Bayi Lahir Kembar Tapi Wajahnya Tidak Mirip, Apa Sebabnya

Bayi Lahir Kembar Tapi Wajahnya Tidak Mirip, Apa Sebabnya
Pulang dari investigasi USG sambil membawa sang-sang isu mengejutkan bahwa Enda hamil anak kembar pastilah suka bukan main. Namun, ketika bayi Enda lahir & tumbuh akbar ternyata paras mereka nir mirip sama sekali, bahkan muncul yg tidak sama rona kulit. Padahal, ke 2 bayi lahir kembar. Kok sanggup?

Kemiripan fisik bayi kembar tergantung dari proses pembuahan dalam kandungan

Ada 2 jenis kembar, yaitu kembar dizigot & kembar monozigot.

Kembar dizigot, kembar yg paling acapkali (sebesar 80%), terjadi ketika dalam satu daur bulanan yg sama terjadi pembuahan terhadap 2 sel telur sang 2 sel sperma yg tidak sama. Biasanya dalam 1 daur menstruasi hanya menciptakan 1 butir sel telur, akan tetapi dalam beberapa kesempatan nir menutup kemungkinan dalam 1 daur menstruasi menciptakan 2 telur yg masing-masing dibuahi sang sperma.

Sedangkan kembar monozigot atau kembar identik (20%) terjadi ketika 1 sel telur (ovum) yg dibuahi sang 1 sel sperma menjadi blastokista mengalami pembelahan sehabis terjadinya pembuahan. Oleh karena berasal dari 1 blastokista yg sama, kembar monozigot secara genetik adalah kembar identik.

Faktor apa saja yg memengaruhi mak hamil bayi kembar?

Ada poly faktor yg memengaruhi kehamilan kembar, dalam antaranya adalah:

Ras kulit gelap adalah ras yg paling poly anak kembar, lalu ras kaukasia & yg paling sporadis adalah ras mongol.
Faktor keturunan dari pihak perempuan berperan dalam mempertinggi kemungkinan bayi kembar.
Wanita usia 30-35 tahun memiliki kemungkinan lebih akbar dibandingkan yg lebih belia atau lebih tua.
Kejadian bayi kembar semakin tinggi semenjak kehamilan ke-lima
Penggunaan obat buat mempertinggi kesuburan mempertinggi kesempatan bayi kembar 20-40%

Bagaimana sanggup bayi lahir kembar akan tetapi nir identik & bahkan tidak sama rona kulit?

Seperti yg telah dijelaskan dalam atas, kembar yg nir identik adalah kembar dizigot. Terdapat 2 pasang sel telur & sel sperma yg mengalami pembuahan masing-masing menjadi akibatnya ketika mereka berkembang & bertumbuh akan menjadi 2 bayi yg tidak sama. Sedangkan dalam monozigot yg berasal dari 1 pasang sel telur & sel sperma, terjadi pembelahan atau berduplikasi menjadi 2 pasang menjadi kembar identik.

Kembar dizigot justru membuka kemungkinan bahwa bayi tadi sanggup memiliki rona kulit yg sangat perbedaan nyata bila ke 2 orangtuanya tidak sama ras. Hal tadi lebih dikenal bareng tutur kembar birasial (biracial twins). kembar birasial adalah anak kembar dizigot yg berasal dari orang tua atau pasangan yg tidak sama ras. Menurut BBC Health, pasangan yg tidak sama ras yg sedang hamil kembar, akan memiliki kemungkinan 1:500 buat memiliki bayi kembar tidak sama ras.

Bagaimana bareng bayi kembar siam?

Bayi lahir kembar siam atau conjoined twins atau siamese twins adalah kembar monozigot yg mengalami pembelahan dalam usia lebih dari 2 minggu, dimana bila terjadi dalam usia tadi maka pembelahan menjadi nir paripurna. Blastokista yg membelah sebagian itu akan terus berkembang menjadi bayi kembar siam.

Apakah muncul risiko buat bayi bila hamil anak kembar?

Memiliki bayi kembar memang menyenangkan, akan tetapi tentu muncul maupun sejumlah risiko yg menyertai sang calon bayi. Di antaranya adalah:

Angka kematian janin tinggi dalam kembar monozigot
kelahiran prematur (80%)
disparitas pertumbuhan janin (20%)
kematian galat satu janin
Twin-to-twin transfusion syndrome
loading...

0 komentar untuk Bayi Lahir Kembar Tapi Wajahnya Tidak Mirip, Apa Sebabnya