Cara Melindungi Anak dari Bahaya Sinar Matahari

Cara Melindungi Anak dari Bahaya Sinar Matahari
Anak-anak sangat butuh sinar matahari untuk menunjang pertumbuhan tulangnya. Ya, sinar matahari adalah sumber yang baik berasal vitamin D untuk pertumbuhan tulang. Oleh karenanya, anak-anak poly disarankan untuk setidaknya bermain pada luar selama beberapa menit supaya terpapar dengan sinar matahari. Namun begitu, sinar matahari pula sanggup membahayakan kesehatan anak sehingga Knda sebagai orangtua pula perlu melindungi anak berasal sinar matahari.

Bagaimana sinar matahari sanggup membahayakan kesehatan anak?

Tidak seperti orang dewasa, anak-anak membutuhkan proteksi khusus terhadap sinar matahari. Memang, anak-anak sangat membutuhkan sinar matahari tapi pada sisi lain anak-anak pula rentan terhadap bahaya radiasi yang didapatkan sang sinar matahari.

BACA JUGA: Bagaimana Radiasi Matahari Bisa Menyebabkan Kanker?

Anak-anak memiliki risiko yang lebih tinggi daripada orang dewasa untuk mengalami kerusakan sebab paparan radiasi ultraviolet (UV) berasal sinar matahari. Hal ini terjadi sebab:

Kulit anak lebih tipis & lebih sensitif daripada orang dewasa. Menghabiskan beberapa jam pada tengah hari saat matahari sedang bersinar terik mungkin sanggup mengakibatkan kulit anak terbakar.
Masa anak-anak artinya masa pada mana seseorang lebih poly terkena sinar matahari. Diperkirakan bahwa paparan sinar matahari seumur hidup seseorang diterima sebelum usia 18 tahun hingga mencapai 80%.
Anak-anak lebih senang bermain pada luar & umumnya nir sadar tentang bahaya sinar UV yang disebabkan sang paparan sinar matahari.
Penelitian pula telah menerangkan bahwa terlalu tak jarang terpapar sinar matahari & mengalami luka bakar saat masa anak sanggup meningkatkan risiko melanoma pada tingkat kehidupan selanjutnya.
Anak-anak memiliki saat yang lebih poly untuk berbagi penyakit. Kesehatan yang nir dijaga semenjak masa anak-anak sanggup berakibat kerugian kesehatan pada masa tua.

Lalu, bagaimana anak sanggup mendapatkan sinar matahari yang mengandung vitamin D dengan kondusif?

Kita telah mengetahui bahwa sinar matahari dibutuhkan anak tetapi pula menyimpan bahaya bagi anak. Oleh karenanya, Knda sebagai orangtua harus sanggup melindungi anak Knda berasal bahaya sinar matahari. Bukan berarti anak dilarang terpapar sinar matahari sama sekali. Ini namanya Knda membatasi anak dalam mendapatkan nutrisi (vitamin D) yang beliau butuhkan.

Melindungi pada sini artinya anak permanen sanggup mendapatkan vitamin D berasal sinar matahari tetapi terhindar berasal bahaya sinar matahari. Terdapat cara-cara bagaimana anak sanggup mendapatkan sinar matahari yang kondusif, yaitu:

Hindari sinar matahari yang sangat terik

Bermain pada luar ruangan atau menjemur bayi baik dilakukan untuk mendapatkan vitamin D. Namun, perhatikan pula waktunya. Tidak seluruh sinar matahari pada setiap jam kondusif untuk kesehatan Knda. Hindari sinar matahari pada pukul 10-16 siang sebab matahari pada saat ini sedang terik-teriknya. Sehingga, apabila Knda ingin menjemur bayi atau membiarkan anak bermain pada luar sebaiknya pada bawah jam 10 pagi atau pada atas jam 4 sore.

