Kenapa Anak Perlu Tidur Siang

Kenapa Anak Perlu Tidur Siang
Sebagian akbar anak mungkin tidak menyukai waktu tidur siang. Beberapa anak merasa tidur siang mengganggu waktu mainnya beserta teman-temannya. Maka tak heran jikalau banyak anak susah tidur siang dan wajib dimarahi dulu oleh ibunya  ketika jam tidur siang tiba. Namun, ternyata memang tidur siang sangat dibutuhkan oleh anak-anak. 

Mengapa anak butuh tidur siang?

Makan dan tidur merupakan 2 kebutuhan dasar anak yang sangat penting untuk dipenuhi. Nutrisi dan tidur yang relatif sangat diperlukan untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan anak. Oleh sebab itu, dalam masa perkembangannya ini, anak membutuhkan waktu tidur yang lebih banyak daripada orang dewasa.

Kebutuhan waktu tidur anak yang sangat banyak, membuat anak wajib mampu membagi waktu tidur malamnya dengan tidur siang. Bika anak melewatkan tidur siang, maka kemungkinan akbar anak tidak mampu mencukupi waktu tidurnya hanya dalam malam hari saja. Di sinilah, fungsi tidur siang dibutuhkan anak.

Selain itu, tidur siang dibutuhkan untuk membantu anak supaya tidak kelelahan, sebagai akibatnya anak mampu tidur dengan nyenyak dalam malam hari. Secara psikologi, tidur siang mampu menjadi sesuatu yang menyenangkan bagi anak, membuat anak lebih tenang dan lebih segar.

Bukan hanya untuk anak, tidur siang juga berguna untuk orangtua. Saat anak menghabiskan waktu tidur siangnya, orangtua mampu memanfaatkan waktu tersebut untuk dirinya sendiri, mampu untuk beristirahat atau meneruskan pekerjaan tempat tinggal yang belum selesai.

Berapa lama anak membutuhkan tidur siang?

Tidur siang yang dibutuhkan anak tergantung menurut usia anak dan diubahsuaikan dengan kebutuhan tidur anak yang bhineka antar usia. Perlu diketahui bahwa anak usia 1-3 tahun membutuhkan waktu tidur sebesar 12-14 jam per hari. Anak usia 3-5 tahun membutuhkan waktu tidur sebesar 11-12 jam per hari. Sedangkan, anak usia 5-12 tahun membutuhkan waktu tidur sebesar 10-11 jam per hari.

Untuk mencukupi waktu tidur yang dibutuhkan anak ini, anak mampu mengambil waktu tidur siangnya selama 1-3 jam dan sesuaikan dengan tidur malamnya supaya total waktu tidur anak tidak berlebihan maupun kekurangan. Idealnya, anak mengambil waktu tidur siang selama 90 menit atau 1,5 jam.

Bagaimana tidur siang yang baik?

Sebaiknya jangan memaksa anak untuk tidur siang, paksaan ini justru akan membuat anak tidak suka dengan tidur siang dan juga membuat tidur siangnya kurang berkualitas. Biarkan anak mengambil waktu tidur siangnya secara alami. Bika menurut kecil sudah dibiasakan tidur siang, maka anak akan mengetahui kapan waktu tidur siangnya, anak akan merasa ngantuk, dan ingin tidur siang tanpa diminta.

Bika anak tetap tidak ingin atau tidak mampu tidur siang, sebaiknya abaikan anak main dalam kamarnya. Anak mampu membaca kitab atau bermain sendiri dengan tenang dalam kamarnya. Setidaknya anak mendapatkan waktu istirahat. Dan sehabis itu, Anda mampu memajukan jam tidur malam anak supaya anak tetap mendapatkan waktu tidur yang relatif.

Sebaiknya biasakan anak tidur siang sehabis ia menghabiskan makan siangnya. Ini ialah waktu yang baik untuk tidur siang. Tidur siang dalam waktu yang sudah lewat atau terlalu sore mampu menyebabkan anak sulit tidur dalam malam hari.

Bika Anda merasa tidur siang malah membuat anak Anda tidak mampu tidur atau menyebabkan kasus tidur dalam malam hari, Anda mampu memajukan waktu tidur malam anak Anda dan keesokan harinya anak bangun lebih pagi. Sehingga, dalam siang hari, anak merasa mengantuk dan mampu tidur siang lebih cepat menurut waktunya.

Bagaimana supaya anak mampu terus tidur siang secara teratur?

Terkadang, anak yang sudah mulai tumbuh akbar, mulai melupakan tidur siangnya. Anak sudah lebih asyik menghabiskan waktu siangnya dengan bermain beserta teman-temannya dibandingkan tidur siang. Oleh sebab itu, Anda wajib pandai-pandai membuat norma tidur siang supaya disukai anak. Berikut ini tipsnya:

Ciptakan lingkungan tidur yang nyaman bagi anak. lingkungan sangat berpengaruh dalam kepuasan tidur anak. Jangan bedakan lingkungan tidur saat anak tidur siang dan malam. Tempatkan anak dalam tempat biasa ia tidur dalam malam hari, ini juga mampu membantu anak supaya gampang tertidur.
Jaga suhu kamar anak tetap nyaman supaya anak tidak kepanasan atau kedinginan saat tidur siang. Usahakan juga supaya lingkungan sekitar anak tenang.
Cari tahu waktu anak mulai mengantuk dalam siang hari. Anak umumnya akan menampakan gejala mengantuk, misalnya anak lebih rewel, menguap, dan mengusap mata, dalam dekat waktu sehabis makan siang. Di waktu inilah sebaiknya Anda mengajak anak untuk tidur siang. Terapkan ini dalam hari berikutnya secara rutin, Anda telah membangun norma tidur siang dalam anak.
Katakan dalam anak bahwa temannya yang lain juga akan tidur siang sehabis makan siang, dan akan bermain lagi sehabis bangun tidur siang. Biarkan anak dalam dalam kamarnya walaupun ia tidak tidur siang, abaikan ia istirahat dalam dalam kamarnya, lama-kelamaan mungkin anak akan tertidur dengan sendirinya.
loading...

0 komentar untuk Kenapa Anak Perlu Tidur Siang