Daftar Makanan dan Minuman yang Bikin Perut Bayi Kembung

Daftar Makanan dan Minuman yang Bikin Perut Bayi Kembung
Sebagai ibu, Knda harus pintar-pintar memilih makanan untuk si mini. Sebab, salah memberikan makanan justru akan mampu menimbulkan gangguan pencernaan atau bahkan alergi. Salah satu kondisi yang sering dialami oleh bayi ketika mulai belajar mengonsumsi makanan padat adalah perut kembung. Ya, jangan remehkan perut bayi kembung, sebab hal ini mampu membuat nafsu makannya menurun kemudian menyebabkan berat badannya turun. Pada akhirnya, hal ini akan memengaruhi perkembangan dan pertumbuhan bayi. Ingin tahu makanan dan minuman apa saja yang menyebabkan perut kembung pada bayi? Simak klarifikasi berikut ini ya.

Makanan dan minuman yang sering bikin perut bayi kembung

Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang memang cenderung mengandung banyak gas ketimbang yang lainnya. Hal ini mampu saja membuat perut bayi kembung sehingga beliau tidak nyaman dan terus rewel sepanjang hari. Lantas, makanan dan minuman apa saja yang mampu bikin perut bayi kembung?

kacang
brokoli
kol
kembang kol
Jagung
Kentang
Oatmeal
Aprikot
Persik
Pir
Plum
Laktosa, yang biasanya terkandung dalam susu sapi

Semua daftar makanan tersebut mampu menyebabkan perut bayi kembung. Tetapi, ini tidak pasti berlaku pada semua bayi. Setiap bayi memiliki perkembangan, pertumbuhan, serta kondisi fisik yang berbeda.

Contohnya, bila terdapat bayi yang mengalami perut kembung setelah makan brokoli, tetapi bayi Knda tidak mengalaminya. Hal ini menandakan bahwa sistem pencernaan bayi berbeda-beda. Jangan takut untuk mulai memberikan si mini makanan pendamping ASI. Jila ragu, Knda mampu konsultasikan hal ini pada dokter spesialis anak.

Bukan karena makanan bergas saja, perut bayi kembung mampu disebabkan oleh hal lain

Jika perut kembung yang dialami si mini benar-benar implikasi makanan yang mengandung gas, maka Knda mampu mengetahuinya dalam 2 jam setelah bayi menelan makanan tersebut. Biasanya, mampu memakan waktu hingga 2 atau tiga hari bagi makanan tersebut untuk keluar dari pencernaan bayi Knda.

Faktanya, perut bayi kembung tak melulu disebabkan oleh makan yang mengandung gas. Kondisi ini mampu saja implikasi si mini mengalami gangguan kesehatan tertentu, seperti alergi makanan dan susu, intoleransi laktosa, atau bahkan perkara pencernaan lainnya.

Biasanya, bila perut bayi kembung implikasi kondisi kesehatan tertentu, terdapat tanda-tanda lain yang ikut muncul. Untuk memudahkan, Knda mampu menggunakan Tes Alergi ini agar tahu apakah perut kembung yang di alami si mini adalah salah satu tanda-tanda alergi atau tidak. Jika Knda menemukan tanda-tanda lain yang muncul pada si mini, sebaiknya segera periksakan kondisinya ke dokter spesialis anak.

Lalu, apa yang saya harus lakukan ketika perut si mini kembung?

Perut bayi kembung setelah makan sebenarnya wajar. Bahkan bayi mampu mengalami kembung setelah beliau minum susu atau bahkan ASI. Hal yang mampu Knda lakukan untuk mengeluarkan gas tersebut adalah bersama membuat bayi bersendawa. Jila tidak langsung berhasil, baringkan bayi sebentar kemudian coba lagi.

Cara lainnya untuk membantu mengurangi kembung pada bayi adalah bersama meletakkan bayi dalam posisi tengkurap, kemudian gerakkan ke 2 kakinya seperti gerakan mengayuh sepeda. Cara lain yang mampu dicoba adalah bersama membiarkan bayi tengkurap selama beberapa saat (tentu saja dalam pengawasan Knda). Memandikan bayi bersama air hangat juga mampu membantu mengurangi perut kembung.
loading...

0 komentar untuk Daftar Makanan dan Minuman yang Bikin Perut Bayi Kembung