Bisakah Memperbaiki Kepala Peyang Pada Bayi

Bisakah Memperbaiki Kepala Peyang Pada Bayi
Dalam bahasa medis, koordinator peyang disebut plagiocephaly. Kepala peyang dalam bayi bisa disebabkan sang waktu berbaring telentang yang terlalu lama. Tekanan ini kemudian menimbulkan bentuk koordinator yang seharusnya bulat sebagai rata di bagian belakang, dan fitur muka jadi nir simetris. Pasalnya, bayi dilahirkan bersama tulang tengkorak yang masih lunak sehingga dapat berubah-ubah. Dalam beberapa perkara, koordinator peyang disebabkan sebab adanya tekanan akbar di jalur lahir ketika kelahiran. Kepala peyang maupun lebih rentan dialami sang bayi prematur sebab tulang tengkorak mereka yang jauh lebih lunak daripada bayi yang lahir sempurna waktu. Tapi tenang, koordinator bayi peyang bisa diatasi bersama berbagai cara mudah.

Bagimana cara mengatasi koordinator peyang dalam bayi?

Kepala bayi peyang umumnya nir berbahaya. Meski begitu, sebaiknya kondisi ini jangan disepelekan. Penanganan yang cepat akan memproduksi bentuk koordinator bayi normal kembali. Berikut ini beberapa langkah yang bisa Knda lakukan untuk mencegah dan memperbaiki koordinator bayi peyang.

1. Ubah posisi tidur

Posisi tidur tengkurap dilaporkan mempertinggi risiko sindrom bayi mangkat mendadak. Namun, Knda bisa memposisikan bayi dalam keadaan tengkurap ketika dia sedang terjaga. Posisi ini sangat diperlukan untuk membuatkan kemampuan motoriknya. Posisi tengkurap maupun membantu mencegah koordinator peyang dalam bayi bersama memperkuat otot leher bayi. Otot leher yang semakin kuat memungkinkan bayi menggerakkan koordinator ketika tidur sehingga nir selalu muncul dalam posisi yang sama. Selain posisi tengkurap, Knda maupun bisa secara bergantian mengganti posisi bayi ke sisi kanan dan sisi kiri ketika Knda menidurkannya.

2. Ubah posisi menyusui

Saat menyusui, Knda bisa menukar posisi bayi berdasarkan satu sisi ke sisi lainnya. Menyesuaikan posisi koordinator bayi ketika disusui membantu menghindari tekanan dalam area koordinator yang peyang.

3. Ubah posisi daerah tidur

Bayi tertarik melihat benda-benda yang bercahaya, seperti ke langit-langit rumah ataupun jendela dan pintu. Nah, membarui posisi tidur bayi atau letak daerah tidurnya akan mendorong bayi untuk menengokkan koordinator ke arah yang berbeda. Hal ini akan memproduksi kepalanya nir mengalami penekanan terus menerus di keliru satu sisi koordinator saja. Knda maupun bisa mengganti tata letak mainan si mungil supaya dia menengokkan kepalanya ke arah yang berbeda.

4. Variasi cara menggendong

Knda bisa memvariasikan cara mengendong bayi mulai berdasarkan posisi bayi tegak, didekap, ataupun bersama posisi miring. Hal ini bertujuan untuk mengurangi penekanan dalam koordinator bagian belakangnya.

5. Terapi fisik

Aika beberapa cara sederhana yang sudah disebutkan di atas nir bisa mengurangi ataupun mengatasi koordinator bayi peyang, Knda sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter. Dokter biasanya akan merekomendasikan beberapa terapi fisik yang dilakukan secara rutin untuk membantu mempertinggi refleks motilitas leher bayi. Terapi ini wajib dilakukan bersama hati-hati dan secara konsisten.

Aika terapi fisik ini nir menimbulkan dampak, langkah selanjutnya dokter akan menyarankan untuk melakukan carniar orthotic therapy, yaitu terapi menggunakan helm dan ikat koordinator khusus untuk mengembalikan bentuk koordinator bayi. Terapi ini bisa dilakukan ketika bayi berusia enam bulan, ketika tengkorak bayi masih lunak dan helm tersebut akan dipakai bayi selama 23 jam per hari. Pengobatan ini umumnya berlangsung dua sampai enam bulan, tergantung berdasarkan seberapa awal Knda mulai dan seberapa parah masalahnya.

Helm khusus ini dapat membantu memperbaiki bentuk tulang tengkorak bayi seiring pertumbuhannya, bersama memberi tekanan dalam keliru satu sisi koordinator dan mengurangi tekanan di sisi yang lain, sehingga memungkinkan pertumbuhan yang merata di seluruh bagian tulang tengkorak.
loading...

0 komentar untuk Bisakah Memperbaiki Kepala Peyang Pada Bayi