7 Manfaat Menakjubkan Jus Wortel, Selain untuk Kesehatan Mata

7 Manfaat Menakjubkan Jus Wortel, Selain untuk Kesehatan Mata
Jus wortel diklaim keliru satu asal vitamin A yg baik buat kesehatan mata. Namun, ternyata juz yg satu ini tidak hanya baik dikonsumsi buat kesehatan mata. Ada sederet manfaat lain yg bisa Knda dapatkan dari jenis umbi-umbian yg satu ini.

Nutrisi yg terkandung dalam satu gelas juz wortel

Menurut United States Department of Agriculture National Nutrient Database, satu gelas juz wortel umumnya mengandung:

94 kalori
dua,24 gram protein
0,35 gram lemak
21,90 gram karbohidrat
1,90 gram serat
689 mg potassium
20,1 mg vitamin C
0,217 mg tiamin
0,512 mg vitamin B6
dua,256 mikrogram (g) vitamin A
36,6 g vitamin K

Berbagai manfaat juz wortel

Berikut ini aneka macam manfaat juz wortel yg harus Knda ketahui selain buat menjaga kesehatan mata.

1. Menurunkan risiko kanker

Kanker berkembang dikala sel-sel abnormal terbentuk dan berkembang biak secara tidak terkendali. Kandungan antioksidan kepada wortel membantu menghentikan kerusakan sel implikasi berkembangnya sel kanker. Dalam sebuah penelitian, ekstrak juz wortel digunakan selama 72 jam dalam perawatan sel leukemia dan sel-sel kontrol nontumor yg merangsang kematian sel.

Hasil penelitian memberitahuakn bahwa wortel mengandung bahan kimia bioaktif yg efektif buat menghentikan perkembangan penyakit ini dan mengobati leukemia.

Studi lain juga menemukan bahwa masakan yg kaya betakaroten bisa menurunkan risiko seseorang terkena kanker prostat.

Tingginya kandungan karetenoid kepada jenis juz ini bisa membantu menurunkan risiko kanker payudara secara holistik. Studi yg dilakukan kepada penderita penyakit ini melihat bahwa kandungan karetenoid bisa menurunkan risiko stres oksidatif dan peradangan dalam darah. Selama penelitian, peserta mengonsumsi 8 ons juz wortel atau setara beserta 227 gram setiap hari selama tiga minggu. Hasilnya, kadar stres oksidatif kepada tubuh yg terkait beserta risiko kanker payudara jauh lebih rendah dibandingkan beserta sebelumnya.

dua. Mendukung kehamilan yg lebih sehat

Minum juz wortel selama kehamilan sangat berguna bagi Knda dan janin. Menurut American College of Obstetrician and Gynecologists (ACOG), perempuan hamil dan menyusui membutuhkan 1.000 mg kalsium per hari. Kandungan kalsium, folat, potasium, magnesium, dan vitamin A bisa memperkuat tulang bayi dalam kandungan dan mencegah stigma lahir. Selain itu, vitamin C dan vitamin A dalam juz wortel juga berperan menjadi antioksidan kepada kehamilan. Antioksidan melindungi bunda dan janin dari gambaran radikal bebas dan menaikkan sistem kekebalan tubuh buat bisa menurunkan risiko infeksi.

tiga. Memperkuat fungsi otak

Beta-karoten dalam juz wortel bisa memperkuat fungsi otak dan menaikkan daya jangan lupa. Stres oksidatif yg diakibatkan sang polusi udara dan faktor lainnya bisa menyumbang kerusakan sel otak dan sel saraf. Kondisi ini bisa melemahkan frekuwensi saraf dan mengurangi fungsi kognitif otak. Tak hanya itu, zat ini juga berguna buat mengurangi risiko demensia seiring beserta pertambahan usia.

Sebuah penelitian dilakukan kepada 10 pekerja yg terpapar timbal. Mereka diberikan 10 mg beta-karoten selama 12 minggu. Hasilnya, gerombolan pekerja yg mendapatkan asupan betakaroten memiliki taraf stres oksidatif lebih rendah. Oleh karenanya, minum satu gelas juz wortel setiap hari bisa menurunkan risiko kerusakan kepada sel dan saraf otak implikasi stres oksidatif.

4. Memperkuat sistem imun

Wortel mengandung antioksidan yg bisa membantu tubuh melawan radikal bebas, kerusakan sel, dan peradangan. Sehingga vitamin C dalam segelas juz wortel bisa mendorong sistem kekebalan tubuh buat bisa menangkal agresi penyakit mirip flu dan penyakit imun lainnya.

lima. Meningkatkan metabolisme

Jus wortel bisa menaikkan sekresi empedu yg bisa menaikkan metabolisme tubuh. Menurut sebuah penelitian kepada tahun 2006 yg dilakukan kepada seekor tikus, hibahjuz wortel bisa menaikkan sirkulasi empedu yg berkontribusi buat menaikkan metabolisme tubuh. Peningkatan metabolisme kepada tubuh tikus berefek kepada penurunan berat badan. Peneliti membicarakan, output serupa juga kemungkinan akbar juga akan dialami sang insan.

Di samping itu, juz wortel juga termasuk minuman rendah kalori yg mengenyangkan. Sehingga, bisa menjadi cara lain bagi Knda yg berada dalam acara diet.

6. Bermanfaat buat kesehatan kulit

Bika Knda memiliki riwayat kasus kulit mirip ruam atau psoriasis, maka mengonsumsi juz wortel ialah pilihan yg pasti. Kandungan vitamin C-nya bisa memperbaiki tampilan kulit Knda.

Selain itu, betakaroten kepada wortel juga mengurangi peradangan kepada kulit yg bisa meningkatkan kecepatan proses penyembuhan. Betakaroten juga efektif melawan kerusakan kulit yg diakibatkan sang sinar surya. Karoten dan likopen yg muncul dalam wortel juga berguna buat menjaga dan merawat kesehatan kulit.

7. Menurunkan kolesterol

Wortel ialah asal kalium yg baik. Biasanya, orang yg melakukan diet rendah kolesterol masakan yg dikonsumsi tinggi akan potasium. Oleh karenanya, rutin mengonsumsi juz wortel bisa membantu Knda menjaga kadar kolesterol dalam darah. Kadar kolesterol yg rendah mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Membuat sendiri ramuan juz wortel kepada tempat tinggal sangat disarankan dibandingkan beserta membelinya kepada luar. Selain lebih sehat dan bersih, Knda juga bisa mengkreasikan sendiri juz wortel didasarkan  kesukaan Knda. Setelah mengetahui aneka macam fungsinya bagi tubuh, nir muncul alasan bukan buat nir mencoba memasukkan minuman sehat ini ke dalam hidangan harian Knda?
loading...

0 komentar untuk 7 Manfaat Menakjubkan Jus Wortel, Selain untuk Kesehatan Mata