Bagaimana Penglihatan Bayi di Usia 6-12 Bulan

Bagaimana Penglihatan Bayi di Usia 6-12 Bulan
Seiring interaksi bayi dengan lingkungan meningkat, Anda akan melihat peningkatan dalam kesadaran visualnya. Bayi Anda akan melihat lebih banyak dari sebelumnya, dapat fokus tanpa harus menjulingkan mata, dan membedakan warna lebih banyak.

Bayi Anda menggunakan matanya untuk menentukan objek dan mencari tahu apa objek tersebut dan bagaimana ia berfungsi. Indra penglihatan juga mendukungnya untuk mengetahui yang mana orang asing dan mana orang yang ia kenal.

Tahap perkembangan penglihatan

Saat berusia 6-12 tahun, bayi Anda harus bisa:

Melihat dengan baik dan fokus pada objek yang bergerak
Kemampuan mensinkronisasikan gerakan dengan penglihatan
Mampu melihat mainan yang berada di seberang ruangan, fokus terhadap mainannya, dan dapat merangkak menuju mainannya untuk mengambil dan memainkannya.

Dia mungkin juga dapat:

Memiliki gambar favorit di buku dongeng, dan berkonsentrasi memperhatikan beberapa gambar tertentu
Suka bermain dengan mainan lepas pasang
Menghabiskan waktu untuk melihat benda yang ia suka, atau mencoba mengetahui bagaimana benda tersebut bisa bergerak
Mengenali seseorang yang berada di seberang ruangan

Peran Anda

Pastikan dokter Anda memeriksa mata anak Anda setiap waktu kunjungan. Dokter akan memeriksa struktur dan keselarasan mata anak dan kemampuannya untuk menggerakkan bola matanya dengan benar, dan melihat tanda-tanda dari penyakit bawaan di mata anak. Pastikan dokter anak Anda tahu jikalau Anda atau pasangan Anda memiliki riwayat keluarga dengan masalah mata, terutama yang muncul pada masa kanak-kanak.

Bawa bayi Anda ke tempat yang baru dan menarik. Tunjukkan pemandangan kepadanya dan jelaskan kepadanya apa namanya. Anda akan melihat ketertarikan bayi Anda terhadap dunia sekitarnya.

Bayi pada usia ini menikmati desain yang rumit dan sudah dapat membedakan warna. Cobalah bacakan bayi Anda dari buku akbar dengan banyak warna cerah, bayi Anda pasti akan menyukainya. Rangsanglah penglihatan bayi Anda dengan perjalanan ke dunia luar. Ajak bayi Anda jalan-jalan di sekitar rumah, ke supermarket, atau ke kebun binatang. Ini akan memberikan kesempatan yang sangat bagus untuk bayi Anda melihat banyak hal baru.

Kapan Anda perlu khawatir?

Anda mungkin sudah melaporkan kekhawatiran tentang penglihatan si buah hati pada dokter. Tapi pastikan juga Anda menghubungi dokter jikalau Anda menyadari ada masalah lain yang muncul, termasuk:

Mata yang tidak bergerak bersamaan
Ketidakmampuan bayi untuk melihat atau mengenali benda atau orang yang jauh
Mata merah, berair, mengeluarkan cairan, atau belekan
Sering menyipitkan mata dan sensitif terhadap cahaya
Kelopak mata kendur
Menggaruk dan menggosok mata dengan berlebihan
loading...

0 komentar untuk Bagaimana Penglihatan Bayi di Usia 6-12 Bulan