Cara yang Benar untuk Mencairkan ASI Beku

Cara yang Benar untuk Mencairkan ASI Beku
Aika Enda bekerja atau apabila produksi ASI Enda sangat banyak, metode memompa ASI & menyimpannya dalam pendingin mungkin sangat memiliki kegunaan bagi Enda. ASI dipompa beserta indera khusus, ditempatkan dalam botol, diberi lepas, kemudian disimpan dalam freezer atau pendingin. Enda sanggup dengan ASI yg sudah disimpan tadi dalam kemudian hari.

Bagaimana cara mencairkan ASI yg sudah membeku?

Berikut ini merupakan pedoman bagaimana cara mencairkan ASI beku yg sudah disimpan dalam pendingin.

1. Pilih ASI yg lebih awal disimpan

Aika Enda sudah banyak menyimpan ASI dalam pendingin, usahakan pilih ASI yg sudah usang berada dalam dalam pendingin buat dipergunakan terlebih dahulu. Hal ini didasarkan  beserta prinsip FIFO (first in first out), dalam mana Enda wajib mengeluarkan atau dengan ASI yg dimasukkan lebih dulu.

BACA JUGA: lima Cara Tetap Memberikan ASI Eksklusif Meski Ibu Bekerja

Untuk itu, usahakan sebelum menyimpan ASI, Enda wajib memberi lepas pembuatannya terlebih dahulu. Tulis lepas saat ASI disimpan beserta spidol yg nir mudah hilang. Dengan memberi lepas dalam ASI, Enda memahami sudah berapa usang ASI disimpan & yg mana yg wajib Enda pakai terlebih dahulu. ASI yg disimpan dalam freezer beserta suhu -15C sanggup bertahan hingga beserta 2 minggu.

2. Jangan sumber-asalan dalam mencairkan ASI beku

Mencairkan ASI beku timbul caranya tersendiri. Hal ini diterapkan guna mempertahankan nutrisi & antibodi yg terkandung dalam ASI beku. Cara yg betul dalam mencairkan ASI beku, yaitu:

ASI beku yg disimpan dalam freezer usahakan dipindahkan ke bagian bawah kulkas atau refrigerator yg mempunyai suhu lebih tinggi. Enda mungkin membutuhkan saat selama beberapa jam atau dalam semalam (24 jam) buat mencairkan ASI yg beku dalam refrigerator. Atau, Enda jua sanggup mencairkan ASI beku beserta mengalirkan air dingin dalam wadah ASI beku, yg kemudian diikuti beserta mengalirkan air hangat.
Aika Enda membutuhkan ASI dalam saat cepat, cairkan ASI beku beserta donasi air hangat. Tempatkan wadah yg berisi ASI beku dalam wadah lebih akbar yg berisi air hangat. Ingat, air hangat (kurang sumber 37C) bukan air panas. Jangan mencairkan susu dalam air yg sangat panas atau dalam microwave. Juga, jangan sekali waktu mengungkep ASI yg beku. Suhu yg sangat panas sanggup menghilangkan nutrisi & ganggu antibodi yg terkandung dalam susu, menjadi akibatnya menjadi percuma apabila diberikan buat bayi Enda. Memanaskan susu beserta air sangat panas atau dalam microwave jua sanggup membuat hot spot atau bagian panas dalam ASI, menjadi akibatnya verbal bayi sanggup terbakar.

BACA JUGA: Panduan Menyimpan ASI Agar Tetap Awet

tiga. Kocok ASI yg sudah mencair beserta perlahan

Setelah ASI cair, mungkin Enda akan melihat 2 lapisan susu, yaitu lapisan lemak yg timbul dalam atas & lapisan cairan yg timbul dalam bawahnya. Ini artinya hal yg normal terjadi. Untuk menggabungkan ke 2 lapisan tadi, Enda perlu mengaduk susu atau mengocok botol susu bayi sebelum memberikannya dalam bayi Enda. Kocok beserta lembut, jangan mengocoknya terlalu bertenaga.

4. Jangan membekukan lagi ASI yg sudah dicairkan

ASI beku yg sudah dicairkan sanggup bertahan hingga 24 jam dalam dalam kulkas & hanya bertahan hingga 4 jam dalam suhu ruang. Aika ASI beku sudah cair tapi nir jadi terpakai, usahakan jangan membekukan ASI kembali. ASI beku yg sudah cair & lebih sumber 24 jam nir terpakai, usahakan segera dibuang.

ASI yg sudah diberikan dalam bayi & nir habis hanya sanggup bertahan hingga 1-2 jam. Aika bayi nir segera menghabiskannya, maka usahakan ASI jua dibuang (jangan dibekukan lagi).

Apakah ASI sanggup rusak apabila nir dihangatkan beserta betul?

Banyak teori yg sudah mengatakan bahwa jangan menghangatkan ASI beku dalam microwave, dipanaskan beserta kompor atau direbus, atau dicelupkan dalam air panas. ASI beku yg dihangatkan terlalu panas sanggup berakibat ASI rusak, nutrisi & antibodi yg terkandung dalam ASI sanggup hilang.

Bahkan, suhu aporisma buat memanaskan ASI artinya hanya sebanyak 40C, yg bagi kita nir terlalu hangat. Aika ASI dipanaskan beserta suhu dalam atas 40C, maka nutrisi & antibodi yg timbul dalam dalamnya sanggup mulai menurun.

BACA JUGA: Ternyata, Bayi yg Baru Lahir Belum Punya Sistem Imun Sendiri
loading...

0 komentar untuk Cara yang Benar untuk Mencairkan ASI Beku