Tips Menyusui Bayi Kembar 4 Hal yang Harus Diperhatikan

Tips Menyusui Bayi Kembar 4 Hal yang Harus Diperhatikan
Memiliki bayi kembar merupakan sebuah harapan akbar beberapa pasangan. Wajah bayi yang lucu akan memproduksi seluruh orang terkesima, kecenderungan wajahnya akan menimbulkan kesan unik tersendiri.

Meskipun terkesan asyik & menyenangkan, tetapi nyatanya merawat bayi kembar tidaklah semudah misalnya kebanyakan orang bayangkan. Ibu yang memiliki anak kembar tentunya lebih mengalami kesulitan & kerepotan dibandingkan dengan satu anak.

Salah satu hal yang dirasa cukup sulit & merepotkan bagi ibu yang memiliki bayi kembar yaitu ketika menunjukkan ASI. Lantas, hal apa saja yang wajib diperhatikan saat menyusui bayi kembar?

Tips menyusui bayi kembar

Seperti yang Anda sudah ketahui, pemberian ASI eksklusif wajib dilakukan hingga bayi berusia 6 bulan. ASI merupakan kuliner primer & pertama untuk bayi. Selama masa ini ibu dituntut secara rutin untuk menunjukkan ASI kepada bayinya demi keperluan pertumbuhan & perkembangan bayi itu sendiri. Setelah bayi berusia 6 bulan, ibu bisa menunjukkan kuliner pendamping ASI menjadi pelengkap nutrisi bayi yang semakin tumbuh dewasa.

Bagi Anda yang memiliki bayi kembar tentunya wajib memutar otak mengenai bagaimana dia bisa menunjukkan ASI kepada bayi-bayinya. Dalam keadaan ini, ibu pemilik bayi kembar wajib mengetahui tips menyusui bayi kembar agar terasa ringan & gampang. Berikut ini tips menyusui bayi kembar yang bisa dilakukan.

1. Posisi menyusui

Menyusui bayi dengan posisi menyangga kepala (the clutch or football hold)

Pemberian ASI pada bayi kembar bukanlah hal gampang. Sebagai seorang ibu, Anda wajib memiliki cara tersendiri dalam menunjukkan ASI untuk ke 2 bayi Anda menjadi akibatnya si kembar bisa nyaman & hening ketika menyusu.

Kondisi yang nyaman dalam pemberian ASI memiliki kiprah penting dalam kelancaran selama proses menyusui. Posisi pertama yang bisa dilakukan ketika menyusui bayi kembar yaitu dengan posisi menyangga kepala bayi.

Anda bisa menyangga ke 2 kepala bayi Anda dengan memakai telapak tangan. Sementara itu tubuh bayi diselipkan di bawah ke 2 tangan Anda. Aika Anda menyusui bayi dengan payudara kanan, Anda bisa memegangnya dengan memakai tangan kanan. Begitu pun kebalikannya.

Anda bisa meletakan bayi Anda di atas penyangga atau bantal, atau di pangkuan. Sangga bagian leher, bahu & kepala bayi dengan memakai tangan. Arahkan ekspresi bayi, biarkan kaki bayi menjulur ke belakang.

Menyusui bayi dengan menggendong (the cradle hold)

Anda bisa memeluk ke 2 bayi Anda, tempatkan kepala bayi Anda pada lekuk siku tangan. Sementara itu, Anda bisa tempatkan kepala bayi yang akan menyusu pada payudara kanan, Anda bisa meletakannya pada siku tangan kanan, serta posisi bokong bayi ada pada telapak tangan. Anda bisa melakukan cara yang sama dengan meletakan bayi yang lainnya di tangan sebelah kiri.

Menyusui dengan posisi gabungan

Memberikan ASI pada bayi kembar pula bisa dengan menggabungkan ke 2 posisi di atas. Berikan ASI pada satu bayi dengan cara menggendong, sedangkan untuk bayi yang lainnya dengan menyangga kepala.

Anda bisa melakukan cara ini bergantian agar bayi Anda merasa nyaman, karena posisi yang nyaman akan memperlancar dalam proses pemberian ASI. Dalam merawat bayi kembar orang tua wajib bisa adil terhadap keduanya karena ada kalanya bayi merasa cemburu seandainya orang tuanya hanya memperhatikan satu dari di antara mereka.

2. Menyusui si kembar dalam waktu bersamaan

Meskipun sulit, tetapi menyusui bayi kembar secara bersamaan memang perlu dilakukan. Hal ini dilakukan guna menghindari & mencegah rasa cemburu antara bayi yang satu & yang lainnya. Selain itu, menyusui secara bersamaan pula sanggup menghemat energi.

3. Menyusui secara bergiliran pada payudara

Sebaiknya susui bayi anda secara bergiliran. Hindari membiarkan bayi Anda menyusu pada payudara yang sama terlalu lama. Hal ini dilakukan agar pemberian ASI pada bayi kembar Anda bisa seimbang & pula menjaga agar produksi ASI pada ke 2 payudara tetap seimbang.

4. Memompa ASI

Apabila Anda merasa letih menyusui bayi, maka Anda bisa memompa ASI pada payudara Anda. Anda bisa meminta donasi suami atau famili lainnya untuk menunjukkan ASI kepada si kembar.

Intinya, menyusui bayi kembar ialah perkara ketenangan, baik itu untuk ibu juga bayi. Dalam pemberian ASI pada bayi kembar disarankan Anda untuk memenuhi kebutuhan nutrisi agar kebutuhan bayi Anda pun terpenuhi. Hindari mengonsumsi kuliner atau minuman yang nir sehat guna menghindari terjadinya perkara kesehatan pada ke 2 bayi. Aika ada perkara pada payudara Anda, sebaiknya segera hubungi dokter atau bidan untuk segera diobati agar aktivitas menyusui bayi kembar Anda kembali lancar.
loading...

0 komentar untuk Tips Menyusui Bayi Kembar 4 Hal yang Harus Diperhatikan