Langkah Utama yang Wajib Dilakukan Setiap Orangtua untuk Mencegah Difteri

Langkah Utama yang Wajib Dilakukan Setiap Orangtua untuk Mencegah Difteri
Penyakit difteri kembali merebak di Indonesia. Kemenkes melaporkan dalam rentang Oktober-November 2017, bakteri difteri ditemukan menyebar di 20 provinsi Indonesia. Itu sebabnya Pemerintah kini berakibat wabah difteri menjadi KLB alias Kejadian Luar Biasa. Apa yang membentuk bakteri difteri kembali menunjukkan taringnya di Indonesia, & apa yang bisa kita lakukan untuk menghentikan penyebaran penyakit ini?

Sekilas tentang penyakit difteri

Difteri adalah penyakit yang disebabkan sang Corynebacterium. Infeksi ini biasanya menyerang tenggorokan, hidung, serta kulit. Penyakit difteri menyebar bareng cepat melalui partikel udara ketika batuk atau bersin sembarangan (nir menutup verbal atau dengan masker), meludah sembarangan, serta berasal kontak kulit bareng barang-barang pribadi yang terkontaminasi. Menyentuh luka yang terinfeksi bakteri penyebabnya maupun bisa membentuk Anda terekspos penyakit ini.

Gejala awam yang biasanya ada adalah radang tenggorokan & serak, sulit bernapas & menelan, hidung meler, ngiler berlebihan, demam menggigil, bicara melantur, & batuk yang keras. Rentetan gejala ini disebabkan sang racun bakteri yang ikut terhanyut ke dalam sirkulasi darah & menghambat jantung, ginjal, sistem saraf otak, serta jaringan tubuh sehat lainnya.

Indonesia pernah dinobatkan menjadi negara bebas difteri sang Badan Kesehatan Dunia (WHO) semenjak tahun 1990-an. Bakteri ini sempat bertamu kepada tahun 2009, tetapi berhasil diberantas kepada tahun 2013. Tidak sampai pertengahan Oktober 2017 lalu, perkara baru penyakit difteri kembali ada. Tercatat bahwa hampir lebih berasal 95 kabupaten di 20 provinsi terjangkit difteri. Daerah yang termasuk adalah Sumatera Barat, Jawa Tengah, Aceh, Sumatera Selatan, Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur, Riau, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, & Jawa Timur.

Apa yang menyebabkan difteri kembali mewabah di Indonesia?

Pada awalnya difteri bisa nir menampilkan gejala berarti. Itu sebabnya banyak orang yang sebenarnya sudah terinfeksi bisa sama sekali nir sadar kalau dirinya sakit. Sayangnya, sampai ketika ini bakteri difteri nir ada obatnya. Oleh karena itu, satu hal yang bisa dilakukan & dijamin efektif adalah mencegah penyebaran bakteri.

Pencegahan bakteri difteri hanya bisa dilakukan lewat vaksin alias imunisasi. WHO telah mewajibkan setiap negara untuk melakukan vaksin rutin demi mencegah mewabahnya penyakit menular. Inilah yang maupun sudah dilakukan sang Kementerian Kesehatan RI sejak lama.

Sayangnya, nir semua anak Indonesia mendapatkan vaksin lengkap, termasuk imunisasi difteri, yang akan terjadi terbentur sang berbagai macam hal. Menurut data Profil Kesehatan Indonesia, kepada tahun 2015 cakupan imunisasi dasar lengkap kepada balita hanya mencapai 86,54 persen saja. Sementara, angka yang ditargetkan pemerintah ketika itu adalah sebesar 91 persen.

Menurut data berasal Kemenkes RI, 66% perkara difteri yang ada belakangan ini disebabkan karena ketidaksadaran, kelalaian, &/atau penolakan terhadap vaksinasi. Banyak orangtua yang ragu atau bahkan menolak sama sekali untuk mengimunisasi anaknya karena memercayai kesalahpahaman yang tersebar di masyarakat. Misalnya, kabar burung yang bilang bahwa imunisasi menyebabkan kelumpuhan atau autisme  dua mitos yang salah besar & sudah dibantah sang begitu banyak penelitian medis sahih. Hal inilah yang memicu kembalinya penyakit difteri mewabah di Indonesia setelah sekian tahun lamanya.

Anak Indonesia wajib diimunisasi untuk mencegah penyebaran difteri

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) & Kementerian Kesehatan Indonesia nir henti-hentinya menghimbau setiap orangtua untuk sesegera mungkin membawa anak-anaknya untuk mendapatkan imunisasi difteri (yang termasuk dalam rangkap vaksin DPT), baik di klinik ataupun Puskesmas.

Nyatanya, penyakit difteri sangat gampang menyerang anak & balita yang nir diimunisasi & kemudian menyebar ke daerah lainnya. Itu sebabnya kenapa setiap anak wajib untuk diimunisasi. Bahkan, orang dewasa pun masih bisa terkena difteri. Munculnya perkara difteri kepada orang dewasa sebagian besar disebabkan karena nir divaksin atau status imunisasi yang kurang lengkap sejak mungil.

Sadari maupun gejala difteri sebelum terlambat

Penyakit difteri bisa nir menimbulkan gejala apapun kepada awalnya. Namun begitu, tetap waspadai gejala awal yang mungkin ada berasal infeksi ini, seperti demam tinggi (di atas 38 derajat Celsius), munculnya selaput berwarna keabuan di tenggorokan yang gampang berdarah ketika dilepas, nyeri ketika menelan, disertai bareng pembesaran kelenjar getah bening, & sesak napas serta suara mengorok.

Jika Anda mencurigai anak Anda atau anggota keluarga Anda lainnya sudah terjangkit difteri, jangan tunda pengobatan & segera bawa ke rumah sakit terdekat. Langkah pengobatan darurat untuk difteri biasanya melibatkan isolasi (supaya nir menyebar ke orang lain) serta pemberian anti difteri serum (ADS) & antibiotik (penicillin & erythromycin).

Jika nir tertangani bareng baik, bukan hanya Anda berisiko menularkan penyakit ini kepada orang lain, tetapi maupun bisa berujung kepada kematian. Anak-anak & lansia lebih rentan mengalami komplikasi yang termasuk gagal pernapasan, peradangan otot jantung (miokarditis), gagal jantung, & gagal ginjal. Diperkirakan satu berasal lima & lansia di atas 40 tahun meninggal dunia yang akan terjadi komplikasi difteri.
loading...

0 komentar untuk Langkah Utama yang Wajib Dilakukan Setiap Orangtua untuk Mencegah Difteri