke bagian yg gatal saat mandi. Atau Knda juga bisa pakai air dingin bareng lap basah menjadi kompres dalam bagian yg gatal. Daripada Knda menggaruk, air dingin akan lebih cocok buat meredam gatalnya tanpa menggores kulit.

7. Oleskan minyak kelapa

Minyak kelapa mengandung asam laurat & turunannya yg berfungsi buat membunuh bakteri. Pada orang yg sedang mengalami gata-gatal lebih baik oleskan minyak kelapa dalam bagian yg gatal. Oleskan minyak ini 2 kali sehari.

8. Minum obat antihistamin

Histamin ialah zat kimia dalam tubuh yg bisa mengakibatkan mengambarkan-mengambarkan alergi, termasuk gatal. Obat antihistamin ialah pengobatan yg cocok buat syarat gatal-gatal Knda, terutama apabila gatal Knda ditimbulkan sang alergi.

9. Oleskan petroleum jelly

Aika kulit Knda terasa gatal-gatal terutama output kulit Knda yg kemarau. Petroleum jelly disarankan buat Knda. Petroleum jelly bersifat sangat lembut dalam kulit. Knda bisa mengoleskannya sesering mungkin. American Academy of Dermatology membagikan bahwa petroleum jelly orisinal tanpa bahan gabungan kondusif digunakan dalam seluruh area tubuh.
loading...

0 komentar untuk Stop Menggaruk Kulit yang Gatal Dengan 9 Siasat Jitu Ini