Berbagai Siasat Agar Bayi Bisa Duduk Sendiri, Berdasarkan Usianya

Berbagai Siasat Agar Bayi Bisa Duduk Sendiri, Berdasarkan Usianya
Bagi para orangtua, setiap perkembangan berasal si butir hati tentu sangat dinanti-nantikan. Salah satu perkembangan yang dinantikan merupakan bila bayi dapat duduk sendiri tanpa kontribusi orang lain. Bayi yang sudah dapat duduk sendiri akan mendapatkan pengalaman dan warta baru seputar dunia di sekitarnya. Duduk sendiri juga merupakan bentuk dorongan terhadap kebebasannya.

Nah, sedikit demi sedikit punggung bayi akan semakin kuat. Pada akhirnya, bayi akan sadar bagaimana ia akan memosisikan aneka macam bagian tubuhnya dengan nyaman. Buah hati Anda akan segera tahu cara duduk yang betul ketika beliau sudah dapat memutar dan mengangkat kepalanya.

Berikut ini merupakan penjelasan perkembangan usia bayi Anda hingga dapat duduk sekaligus upaya seperti apa yang dapat Anda lakukan supaya bayi dapat duduk lebih cepat.

Usia tiga sampai empat bulan 

Otot leher butir hati anda akan semakin bertambah kuat. Dia akan belajar bagaimana cara mengangkat kepala ketika sedang dalam posisi tengkurap. Kemudian, bayi pada usia tiga sampai empat bulan akan tahu sendiri bagaimana cara menggunakan tangan di lantai buat menyangga beban tubuh berasal dadanya (seolah sedang melakukan push-up).

Ketika Anda sedang dalam posisi berbaring, Anda dapat mencoba meletakkan bayi di atas dada Anda dengan wajahnya yang menatap Anda. Selain itu, Anda juga dapat meletakkan bantal bentuk huruf C di bawah ketiaknya. Posisi bantal yang menyokong dadanya ini berfungsi supaya butir hati Anda terbiasa mengangkat kepalanya sedikit menjauhi lantai. 

Usia 5 hingga enam bulan  

Di usia ini, otot butir hati Anda akan semakin kuat. Anda dapat mulai mengajari ia duduk. Gunakan kursi spesifik bayi atau bantal buat membantunya bersandar. Tentu saja, pastikan Anda memeganginya serta mengawasinya secara penuh pada saat-saat seperti ini.

Bayi Anda akan mampu mengangkat kepalanya namun masih akan goyah. Ini terjadi sebab beliau belum mampu menjaga keseimbangannya. Latihlah terus sampai bayi Anda cukup percaya diri dan sanggup bertahan dengan posisi tadi.

Anda dapat dengan mendudukkannya di kursi. Bisa juga melatihnya saat Anda dalam posisi duduk bersila dan butir hati Anda di atasnya. Sebelum beliau mampu menjaga keseimbangan badannya, beliau tidak akan dapat duduk tanpa kontribusi.

Ada cara lain yang dapat Anda lakukan. Pada usia ini, bayi Anda akan sangat suka menatap bayangannya di cermin. Kurt A. Heyrman, seorang dokter anak berasal Appleton, Amerika Serikat, menyarankan buat meletakkan cermin sedikit lebih tinggi berasal posisi bayi Anda. Jika bayi Anda gigih buat melihat bayangannya sendiri di cermin, beliau akan mengangkat kepalanya dan duduk.

Usia tujuh hingga delapan bulan, bayi dapat duduk sendiri

Biasanya, butir hati sudah akan mampu duduk tanpa kontribusi dengan tangan menapak lantai pada usia. Ini dinamakan tripod sit. Sampai otot perut dan punggungnya semakin kuat, beliau akan terus belajar buat duduk tanpa kontribusi tangannya. Jika punggungnya sudah tegak lurus, si kecil pun sudah dapat melepas tangannya.

Setelah bayi dapat duduk sendiri, sekarang waktunya kedua tangan si kecil belajar buat dapat meraih benda-benda di sekelilingnya dan menjelajahi dunia!
loading...

0 komentar untuk Berbagai Siasat Agar Bayi Bisa Duduk Sendiri, Berdasarkan Usianya