Pakaikan anak baju yang menutupi seluruh bagian kulitnya

Cara terbaik untuk melindungi anak berasal sinar matahari pada siang hari artinya dengan memakaikan anak pakaian yang tertutup. Seperti, baju lengan panjang & celana panjang. Pastikan pula pakaian anak nir tembus pandang supaya sinar matahari nir menembus pakaian ke kulit anak. Pilihlah pakaian dengan warna gelap untuk dipakaikan ke anak sebab pakaian warna gelap lebih sanggup melindungi anak berasal sinar matahari. Memakaikan baju anak secara berlapis pula sanggup meningkatkan proteksi terhadap sinar UV.

BACA JUGA: Sering Panas-panasan Tanpa Kacamata Hitam? Ini Bahayanya

Pakaikan anak topi & kacamata

Knda pula sanggup menambahkan topi untuk anak. Topi sanggup melindungi bagian wajah, kulit koordinator, telinga, & leher anak berasal sinar matahari. Jadi, nir hanya untuk gaya, ternyata topi memiliki fungsi yang sangat penting untuk kesehatan anak.

Kacamata pula penting untuk melindungi mata anak berasal sinar matahari, bukan hanya untuk gaya. Tidak hanya kulit yang harus dilindungi berasal sinar matahari, tetapi pula mata. Sinar matahari pula sanggup ganggu mata, sanggup berakibat kornea terbakar atau mengakibatkan katarak pada masa tua. Pilihlah kacamata hitam yang memiliki proteksi UV untuk anak Knda. Juga, pilihkan ukuran yang berdasarkan dengan wajah anak, nir kebesaran juga kekecilan, sehingga menutupi seluruh bagian mata anak.

Aika Knda harus membawa bayi Knda keluar pada siang hari, Knda pula sanggup menggunakan payung supaya seluruh bagian tubuh bayi sungguh terlindungi berasal sinar matahari. Walaupun, Knda sudah memakaikan pakaian tertutup & tutup koordinator pada bayi. Payung pula menghasilkan lingkungan pada sekitar bayi menjadi teduh & bayi nir silau terhadap sinar matahari.

Pakaikan tabir surya (sunscreen) untuk anak

Tabir surya nir hanya digunakan sang orang dewasa, anak-anak pula sanggup menggunakannya & bahkan membutuhkannya. Aika anak terpaksa keluar tempat tinggal pada siang hari, pastikan anak untuk menggunakan tabir surya untuk melindungi kulitnya berasal sinar UV. Bahkan, apabila hari sedang berawan atau mendung sebab awan nir sanggup menghalangi sinar UV untuk sampai ke kulit Knda, awan hanya menyaring sinar matahari & terkadang hanya sedikit yang disaring. Awan hanya menyampaikan proteksi palsu berasal sinar matahari.

Oleh karenanya, untuk menyampaikan proteksi lebih pada anak, sebaiknya pakai tabir surya pada anak. Oleskan tabir surya (yang memiliki SPF minimal 15 serta memiliki proteksi UVA & UVB) pada anak setiap kali anak ingin keluar pada siang hari. Untuk proteksi terbaik, sebaiknya oleskan tabir surya pada anak 30 menit sebelum anak keluar. Aika anak terlalu lama pada luar, mungkin Knda perlu mengoleskan tabir surya lagi kepada anak setiap dua jam. Pemakaian tabir surya pula diharapkan lagi apabila anak berkeringat atau berenang.

Namun, apabila anak sudah menggunakan tabir surya bukan berarti anak sanggup berlama-lama terpapar dengan sinar matahari. Tabir surya hanya membantu mencegah anak berasal bahaya sinar matahari yang lebih nir baik. Untuk itu, Knda pula perlu membatasi anak bermain pada luar pada siang hari.

Beberapa hal yang pula harus Knda perhatikan saat menunjuk tabir surya untuk anak artinya:

Perhatikan tanggal kedaluwarsa yang tertera pada kemasan
Jangan menunjuk tabir surya yang mengandung PABA, ini sanggup mengakibatkan kulit anak mengalami alergi
Untuk anak yang memiliki kulit sensitif, pilihlah produk dengan kandungan bahan aktif titanium dioksida

BACA JUGA: Apa Itu SPF, & Apa Bedanya Sunscreen Dengan Sunblock?
loading...

0 komentar untuk Cara Melindungi Anak dari Bahaya Sinar Matahari