Berapa Banyak Telur yang Boleh Dikonsumsi Anak Dalam Sehari

Berapa Banyak Telur yang Boleh Dikonsumsi Anak Dalam Sehari
Entah itu digoreng, direbus, atau diolah ke dalam masakan lain, telur merupakan salah satu menu makan favorit anak. Protein tinggi dalam telur maupun bermanfaat untuk mendukung tumbuh kembang anak. Yang jadi pertanyaan, bukannya telur tinggi kolesterol? Lantas, seberapa banyak batas makan telur untuk anak dalam satu hari? Yuk, simak ulasan ini dia.

Informasi nilai gizi telur & kegunaannya

Telur ayam merupakan salah satu sumber protein hewani yang lengkap gizi. Protein, vitamin, mineral, sampai omega 3 semuanya terdapat pada dalam telur.

Sebutir telur mengandung sampai 13 jenis mineral, mulai dari kalsium, magnesium, zat besi, kalium, natrium, & selenium. Sementara itu, kuning telur mengandung lebih banyak vitamin dibandingkan putih telur. Setiap kuning telur mengandung tujuh vitamin, yaitu vitamin B, B-12, B6, folat, A, D, E, & K.

Telur maupun mengandung salah satu zat gizi bernama kolin yang sangat penting bagi tubuh, yang sayangnya tidak diproduksi sendiri sang tubuh. Kolin membantu menjaga kesehatan jantung & fungsi otak. Tanpa zat gizi tersebut, Knda maupun dapat kekurangan nutrisi penting lain, seperti asam folat.

Karotenoid dalam kuning telur, terutama karotenoid lutein & zeaxanthin, bertanggung jawab untuk meningkatkan kesehatan mata.

Menurut Live Strong, Dr. Richard E. Allen menjelaskan dalam terbitan November American Family Physician bahwa balita harus mendapatkan 30% kebutuhan kalori harian mereka melalui lemak (Knda dapat maupun cek kebutuhan kalori harian pada bit.ly/kalkulatorBMR). Satu butir telur mengandung 5,5 gram protein, 5 gram lemak, & 68 total kalori. Oleh karenanya, banyak pakar kesehatan anak yang menyarankan keluarga supaya sebisa mungkin rutin menyajikan beragam masakan telur untuk anak berusia 18 bulan sampai 4 tahun.

Apakah telur akan meningkatkan kolesterol pada anak?

Memang benar telur mengandung kolesterol. Satu butir telur mengandung kadar kolesterol yang sudah relatif untuk memenuhi kebutuhan harian orang dewasa. Satu buah kuning telur dapat mengandung sampai 186 mg kolesterol, ad interim batas konsumsi kolesterol harian yang dianjurkan merupakan 300 mg.

Namun perlu diingat maupun bahwa tidak semua kolesterol itu jahat. Selain kolesterol jahat LDL, telur maupun mengandung kolesterol baik HDL untuk menyeimbanginya. Oleh karenanya, Knda tidak perlu terlalu khawatir menggunakan kandungan kolesterol pada satu butir telur untuk anak.

Tubuh manusia pun maupun memproduksi kolesterol secara alami sang hati. Maka apabila Knda tidak mendapatkan asupan kolesterol yang relatif, tubuh Knda justru akan meningkatkan produksi kolesterol secara otomatis. Dengan mengonsumsi telur utuh, kadar kolesterol dalam tubuh akan jadi lebih seimbang.

Singkatnya, kolesterol dalam telur untuk anak tidak perkara. Asalkan total asupan kolesterol harian mereka dari masakan lain tetap pada bawah batas 300 mg per hari.

Jadi, berapa banyak porsi telur untuk anak dalam satu hari yang dapat dibilang sehat?

Satu butir telur mengandung sekitar 185 mg kolesterol. Asupan kolesterol harian anak yang sehat harus pada bawah 300 mg sehari. Selama menu makan harian anak tidak melebihi jumlah asupan kolesterol ini, satu telur untuk anak setiap hari seharusnya tidak sebagai perkara. Dua butir telur dalam satu hari sudah sanggup memenuhi kebutuhan kolesterol dalam satu hari.

Namun, muncul beberapa hal yang perlu lebih diperhatikan sang orangtua. Perhatikan maupun pola & porsi makan anak secara holistik setiap harinya. Anak-anak berusia antara 2-3 tahun umumnya membutuhkan 1000-1400 kalori setiap hari. Jangan melebihi batas ini alasannya asupan kalori berlebihan dalam jangka panjang dapat berujung obesitas pada anak.

Cara mengolah telur untuk anak maupun sebaiknya jangan terlalu seringkali digoreng, baik menggunakan mentega atau menggunakan minyak. Teknik pengolahan telur yang paling sehat untuk anak merupakan direbus.

Perhatikan pula jumlah telur yang diolah sebagai masakan lain. Kue & biskuit, misalnya. Seloyang kudapan manis pada umumnya terbuat dari 4 butir telur. Ketika dipotong sebagai 8 bagian, maka 2 potong kudapan manis sama menggunakan 1 butir telur.
loading...

0 komentar untuk Berapa Banyak Telur yang Boleh Dikonsumsi Anak Dalam Sehari