Bagaimana Menjelaskan Seks Pada Anak Anda

Bagaimana Menjelaskan Seks Pada Anak Anda
Jila anak Anda menanyakan pertanyaan terkait beserta seks, mereka siap menerima jawaban yang jujur. Tidak pernah terlalu dini untuk mulai membicarakan hal ini. Cari tahu bagaimana cara melakukannya.

Anak-anak secara alami penasaran tentang tubuh mereka & orang lain. Dengan menjawab pertanyaan yang ditanyakan mereka kepada Anda, Anda bisa membantu mereka memahami tubuh & perasaan mereka serta perasaan orang lain. Ini merupakan dasar yang baik untuk komunikasi terbuka & jujur terkait seks & hubungan, bertumbuh dewasa & melalui masa pubertas.

Sejauh apa saya harus menjelaskan seks pada anak?

Tergantung beserta anak Anda. Jila mereka puas beserta jawaban Anda & tidak menanyakan pertanyaan lanjutan, Anda mungkin sudah memberi mereka cukup informasi. Jila mereka menanyakan pertanyaan lain, Anda bisa memberi tahu mereka lebih lanjut.

Anda tidak perlu memberi tahu secara rinci. Jawaban singkat & sederhana mungkin cukup. Sebagai contoh, bila anak balita Anda yang berusia tiga tahun menanyakan kenapa dia tidak memiliki penis seperti saudara laki-lakinya, Anda bisa memberitahunya bahwa laki-laki memiliki penis & perempuan memiliki vagina. Ini bisa memuaskan rasa penasarannya. Cobalah cari tahu apa yang anak Anda ingin ketahui. Sebagai contoh, bila mereka bertanya dari mana bayi berasal? cari tahu apa yang sebenarnya ingin mereka tahu. Jangan membuatnya lebih rumit dari yang seharusnya. Anda bisa menjawab beserta berkata bayi tumbuh dalam perut ibu, & ketika mereka siap, mereka akan muncul ke dunia. Jawaban ini sudah cukup.

Jila tidak, pertanyaan selanjutnya dari anak Anda bisa jadi, bagaimana bayi bisa berada di dalam perut? Anda bisa menjawabnya beserta ayah menaruh benih di dalamnya. Atau bila anak Anda mungkin menanyakan, bagaimana cara bayi keluar? Anda bisa menjawab, melalui jalur khusus di dalam tubuh wanita yang disebut vagina.

Apa yang anak perlu ketahui tentang seks?

Mereka perlu tahu bahwa tidak apa untuk membicarakan seks & hubungan, & bahwa Anda tidak keberatan membicarakan hal tersebut. Mereka akan mengetahui ini dari nada bicara & sikap Anda ketika membicarakan seks, sehingga coba untuk bersikap seolah seks merupakan topik normal setiap hari.

Selain seks, anak Anda perlu mengetahui topik utama berikut:

Perubahan yang diharapkan selama pubertas & apa yang akan terjadi pada tubuh perempuan & laki-laki
Bagaimana proses bayi tercipta
Bagaimana terjadinya kehamilan & bagaimana kontrasepsi bisa mencegahnya
Seks yang aman & penggunaan kondom untuk mencegah penyakit menular seksual

Anak Anda perlu mengetahui tentang pubertas sebelum mereka melaluinya. Jika tidak, mereka bisa takut atau terkejut beserta perubahan yang terjadi pada tubuh mereka.

Perempuan perlu mengetahui tentang menstruasi sebelum berusia 10 tahun, & laki-laki perlu mengetahui perubahan yang akan terjadi sebelum mereka berusia 12 tahun. Tidak ada alasan bagi perempuan & laki-laki untuk tidak mempelajari hal yang sama. Sebagai contoh, laki-laki bisa belajar tentang menstruasi, & perempuan bisa mempelajari tentang ereksi. Jila anak Anda mendekati usia di mana mereka perlu mengetahui tentang pubertas atau seks & hubungan, tetapi mereka tidak mengajukan pertanyaan terkait hal tersebut, gunakan percakapan sehari-hari yang mengarah ke hal tersebut. Sebagai contoh, Anda bisa membicarakan cerita di program TV, atau membahas mengenai menstruasi ketika Anda melihat pembalut di toko.

Beri tahu anak Anda bahwa saat bertumbuh dewasa, akan ada beberapa perubahan yang terjadi pada setiap orang & Anda ingin anak Anda tahu apa yang akan terjadi nantinya.

Siapkan jawaban untuk situasi yang canggung

Tidak peduli seberapa terbukanya Anda soal seks, akan ada saatnya di mana Anda perlu jawaban cepat untuk menjawab pertanyaan yang membuat Anda kikuk, sebagai contoh, saat di antrian swalayan atau di bis.

Katakan sesuatu seperti, itu pertanyaan yang bagus. Nanti kita bicarakan nanti ketika kita di rumah. Pastikan Anda mengingat untuk membicarakan hal tersebut nantinya.

BACA JUGA:

12 Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Seks & Kehamilan
Cara Ajarkan Anak Melindungi Diri dari Kekerasan Seksual
Mengatasi Kondisi Terlambat Puber
loading...

0 komentar untuk Bagaimana Menjelaskan Seks Pada Anak Anda