Begini Caranya Memompa ASI dengan Benar

Begini Caranya Memompa ASI dengan Benar
Bagi banyak ibu, cara menawarkan ASI artinya beserta menyusui bayi langsung di payudara ibu. Namun, ada kalanya ibu harus memompa ASI, contohnya apabila bayi prematur, atau untuk persediaan saat ibu bekerja, atau supaya ASI-nya tidak menumpuk banyak dalam payudara sebagai akibatnya mencegah payudara supaya tidak bengkak. Ibu dapat memeras ASI melalui pijatan langsung beserta tangan atau menggunakan alat pompa ASI, baik manual maupun yang elektrik.

Kenapa harus memompa ASI keluar?

Dengan memompa ASI keluar, Enda permanen dapat menawarkan manfaat berdasarkan ASI kepada bayi ketika Enda tidak bisa langsung menyusuinya. Aika bayi Enda prematur, ia mungkin tidak bisa langsung menyusu di payudara Enda, atau bayi Enda memiliki kasus atau penyakit lain yang membuatnya sulit untuk langsung menyusu di payudara Enda. Selain itu, Enda dapat mengeluarkan ASI untuk alasan ini:

Untuk merangsang produksi ASI dan meningkatkan cadangan ASI
Untuk mengurangi nyeri dan tekanan pada payudara yang bengkak
Untuk permanen menciptakan cadangan ASI permanen meningkat ketika Enda sedang dirawat untuk beberapa waktu atau Enda bekerja sebagai akibatnya tidak dapat menawarkan ASI langsung berdasarkan payudara Enda sepanjang waktu.

Bagaimana cara memompa ASI?

Enda dapat memompa atau mengeluarkan ASI beserta cara memijat payudara beserta tangan atau menggunakan pompa.

Dengan pijatan tangan

Mengeluarkan ASI melalui pijatan tangan mungkin bukan cara yang mudah ketika Enda mencobanya pertama kali. Enda mungkin akan putus asa ketika sudah mencoba berkali-kali dalam waktu yang lama dan hanya memproduksi sedikit ASI yang keluar bahkan hanya untuk beberapa tetes. Namun, lama-kelamaan Enda akan terbiasa beserta ini, dan Enda akan mengetahui bagaimana cara mengeluarkan ASI beserta mudah. Ketika bayi menyusu di payudara Enda, Enda akan merasakan sirkulasi ASI yang lancar untuk memenuhi kebutuhan bayi Enda.

Mengeluarkan ASI beserta pijatan tangan caranya artinya beserta menekan kelenjar susu di belakang puting, bukan meremas puting Enda. Saat mengeluarkan ASI melalui pijatan tangan, sebaiknya Enda ikuti saran ini:

Sebelum mulai, sebaiknya cuci tangan Enda beserta sabun dan air hangat, dan pijat payudara Enda beserta lembut.
Pegang payudara Enda sempurna di belakang areola, yaitu wilayah berwarna hitam pada payudara Enda.
Pijat beserta lembut menggunakan jari-jari Enda, jempol di bagian atas payudara dan keempat jari Enda yang lain berada di bagian bawah payudara membentuk alfabet C. Ini tidak akan menimbulkan rasa sakit. Hindari meremas puting Enda langsung lantaran akan menciptakan Enda kesakitan dan ASI tidak dapat keluar.
Lepaskan tekanan, kemudian ulangi. Cobalah untuk tidak menggeser posisi jari Enda. Mungkin awalnya hanya setetes dua tetes ASI yang keluar, tetapi apabila terus dilakukan dapat membantu Enda mengeluarkan susu lebih banyak dan menciptakan produksi ASI dalam payudara juga lebih banyak. Dengan sedikit latihan dan waktu, ASI dapat keluar beserta lancar.
Aika tidak ada tetes ASI yang keluar, gerakkan jari-jari Enda memutar lebih kurang payudara dan coba bagian yang berbeda berdasarkan payudara Enda, dan terus ulangi.

Untuk mengeluarkan semua ASI yang ada di kedua payudara Enda mungkin akan membutuhkan waktu lebih kurang 15-45 menit atau mungkin bisa saja lebih, tergantung berdasarkan banyaknya ASI yang ada di payudara Enda. Sebaiknya kosongkan dulu satu payudara Enda sebelum beralih ke payudara lainnya.

