Trigliserida Tinggi, Tak Kalah Berbahaya dari Kolesterol

Trigliserida Tinggi, Tak Kalah Berbahaya dari Kolesterol
Apakah Enda memiliki konflik bareng kolesterol? Aika ya, mungkin Enda sudah nir asing lagi bareng trigliserida. Trigliserida memang acapkali dikaitkan bareng kolesterol, akan tetapi apakah keduanya sama? Berikut ini penjelasannya.

Apa itu trigliserida?

Tubuh memiliki beberapa lemak, dalam antaranya ialah trigliserida. Lemak ini sangat krusial buat keberlangsungan hayati Enda & adalah bentuk primer berdasarkan lemak. Trigliserida juga terkadang disebut lipid. Ketika Enda memikirkan lemak yg terbentuk & tersimpan dalam pinggang & perut, Enda niscaya akan memikirkan trigliserida. Ya, trigliserida terbentuk berdasarkan kalori yg nir terpakai & disimpan dalam sel lemak.

Lemak ini terbentuk berdasarkan produk akhir berdasarkan implikasi pencernaan kuliner. Beberapa diproduksi  berdasarkan asal tenaga, misalnya karbohidrat. Trigliserida dipergunakan tubuh waktu Enda dalam jarak waktu makan & dikala Enda membutuhkan tenaga lebih. Hormon dalam tubuh Enda akan melepaskan lemak ini, menjadi akibatnya berkurang lagi kalori yg nir terpakai. Jadi, apabila Enda kurang berolahraga & lebih poly makan, maka mungkin Enda memiliki jumlah trigliserida yg tinggi.

Bagaimana mengetahui apakah trigliserida aku dalam level normal?

Enda bisa melakukan tes darah buat mengetahui kadar trigliserida dalam tubuh Enda. Berikut ini kisaran trigliserida:

Normal: kurang berdasarkan 150 mg/dL, atau 1,7 mmol/L
Batas tinggi: 150 hingga 199 mg/dL  (1,8 hingga 2,2 mmol/L)
Tinggi: 200 hingga 499 mg/dL (2,3 hingga lima,6 mmol/L)
Sangat tinggi:  500 mg/dL atau dalam atasnya (lima,7 mmol /L atau dalam atasnya)

Sebelum melakukan tes darah, umumnya Enda wajib berpuasa dulu kurang lebih 9 hingga 12 jam. Tujuan berdasarkan puasa tadi ialah agar darah yg diambil mengambarkan pengukuran trigliserida yg saksama. Biasanya dokter akan melakukan investigasi trigliserida menjadi bagian berdasarkan tes kolesterol. Pada tes tadi umumnya juga akan diperiksa level 2 tipe kolesterol; kolesterol baik & dursila. The American Heart Association merekomendasikan seseorang yg berusia 21 tahunke atas melakukan tes ini, paling nir lima tahun sekali. Jadi, jangan tunggu hingga Enda gemuk atau berusia 30 tahun ke atas.

Apa bedanya trigliserida & kolesterol?

Yang perlu Enda ketahui ialah bahwa trigliserida & kolesterol ialah jenis lemak tidak sama yg mengalir atau bersirkulasi dalam dalam darah Enda. Seperti yg sudah dijelaskan dalam atas, trigliserida adalah kalori yg nir terpakai, akan akan tetapi sewaktu-waktu bisa dipergunakan, sedangkan kolesterol memproduksi sel & hormon tertentu. Namun, mereka acapkali dikaitkan alasannya adalah keduanya nir bisa larut dalam darah, keduanya akan tersebar dalam tubuh bareng kontribusi protein yg mengangkut lemak.

Mengapa kadar trigliserida tinggi menjadi problem?

Masih belum bisa dijelaskan bagaimana cara kerjanya, akan tetapi tingginya trigliserida bisa berpengaruh dalam pengerasan arteri atau penebalan dinding arteri hal ini bisa membuahkan risiko peningkatan stroke, agresi jantung, & penyakit jantung lainnya. Bahkan dalam problem yg ekstrem, level trigliserida dalam atas 1000mg/dL bisa membuahkan pankreatitis akut.

Tingginya trigliserida acapkali kali juga menjadi tanda berdasarkan obesitas & sindrom metabolik. Terkadang, juga menjadi tanda diabetes tipe 2 yg kurang terkontrol, rendahnya hormon tiroid, penyakit hati atau ginjal, & syarat genetik langka yg mensugesti cara tubuh membarui lemak menjadi tenaga. Namun, muncul juga penyebab berdasarkan luar, misalnya imbas samping minum obat misalnya beta blocker (umumnya dikonsumsi buat meredakan tanda-tanda kecemasan), pil KB, diuretik & steroid.

Bagaimana cara menurunkan trigliserida?

Enda perlu ketahui dulu penyebab trigliserida semakin tinggi. Mengubah gaya hayati juga menjadi kunci utamanya, ini dia yg bisa Enda lakukan:

Menurunkan berat badan. Obesitas dikaitkan bareng meningkatnya trigliserida. Aika Enda merasa kelebihan berat badan, nir muncul salahnya berusaha menurunkan berat badan.
Hindari kalori hiperbola. Enda perlu mengingat bahwa asupan kalori yg nir terpakai akan diubah menjadi trigliserida & disimpan menjadi lemak.
Hindari kuliner tinggi gula. Karbohidrat, misalnya gula & kuliner berdasarkan tepung bisa menaikkan trigliserida.
Pilihlah lemak yg sehat. Lemak jenuh simpel ditemukan dalam daging, sedangkan lemak tidak jenuh tunggal ditemukan dalam tumbuhan, misalnya zaitun, kacang & minyak canola. Enda bisa mengganti lemak sehat bareng ikan yg kaya omega-3 asam lemak.
Beri batasan jumlah alkohol yg Enda minum. Alkohol tinggi kalori & gula, & memiliki impak yg bertenaga terhadap trigliserida, bahkan walaupun hanya sedikit saja Enda meminumnya.

Apa saja pengobatan buat menurunkan kadar trigliserida?

Aika gaya hayati sehat juga nir berpengaruh dalam penurunan trigliserida, dokter Enda mungkin akan merekomendasikan beberapa cara ini dia:

Statin
Minyak ikan
Fibrat
Niacin

BACA JUGA:

Kolesterol Tinggi Dapat Meningkatkan Risiko Stroke
4 Makanan Wajib buat Mengontrol Kolesterol Dalam Darah
7 Hal yg Paling Sering Ditanyakan Tentang Kolesterol
loading...

0 komentar untuk Trigliserida Tinggi, Tak Kalah Berbahaya dari Kolesterol