Cara Berkomunikasi Dengan Bayi yang Baru Lahir

Cara Berkomunikasi Dengan Bayi yang Baru Lahir
Apakah Anda ingat tangisan pertama bayi Anda? Sejak baru dilahirkan pun, bayi sudah mulai berkomunikasi.

Pada awalnya, tangisan bayi terasa seperti bahasa asing. Tapi, lama kelamaan Anda akan belajar mengenal bahasa bayi & mampu menjawab kebutuhan bayi Anda.

Bagaimana cara bayi berkomunikasi?

Bayi terlahir dengan kemampuan untuk menangis. Itulah cara dia berkomunikasi untuk ad interim waktu. Tangisan bayi akan memberi tahu bahwa terjadi sesuatu pada bayi Anda, entah itu rasa lapar, popok yang basah, kaki yang dingin, merasa lelah, atau ingin dipeluk, dll.

Terkadang, kebutuhan bayi mampu diidentifikasikan melalui tangisannya. Contohnya, saat dia lapar, dia akan menangis sebentar dengan nada suara yang rendah. Ketika dia sedih, suara tangisannya akan terputus-putus. Lama kelamaan, Anda mampu memahami kebutuhan bayi Anda & meresponnya dengan baik.

Tapi bayi juga mampu menangis tanpa alasan seperti saat mendengar suara terlalu keras. Jadi, jika bayi Anda menangis & Anda tidak mampu langsung menghiburnya, ingatlah bahwa tangisan merupakan salah satu stimuli saat mereka terlalu berat mencerna apa yang dirasakannya.

Menangis merupakan cara utama bagi bayi untuk berkomunikasi, tapi mereka juga mampu memakai cara lain. Belajar mengenali tingkah mereka mampu memperat hubungan ibu & bayi.

Bayi yang baru lahir mampu membedakan suara manusia & suara lain. Cobalah untuk memperhatikan tanggapan bayi Anda terhadap suara Anda, lantaran suara Anda akan ia hubungkan masakan, kehangatan & sentuhan.

Jika bayi Anda menangis dalam buaian Anda, lihatlah seberapa cepat suara Anda mampu membuatnya hening. Lihat bagaimana cara bayi mendengar saat Anda berbicara dengan suara penuh afeksi. Bayi Anda mungkin belum mampu berkoordinasi antara melihat & mendengar, tapi meskipun ia melihat ke  rah lain, dia mampu medengar dengan saksama suara Anda saat berbicara. Bayi Anda mampu menyesuaikan posisi tubuh atau ekspresi paras, atau menggerakkan lengan & kaki saat Anda berbicara.

Terkadang di bulan pertama kelahiran bayi, Anda mungkin akan melihat senyum pertamanya sebuah cara baru bagi bayi Anda untuk berkomunikasi.

Apa yang wajib saya lakukan?

Saat Anda pertama kali memeluk bayi Anda setelah dilahirkan, Anda akan mulai berkomunikasi satu sama lain dengan memberikan pandangan, suara, & sentuhan pertama. Bayi mampu dengan cepat belajar global dengan indra mereka.

Beberapa hari setelah kelahirannya, bayi akan terbiasa melihat Anda & mulai fokus terhadap paras Anda. Indra peraba & pendengaran merupakan indra yang terpenting.

Bayi Anda akan penasaran tentang suara di sekitarnya, terutama suara manusia. Bicaralah dengan bayi Anda setiap Anda mempunyai kesempatan. Meskipun bayi Anda tidak mengerti apa yang Anda katakan, suara Anda yang lembut akan menjadi penenang untuknya.

Berkomunikasi dengan bayi Anda krusial untuk memenuhi kebutuhannya. Selalu tanggapi kebutuhan bayi Anda saat ia menangis. Bayi tidak akan menjadi manja lantaran terlalu banyak diperhatikan. Sebaliknya, dengan merespon cepat saat dia menangis, akan membuat mereka tahu bahwa mereka krusial & diperhatikan.

Anda saatnya di mana Anda sudah memenuhi semua kebutuhannya, & bayi Anda tetap menangis. Janganlah khawatir! Bayi Anda mungkin hanya merasa terlalu lelah, mempunyai terlalu banyak energi, atau hanya menangis tanpa alasan.

Sangat wajar bagi bayi untuk mempunyai masa rewel di waktu yang sama setiap hari, umumnya saat sore hari atau tengah malam. Meskipun semua anak yang baru lahir menangis & menerangkan sifat rewelnya, bayi yang sehat akan menangis lebih berdasarkan 3 jam sehari, lebih berdasarkan 3 hari per minggu, setidaknya selama 3 minggu. Kondisi ini disebuti kolik. Hal ini mungkin akan membuat Anda stress, tapi kabar baiknya, hal ini akan berlangsung ad interim saja. Kebanyakan bayi akan melewati masa ini saat umur 3-4 bulan.

Cobalah menenangkan bayi Anda. Lakukan beberapa gerakan yang menenangkan, seperti menggoyangkannya, atau berjalan maju mundur mengelilingi ruangan, atau responlah dengan suara, seperti musik yang lembut atau suara berdengung vacuum cleaner. Mungkin akan butuh waktu untuk menemukan cara terbaik untuk menenangkan bayi Anda saat periode ini.

Apakah saya perlu khawatir?

Bicarakan dengan dokter Anda jika bayi Anda menangis pada jangka waktu yang tidak wajar, jika suara tangisannya terasa aneh bagi Anda, atau jika dia menangis dengan diikuti berkurangnya aktivitas, napsu makan, & cara bernafas yang tidak biasa. Dokter Anda akan mencari penyebab medis atas keadaan bayi Anda. Kemungkinan bahwa semuanya baik-baik saja, & dengan mengetahui hal ini mampu membuat Anda lebih rileks & hening saat mengetahui alasan bayi Anda menangis.

Beberapa alasan lainnya atas tangisan bayi:

Bayi sakit. Bayi yang menangis lebih tak jarang saat digendong mungkin sedang sakit. Hubungi dokter Anda, terutama jika suhu tubuh bayi mencapai 38C atau lebih.
Bayi mempunyai iritasi mata. Kornea mata yang tergores atau ada benda asing pada mata bayi mampu menyebabkan kemerahan & mata berair. Hubungi dokter.
Bayi Anda sedang merasa kesakitan. Sebuah peniti atau objek lainnya mampu melukai kulit bayi. Cobalah lihat di setiap tempat, termasuk setiap jari tangan & kaki (kadang rambut mampu melingkar di tempat ini & menyebabkan rasa sakit; hal ini disebut hair tourniquet).

Jika Anda mempunyai pertanyaan mengenai kemampuan bayi Anda dalam melihat atau mendengar, hubungi dokter Anda dengan segera. Jika dibutuhkan, bayi mampu dites dengan memakai alat-alat medis yang canggih. Semakin cepat masalah ditemukan, semakin baik pula mampu diobati.

BACA JUGA:

Yang Harus Diperhatikan Saat Menjemur Bayi yang Baru Lahir
Hati-Hati Mencium Bayi yang Baru Lahir
Apa yang Terjadi Saat Melahirkan Normal?
loading...

0 komentar untuk Cara Berkomunikasi Dengan Bayi yang Baru Lahir