Begini Cara Aman Menyajikan Susu Formula untuk Bayi

Begini Cara Aman Menyajikan Susu Formula untuk Bayi
Susu formula mungkin sangat dibutuhkan bagi bayi yang tidak mampu mendapatkan ASI pribadi. Namun, sebenarnya penggunaan susu formula lebih berisiko daripada ASI dari sisi kebersihannya. Penyajian susu formula yang tidak dilakukan dengan baik mampu menyebabkan masalah kesehatan pada bayi, seperti diare. Oleh karena itu, penting bagi Knda untuk menyajikan susu formula dengan cara aman & bersih.

BACA JUGA: Aturan Memberi Susu Formula Pada Bayi yang Baru Lahir

Bersihkan botol susu bayi dengan baik

Hal pertama yang harus Knda perhatikan supaya penyajian susu formula bayi Knda aman merupakan selalu jaga kebersihan botol susu bayi Knda. Hal ini penting karena bakteri mampu saja bersarang pada botol susu bayi Knda yang kurang bersih, terlebih lagi bentuk botol susu umumnya membuat Knda kesulitan dalam membersihkannya.

Berikut ini merupakan tips dalam membersihkan botol susu bayi Knda.

Bersihkan botol susu bayi dengan air hangat & sabun cuci piring. Gunakan sikat khusus botol supaya Knda mampu menjangkau seluruh bagian botol dengan mudah. Lihat juga kebersihan sikat khusus botol yang Knda gunakan, bersihkan sikat tersebut terlebih dahulu sebelum Knda membersihkan botol. Pastikan semua bagian botol sudah Knda bersihkan. Kemudian, bilas dengan air bersih.
Tidak relatif dengan dibersihkan, Knda juga harus mensterilkan botol susu. Bagaimana caranya? Knda mampu merebus botol susu yang telah dipisahkan bagiannya (botol, dot, & tutup botol) pada dalam panci berisi air. Pastikan semua bagian botol terendam air. Namun, sebaiknya jangan merebus botol hingga air mendidih karena mampu melepaskan bahan kimia dalam botol. Atau, Knda juga mampu menempatkan botol pada dalam air panas selama 5 menit untuk mensterilkannya dari kuman & bakteri.
Juga, sebaiknya jangan menghangatkan botol pada dalam microwave. Botol dengan bahan plastik tertentu, seperti botol dari polikarbonat atau botol nomor 7 atau PC, mampu melepaskan bahan kimia bisphenol A (BPA) yang berbahaya.
Biarkan botol kering sendiri dengan udara atau Knda mampu menggunakan tisu jikalau Knda ingin segera memakainya. Jangan mengelap botol susu dengan kain lap karena mampu jadi terdapat bakteri dalam kain lap.

BACA JUGA: Tips Memilih Botol Susu & Dot yang Baik untuk Bayi

Menyajikan susu formula bayi dengan aman

Tidak asal-asalan saat Knda menyajikan susu formula untuk bayi Knda. Susu formula harus didesain dengan baik supaya aman diminum oleh bayi, terlebih jikalau bayi Knda masih berusia pada bawah 2 bulan. Berikut ini merupakan tahap-tahap dalam menyajikan susu formula.

Bersihkan tempat yang Knda gunakan untuk menyajikan susu formula. Jangan lupa juga untuk membersihkan tangan Knda dengan air & sabun sebelum menyajikan.
Siapkan botol susu yang sudah dibersihkan & disterilkan.
Rebus air yang akan dipergunakan untuk menyeduh susu formula serbuk. Gunakan air hangat (tidak lebih & tidak kurang dari 70 C) untuk menyeduh susu serbuk. Hal ini bertujuan untuk membunuh bakteri Enterobacter sakazakii yang mungkin terkandung dalam susu formula serbuk. Penyakit infeksi yang ditimbulkan oleh bakteri ini sangat jarang terjadi, tetapi mampu terjadi dalam bentuk yang sangat berfokus. Selain diseduh dengan air hangat, susu formula harus segera diminum atau disimpan dalam kulkas (refrigerator) untuk mencegah pertumbuhan bakteri E. sakazakii.
Siapkan susu formula yang akan dipergunakan. Lihatlah tanggal kedaluwarsa pada bks susu tersebut untuk memastikan susu formula belum kedaluwarsan & masih aman dipergunakan. Baca juga petunjuk penyajian yang tertera dalam bks. Berapa sendok susu serbuk yang harus Knda larutkan ke dalam sebotol air. (Setelah itu, simpan susu formula serbuk dalam wadah tertutup & taruh pada tempat yang sejuk & jauh dari kelembaban (dengan suhu penyimpanan optimal merupakan 13-24 C). Kelembaban mampu membuat susu formula serbuk menggumpal & menurunkan kadar nutrisi yang terkandung pada dalamnya).
Masukkan beberapa sendok takar susu formula ke dalam air hangat pada dalam botol (didasarkan  petunjuk penyajian). Setelah itu, aduk rata atau Knda mampu mengocoknya (pada botol yang sudah ditutup) hingga larut sempurna.
Dinginkan botol pada bawah air dingin yang mengalir atau tempatkan botol dalam mangkuk yang berisi air dingin. Setelah itu, keringkan botol dengan lap bersih.
Aika susu tidak lagi panas atau relatif hangat, Knda mampu langsung memberikannya pada bayi Knda. Periksa suhu susu dengan meneteskan sedikit susu pada kulit Knda sebelum memberikannya ke bayi.
Buang sisa susu yang tidak dihabiskan bayi jikalau sudah lebih dari dua jam sejak waktu penyajian.

BACA JUGA: Cara Memilih Susu Formula yang Tepat untuk Anak
loading...

0 komentar untuk Begini Cara Aman Menyajikan Susu Formula untuk Bayi