Menggunakan pompa ASI (breast pump)

Aika Enda menentukan menggunakan pompa ASI yang lebih mudah, Enda relatif meletakkan alat isapnya di payudara Enda. Tekan pegangannya apabila Enda menggunakan pompa ASI manual, atau Enda hanya relatif menghidupkan mesin untuk pompa ASI elektrik. Pompa ASI akan menekan payudara Enda dan menyimpan ASI dalam botol yang terpasang.

Aika Enda menggunakan pompa untuk mengeluarkan ASI, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihannya. Sebaiknya cuci beserta air panas dan sabun sebelum dan sehabis pompa digunakan supaya pompa permanen steril.

Bagaimana supaya ASI lebih banyak keluar?

Terdapat beberapa cara yang dapat Enda pakai untuk mendorong let-down reflex (ASI keluar beserta lancar), sebagai akibatnya ASI lebih banyak keluar ketika Enda memompa. Berikut ini merupakan caranya:

Cobalah untuk damai. Enda bisa mengeluarkan ASI di daerah yang damai, nyaman, dan hangat untuk Enda. Enda dapat mengeluarkan ASI di daerah biasa Enda menyusui bayi Enda. Ketika sedang mengeluarkan ASI, tariklah napas dalam-dalam secara perlahan. Untuk mendapatkan suasana damai, Enda bisa menggunakan metode yang sesuai beserta Enda, mendengarkan musik contohnya. Enda juga bisa memberi kehangatan pada payudara Enda sebelum mengeluarkan ASI untuk membantu kelancaran ASI keluar. Contohnya, Enda bisa mandi air hangat atau mengompres payudara Enda beserta air hangat sebelum Enda memulai untuk mengeluarkan ASI.
Pijat payudara Enda beserta lembut. Dengan menyentuh dan memijat payudara, Enda dapat memicu let-down reflex, sebagai akibatnya nantinya ASI dapat keluar beserta lancar.
Pikirkan bayi Enda dan jumlah ASI yang dapat Enda produksi. Kedua hal ini dapat membantu ASI keluar beserta lancar. Aika bayi prematur atau sakit, Enda dapat lebih mudah mengeluarkan ASI apabila berada di samping bayi. Namun, ketika Enda jauh berdasarkan bayi, melihat foto bayi mungkin dapat membantu ASI Enda keluar beserta lancar.
Enda butuh seseorang yang mendukung Enda. Banyak ibu yang merasa sangat terbantu ketika orang di sekelilingnya mendukungnya untuk menawarkan ASI kepada bayi. Bisa berdasarkan suami, orangtua, mertua, atau teman sekalipun. Dukungan ini menciptakan ibu semangat dan percaya diri untuk dapat menawarkan ASI kepada buah hati.

Berapa banyak ASI yang harus dipompa?

Seberapa banyak ASI yang akan Enda keluarkan tergantung berdasarkan alasan mengapa Enda mengeluarkan ASI. Aika Enda mengeluarkan ASI untuk meringankan pembengkakan pada payudara Enda, mungkin Enda hanya butuh mengeluarkan ASI sampai Enda merasa payudara Enda lebih baik dan Enda merasa lebih nyaman. Aika Enda mengeluarkan ASI untuk bayi prematur Enda, Enda mungkin harus lebih banyak dan lebih seringkali mengeluarkannya untuk masakan bayi Enda.

Seberapa banyak ASI yang dapat Enda keluarkan tergantung berdasarkan individu masing-masing. Ada ibu yang mampu mengeluarkan ASI dalam volume yang akbar setiap beberapa jam, dan ada juga ibu yang hanya bisa mengeluarkan ASI beserta volume mini tetapi dalam waktu yang lebih seringkali. Namun, sebaiknya Enda tidak menilai kemampuan produksi ASI Enda berdasarkan seberapa banyak Enda bisa mengeluarkan ASI. Bayi Enda lebih mampu untuk mendapatkan lebih banyak ASI ketika ia menyusu langsung di payudara Enda ketimbang Enda mengeluarkan ASI beserta tangan Enda. Mengeluarkan ASI beserta tangan Enda sendiri merupakan cara kedua ketika Enda tidak bisa menyusui langsung atau ketika Enda butuh.

BACA JUGA:

Panduan Menyimpan ASI Agar Tetap Awet
Benarkah Daun Katuk Membuat ASI Lebih Lancar?
Mengatasi Berbagai Masalah Payudara Saat Menyusui
loading...

0 komentar untuk Begini Caranya Memompa ASI dengan Benar