Cara Membedakan Apakah Anak Kena Demam Scarlet atau Campak

Cara Membedakan Apakah Anak Kena Demam Scarlet atau Campak
Apakah Knda memiliki pengalaman saat si mini mengalami demam scarlet? Demam yang satu ini memang tidak seindah namanya, karena jikalau tidak ditangani bareng baik akan menimbulkan bermacam-macam komplikasi.

Demam artinya mekanisme tubuh untuk melawan infeksi. Infeksi bisa berupa gangguan asal penyakit atau hal yang lain. Untuk itulah Knda perlu paham bagaimana penanganan demam pada anak. Di rumah, Knda pula harus wajib menyediakan termometer untuk mengukur suhu anak yang paling saksama.

Satu hal yang tidak kalah penting artinya Knda harus mengetahui beberapa demam yang mungkin saja dialami oleh butir hati Knda. Apakah Knda pernah mendengar mengenai demam scarlet? Demam yang satu ini kentara berbeda bareng demam biasa, & demam yang satu ini menular.

Apa itu demam scarlet & apa saja gejalanya?

Demam scarlet alias scarlet fever atau dikenal sebagai pula bareng scarlatina artinya suatu penyakit yang ditimbulkan oleh infeksi bakteri streptococcus beta hemolyticus kelompok A. Penyakit ini memberikan gejala demam & ruam, sehingga seringkali kali membingungkan karena banyak pula penyakit lain bareng demam & ruam seperti campak, rubella,  dengue, roseola infantum, kawasaki, atau yang lain.

Semua orang memiliki risiko untuk mengalami demam scarlet. Namun, yang paling seringkali terjangkit demam scarlet artinya anak-anak 5 tahun sampai 18 tahun. Biasanya, penyakit ini akan diawali bareng identitas seperti demam, nyeri tenggorokan, muntah, nyeri kepala, lemas, & menggigil.

Dalam 12-24 jam umumnya akan timbul ruam yang khas. Ruam yang muncul akan menjadi pucat saat ditekan. Ruam ini pertama kali akan muncul pada leher, dada, lalu menyebar ke seluruh tubuh dalam 24 jam. Beberapa hari kemudian, ruam menghilang & kulit anak terasa seperti amplas atau kasar, lalu menjadi kehitaman.

Dalam investigasi yang dilakukan dokter, anak yang mengalami demam ini, tonsilnya akan terlihat membesar, kemerahan, & ditemukan pula citra putih keabuan pada dalamnya. Lidah akan tampak sangat merah & bengkak, hal ini menjadi karakteristik khas pada scarlet fever. Tidak mengherankan jikalau pada akhirnya diberi nama strawberry tongue.

Membedakan demam scarlet bareng campak

Meskipun pada awalnya demam scarlet terlihat seperti campak, namun hal ini tapi bisa dibedakan bareng perjalanan penyakitnya. Sebagai contoh, campak selalu disertai bareng batuk pilek, konjungtivitis atau radang mata, & asal investigasi dokter akan menemukan koplik spot.

Sedangkan pada demam scarlet, gejala lain yang menyertai artinya nyeri tenggorokan. Dilihat asal ruamnya pun berbeda, pada campak ruam akan muncul asal belakang telinga, sedangkan scarlet fever akan muncul pada leher.

Mencegah demam scarlet bareng cara sederhana

Untuk pencegahan, ada beberapa hal yang perlu Knda perhatikan. Hal ini seperti yang sudah direkomendasikan oleh Centers for Disease Control and Prevention, yaitu bareng menjaga kebersihan lingkungan & diri. Oleh karena itu, Knda sebagai orangtua wajib mengenalkan & membiasakan anak-anak untuk melakukan 4 hal pada bawah ini.

Cuci tangan bareng betul secara rutin
Hindari membagi gelas atau alat makan bareng orang lain
Gunakan masker saat anak batuk atau pilek
Ajari anak untuk menutup mulut & hidung saat bersin

Demam scarlet memang dihentikan dipercaya penyakit sepele karena bisa memberikan banyak sekali komplikasi. Mulai asal abses tonsil, infeksi saluran telinga tengah, sampai demam rematik pada jantung & glomerulonefritis akut pada ginjal. Kematian bisa terjadi pada komplikasi seberat ini.
loading...

0 komentar untuk Cara Membedakan Apakah Anak Kena Demam Scarlet atau Campak