Di Usia Berapa Anak Bisa Dibolehkan Pergi Sendirian

Di Usia Berapa Anak Bisa Dibolehkan Pergi Sendirian
Kapan usia yang tepat untuk membiarkan anak pergi sendirian keluar rumah? Apakah hal ini pernah terpikirkan oleh Enda? Sebagai orang tua, rasa khawatir hiperbola terhadap keselamatan anak sangatlah wajar. Namun bukan berarti Enda membiarkan anak nir mandiri. Enda wajib tahu berapa usia anak yang tepat untuk membiarkannya mandiri untuk pergi sendiri. Terlalu dini bisa jadi sangat berbahaya.

Usia yang tepat anak pergi sendirian

Kapankah usia yang tepat untuk anak boleh berjalan kaki pulang sekolah sendiri? Atau sekadar pergi ke taman dekat rumah untuk bermain dan pulang sendiri? Atau ke minimarket terdekat? Mungkin Enda resah kapan saat yang tepat anak Enda bonafide untuk pergi keluar rumah sendiri.

Berbeda memakai pada Indonesia, negara-negara maju memiliki anggaran aturan yang kentara mengenai usia yang tepat untuk meninggalkan anak tanpa pengawasan atau pergi sendirian tanpa didampingi. Tindakan kriminal seperti penculikan dan bahaya kemudian lintas sebagai 2 hal yang paling seringkali sebagai kekhawatiran orang tua untuk membiarkan anak pergi sendirian. Berikut petunjuk untuk Enda membiarkan anak pergi sendirian.

1. Umur 6-7 tahun

Usia ini dipercaya sudah tepat untuk membiarkan anak pergi sendirian atau untuk mulai berjalan sendiri keluar rumah. Biarkan anak berjalan memakai teman seusianya untuk bermain pada lapangan atau taman dekat rumah Enda. Pastikan letaknya dekat memakai rumah, sehingga Enda bisa dalam beberapa kali melihat anak sedang bermain. Ingatkan mereka untuk nir pergi jauh asal taman. Usahakan Enda sudah mengajari anak untuk mengingat alamat lengkap rumahnya.

2. Umur 9-10 tahun

Pada usia ini, abaikan anak Enda untuk memperluas daerah bermainnya, nir hanya pada taman dekat rumah. Anak Enda bisa pergi ke minimarket dekat rumah untuk sekedar membeli es krim atau daerah favorit anak lainnya yang nir jauh asal rumah. Berikan anggaran kepada anak jangan pergi ke daerah yang memakai transportasi publik.

3. Umur 13-14 tahun

Inilah usia yang paling tepat untuk anak pergi sendirian ke daerah yang nir mengecewakan jauh seperti rumah teman atau menghadiri acara ulang tahun temannya yang letaknya nir pada luar kota dan masih bisa Enda jangkau. Bolehkan anak untuk memakai transportasi publik. Pastikan Enda tahu tempatnya dan jikalau perlu bawakan anak indera komunikasi seperti handphone untuk memudahkan Enda menghubunginya.

Aturan krusial membiarkan anak pergi sendirian

Jangan berbicara kepada orang asing yang nir dikenal dan jangan pergi memakai orang asing yang nir dikenal.
Ajari anak untuk mengingat alamat lengkap, nama lengkap, nama orang tua lengkap, dan nomor handphone lengkap.
Pastikan Enda memiliki handphone dan selalu mengaktifkannya memakai nada dering.
Enda wajib mengetahui kemana anak Enda akan pergi dan tanyakan jam pulangnya. Kenalkan anak Enda anggaran tegas dan hukumannya (pastikan nir memakai eksekusi fisik) jikalau anak pulang terlambat atau lupa menelepon.

Yang paling krusial untuk membiarkan anak pergi sendiri merupakan pastikan bahwa anak telah siap dan berani pergi ke luar tanpa didampingi. Dan pastikan Enda pula siap membiarkan anak pergi sendirian.
loading...

0 komentar untuk Di Usia Berapa Anak Bisa Dibolehkan Pergi Sendirian