Dampak Bulimia Terhadap Ibu Hamil dan Bayi

Dampak Bulimia Terhadap Ibu Hamil dan Bayi
Masa kehamilan adalah masa seseorang bunda menyiapkan nutrisi buat anak dalam kandungannya & nutrisi buat dirinya ketika menjalani kehamilan & pasca melahirkan. Kecukupan nutrisi adalah hal paling krusial buat keselamatan & kesehatan bunda & bayi. Gangguan makan atau bulimia bisa menurunkan asupan bunda hamil menjadi akibatnya mengurangi persediaan nutrisi ketika hamil.

Sama mirip bulimia dalam umumnya, bulimia dalam bunda hamil juga bisa ditimbulkan kekhawatiran akan kenaikan berat badan, meskipun kenaikan berat badan ketika hamil adalah hal yg lumrah. Kondisi bulimia dalam perempuan sebelum kehamilan menaikkan risiko berhentinya daur menstruasi bahkan menghilangkan peluang buat memiliki anak, akan tetapi ketika hamil imbas nir baik terhadap kesehatan bisa menjadi lebih akbar, baik terhadap bunda juga bayi.

Apa itu bulimia?

Apa itu bulimia?

Bulimia adalah gangguan pola makan. Penderita bulimia tidak sporadis nir bisa berhenti makan & selalu melahap sejumlah akbar makanan dalam jangka waktu pendek tanpa bisa dikontrol. Lalu, mereka akan membangun diri mereka muntah, berpuasa, & berolahraga sangat keras akan tetapi nir teratur buat menurunkan berat badan, menjadi akibatnya pasien bareng bulimia umumnya nir mengalami kelebihan berat badan.

Dampak bulimia dalam bunda hamil ketika kehamilan

Di masa kehamilan, tubuh akan berupaya menyimpan nutrisi cadangan yg lebih poly buat menjaga kesehatan kandungan. Kondisi bulimia ketika hamil menyebabkan gangguan kesehatan yg mengancam proses kehamilan.

1. Diabetes ketika hamil

Dorongan buat memakan makanan dalam jumlah yg poly sang penderita bulimia berisiko menaikkan peningkatan kadar glukosa dalam darah menjadi akibatnya menyebabkan diabetes ketika kehamilan. Meskipun makanan dimuntahkan pulang, nir menutup kemungkinan permanen terjadi peningkatan glukosa dalam darah, sedangkan tubuh nir bisa menghasilkan insulin yg nisbi.

2. Mengalami keguguran

Perempuan bareng bulimia aktif akan mengalami peningkatan risiko mengalami keguguran yg akan terjadi adanya kendala perkembangan bayi dalam kandungan, ditimbulkan berkurangnya asal makanan bayi dari plasenta. Salah satu yg menaikkan risiko keguguran adalah mengalami diabetes ketika kehamilan.

3. Melahirkan bayi prematur

Di samping nir bisa mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh buat dirinya sendiri, syarat bulimia dalam bunda hamil menaikkan risiko lahir prematur sebanyak 3 kali lipat.

Dampak bulimia dalam bunda hamil pasca kehamilan

Setelah melahirkan, implikasi bulimia yg masih bisa dialami sang bunda bayi adalah gangguan psikologis & kesulitan buat menyampaikan ASI.

1. Depresi postpartum

Dapat terjadi sesaat sehabis melahirkan atau, hingga, satu tahun pasca melahirkan. Bulimia yg intinya bisa menyebabkan gangguan mood akan mensugesti korelasi bunda bareng bayi. Ibu bareng depresi postpartum akan merasa praktis lelah, praktis tersinggung,mengalami perubahan waktu tidur & pola makan, dan menarik diri dari lingkungan.

2. Gejala baby blues

Kondisi ini juga adalah gangguan mood yg umumnya terjadi sehabis empat hingga 5 hari pasca melahirkan. Gejala ini ditandai bareng perasaan negatif yg umumnya menyebabkan bunda bayi menangis tanpa alasan yg kentara. Selain itu juga disertai bareng perubahan perasaan yg ekstrem atau dikenal bareng mood swings.

3. Psikotik

Merupakan bentuk yg paling berfokus dari depresi yg menyebabkan individu berhalusinasi. Akibatnya terdapat konduite nir lumrah, pemikiran buat bunuh diri, hingga menyakiti anaknya sendiri.

4. Tidak menyampaikan ASI

Salah satu kasus yg dialami penderita bulimia pasca melahirkan adalah merasa khawatir ketika menyampaikan ASI & nir bisa menyampaikan ASI hingga enam bulan. Berdasarkan output penelitian, bunda bareng gangguan makan berisiko 2 kali lipat nir bisa menyampaikan ASI hingga bayi berusia enam bulan.

Dampak bulimia terhadap bayi   

Berikut adalah gangguan perkembangan dalam bayi jikalau bunda hamil mengalami bulimia secara aktif:

1. Lahir stigma

Periode kehamilan adalah periode yg menentukan kualitas kesehatan bayi ketika dilahirkan. Gangguan pola makan akan menyebabkan terbatasnya nutrisi dalam bunda hamil, akibatnya bayi dalam kandungan nir memperoleh nutrisi yg nisbi menjadi akibatnya mengalami kasus perkembangan. Bentuk kecacatan yg terjadi bisa berupa kebutaan atau keterbelakangan mental yg akan terjadi terganggunya perkembangan otak janin.

2. Bayi berat lahir rendah (BBLR)

Hal ini ditimbulkan andai istilah bunda memiliki indeks masa tubuh yg terlalu rendah. Kurangnya asupan ketika hamil akan mengurangi jumlah nutrisi bayi & bisa mengganggu perkembangan bayi dalam kandungan. Bayi bareng BBLR juga memiliki risiko kasus kesehatan.

Bulimia adalah gangguan makan yg menyebabkan seseorang membatasi hingga mengurangi asupan secara ekstrem. Bulimia dalam syarat hamil nir hanya mengurangi asupan nutrisi bunda hamil akan tetapi juga nutrisi janin. Efek bulimia dalam bunda hamil nir hanya dialami ketika proses kehamilan akan tetapi juga pasca kehamilan, akan tetapi konsekuensi  lebih akbar dialami sang bayi.

BACA JUGA:

Yang Perlu Knda Ketahui Tentang Anoreksia
Cara Hamil Saat Berat Badan Kurang
Cara Ampuh Mengatasi Mual & Muntah (Morning Sickness) Saat Hamil
loading...

0 komentar untuk Dampak Bulimia Terhadap Ibu Hamil dan Bayi