Berapa Berat dan Tinggi Badan Ideal Anak Usia 6-12 Tahun

Berapa Berat dan Tinggi Badan Ideal Anak Usia 6-12 Tahun
Selepas balita, pertumbuhan anak masih terus berjalan sampai dewasa. Usia 6-12 tahun merupakan usia anak sekolah, di mana waktu anak akan banyak dihabiskan di sekolah dibandingkan di rumah. Namun, ini bukan menjadi alasan untuk tidak mengawasi status gizi anak. Anak wajib tetap diberikan nutrisi yang baik untuk mendukung pertumbuhan berat & tinggi badan anak. Lalu, apakah berat & tinggi badan anak Anda sudah normal? Berapa berat & tinggi ideal anak? 

Berat & tinggi anak berbeda-beda

Pertumbuhan tiap anak tentu berbeda-beda. Ada anak yang mungkin memiliki pertumbuhan cepat & timbul maupun yang lebih lambat. Umumnya, pertumbuhan anak usia 6-12 tahun berjalan stabil, tidak secepat pada masa bayi & masa remaja. Sehingga, pertambahan berat & tinggi badan anak pada saat ini berjalan perlahan. Rata-rata, berat badan anak akan bertambah sebesar 3-3,5 kilogram (kg) per tahun & tinggi badan anak bertambah sekitar 6 sentimeter (cm) per tahun pada usia ini.

Banyak faktor yang memengaruhi pertumbuhan anak, sehingga pertumbuhan anak pasti berbeda-beda. Beberapa faktor yang memengaruhinya yaitu faktor nutrisi (kebiasaan makan), penyakit, hormon, & faktor keturunan dari orangtuanya.

Tak ketinggalan, faktor di masa kemudian misalnya nutrisi yang diberikan saat bayi, berat lahir, & panjang lahir maupun memengaruhi status gizi anak saat ini, terutama tinggi badannya. Ini sebab tinggi badan diperoleh dari akumulasi dari tahun-tahun sebelumnya. Sedangkan, berat badan lebih bersifat bergerak maju atau bisa berubah-ubah dalam jangka waktu yang singkat.

Berapa berat & tinggi ideal anak?

Perlu diketahui, berat & tinggi ideal antara anak laki-laki & perempuan berbeda. Menurut CDC (setara dengan Ditjen Pencegahan & Pengendalian Penyakit di Amerika Serikat), berat & tinggi ideal anak laki-laki & perempuan usia 6-12 tahun adalah sebagai berikut.

Namun, jangan khawatir seandainya anak Anda tidak memiliki berat & tinggi misalnya di atas. Belum tentu status gizi anak Anda bermasalah. Anak dengan tubuh mungil belum tentu tidak normal. Begitu maupun sebaliknya, anak dengan tubuh sangat akbar belum tentu normal. Lalu bagaimana cara mengetahui status gizi anak normal atau tidak?

Anda bisa mengetahui apakah status gizi anak normal atau tidak dengan cara menghitung Indeks Massa Tubuh (IMT atau dalam bahasa Inggris disingkat BMI) anak terlebih dahulu. Hitung dengan rumus di bawah ini:

Setelah menghitung IMT, Anda bisa mengetahui status gizi anak Anda normal atau tidak didasarkan  tabel di bawah ini. Jika nilai IMT masih dalam rentang nilai misalnya di kolom, artinya anak memiliki status gizi normal. Jika IMT anak melebihi nilai di bawah ini, artinya anak kelebihan berat badan & seandainya kurang artinya anak memiliki tubuh kurus.

Penuhi nutrisi anak demi mendukung pertumbuhannya

Pada usia 6-12 tahun, anak (terutama anak perempuan) akan memasuki masa pubertas. Sehingga, banyak nutrisi yang wajib dipenuhi sebagai persiapan menjelang masa pubertasnya. Pada masa pubertas, pertumbuhan anak akan berjalan lebih cepat. Bisa dibilang, masa pubertas merupakan kesempatan kedua anak (setelah masa bayi) untuk memperbaiki status gizinya, termasuk tinggi badannya.

Untuk itu, pastikan anak mendapatkan berbagai macam masakan yang bergizi. Misalnya daging, ikan, telur, susu, tahu, tempe, sayuran, & buah-buahan. Jangan hanya melihat porsi masakan yang dimakan anak, tapi maupun lihat apa saja jenis & variasi makanannya.

Apakah masakan yang dimakan anak sudah sehat & sudah mencukupi kebutuhan nutrisinya? Porsi makan yang banyak hanya akan mendorong anak menjadi gemuk, tapi melihat nilai gizi yang terkandung dalam masakan anak bisa membantu mendorong pertumbuhannya. Pastikan anak mengonsumsi masakan yang mengandung karbohidrat, protein, & lemak, serta sayur & buah di setiap waktu makannya.

Anda maupun sebaiknya rutin mengukur & memastikan berat & tinggi ideal anak dalam masa pertumbuhannya. Bila Anda mencurigai adanya masalah dalam pertumbuhan anak, segera konsultasikan dengan dokter anak.
loading...

0 komentar untuk Berapa Berat dan Tinggi Badan Ideal Anak Usia 6-12 Tahun