Bisakah Kita Memperbaiki Pusar Bodong Pada Bayi

Bisakah Kita Memperbaiki Pusar Bodong Pada Bayi
Pusar bodong pada bayi, nyatanya memang awam terjadi sebab beberapa kondisi & lain hal. Berawal dari tali pusar yang puput, kemudian perlahan pusar bodong muncul pada butir hati Knda. Kadang-kadang, pusar yang bodong sudah akan terlihat kentara pada lahir, tetapi ada pula yang baru terlihat pada usia satu tahun ke atas.

Apa itu pusar bodong?

Pusar bodong atau hernia umbilikalis terjadi ketika usus, lemak, atau cairan dalam tubuh mendorong keluar melalui titik kosong atau lubang pada otot perut bayi Knda. Hal ini akan  menyebabkan tonjolan pada dekat atau pada pusar.

Pusar ini mungkin akan terlihat mirip bengkak atau seolah-olah ingin keluar dari perut bayi Knda. Umum saja apabila pusar bayi bodong, umumnya hal ini tidak mengakibatkan kondisi kesehatan yang begitu bermasalah, & akan sembuh atau menghilang seiring tumbuh kembang anak Knda.

Apa yang menyebabkan pusar bodong?

Pusar atau otot cincin perut, ialah jaringan yang terbentuk dari pembuluh darah pada tali pusar yang masuk ke tubuh janin, & pula dianggap cincin pusar. Cincin pusar ini umumnya menutup sebelum bayi lahir. Aika tidak menutup bareng paripurna, jaringan atau tonjolan akan keluar melalui cincin, & akhirnya terciptalah bodong pada pusar.

Selama kehamilan, testis janin laki-laki akan mekar pada perutnya. Kemudian, beberapa dikala sebelum lahir, testis akan mendorong diri ke sebuah saluran pada jaringan antara pangkal paha & perut  (kanalis inguinalis). Setelah menemukan jalan, akhirnya testis akan turun ke kantung skrotum & ini lah yang menyebabkan bodong pada bayi laki-laki.

Berbeda lagi bareng bayi perempuan, pada anak perempuan ovarium turun melalui saluran & ke dalam panggul. Pada dikala itu, bagian dinding perut harus menutup supaya tidak terbukanya lubang cincing pusar yang mengakibatkan bodong. Pusar bodong umumnya terjadi pada bayi laki-laki lebih kurang 5 % lebih tak jarang dibanding bayi wanita.

Bagaimana cara mengatasi perut bodong?

Sebetulnya, bodong pada pusar ini akan menghilang sendiri ketika anak telah berusia antara 3-5 tahun. Tetapi banyak pula orangtua yang khawatir bareng kondisi pusar bayinya. Aika Knda membawa bayi Knda ke dokter, ada 2 hal yang mungkin akan direkomendasikan dokter anak tersebut.

Pertama, apabila dilihat dari kondisinya mengganggu perkembangan butir hati, atau setidaknya membuat anak Knda kesakitan, dokter akan menyarankan pembedahan melalui operasi. Pembedahan akan bertujuan memasukan usus atau jaringan yang tidak tertutup bareng paripurna. Prosedur operasi umumnya tidak terlalu disarankan oleh dokter, tapi mampu saja dibutuhkan untuk memperbaiki hernia pada bayi. Kedua, apabila memang tidak ada masalah kesehatan yang berfokus, dokter akan menyarankan untuk membiarkan saja, sebab pusar bodong akan menghilang bareng sendirinya.

Knda pula mampu melakukan treatment pusar bodong pada bayi yang gampang dilakukan pada tempat tinggal. Hanya siapkan koin tebal yang steril & kain kasa untuk mengatasi bodong bayi. Caranya, pastikan dulu koin yang akan Knda pakai higienis, lapisi kain kasa bareng bentuk yang memanjang. Taruh koin sempurna pada pusar bayi, lilitkan tali yang bersatu bareng koin ke area perut bayi. Knda mampu mengikat atau menahan koin tersebut bareng lembut atau jangan terlalu kencang. Lakukan rutin, & ingat pantau  serta konsultasikan kepada pakar terkait pusar yang menonjol keluar pada bayi Knda.
loading...

0 komentar untuk Bisakah Kita Memperbaiki Pusar Bodong Pada Bayi