Kenapa Anak Anda Perlu Makan Camilan

Kenapa Anak Anda Perlu Makan Camilan
Snack, makanan ringan, atau camilan, identik dengan perkiraan negatif. Banyak orang berpandangan bahwa snack ialah makanan elok, berminyak, berlemak, asin, & membawa dampak jelek bagi kesehatan. Namun, nir selamanya snack jelek bagi kesehatan. Justru, camilan dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan Knda, termasuk anak Knda.

Anak merupakan masa dalam mana individu sedang dalam pertumbuhan & perkembangan yang cepat. Di masa ini banyak terjadi perubahan, sehingga nir heran andai kata kebutuhan nutrisi anak semakin tinggi. Nah, untuk mencukupi nutrisinya, anak membutuhkan makanan tambahan, yaitu berupa snack.

Mengapa anak butuh snack?

Semua anak pasti menyukai snack. Bahkan makan snack merupakan waktu yang ditunggu-tunggu sang anak. Ya, snack biasanya memang lebih menarik berdasarkan anak dibandingkan dengan makanan utama. Rasanya yang lezat dalam porsi mini membuat anak puas setelah memakannya.

Di samping banyak perkiraan negatif yang selama ini ditujukan untuk snack. Snack rupanya berperan penting dalam memenuhi kebutuhan si mini. Beberapa alasan mengapa snack dibutuhkan anak ialah:

Lambung anak masih mini, nir seperti lambung orang dewasa yang sudah sanggup menampung banyak makanan dalam sekali makan. Karena itu, anak disarankan untuk makan dalam porsi mini tetapi sering. Jika anak hanya makan 3 kali per hari seperti orang dewasa, maka kebutuhan anak nir dapat dipenuhi.
Snack membantu menyediakan energi & zat gizi yang diharapkan tubuh untuk bertumbuh & berkembang, serta untuk membantu menjaga kesehatan anak. Snack membantu balita memenuhi kebutuhannya karena balita biasanya nir sanggup makan banyak, apalagi andai kata makan sambil duduk, balita dalam umumnya nir betah andai kata harus duduk terlalu usang.
Snack berfungsi untuk menjaga supaya anak nir terlalu lapar dalam antara waktu makan, sehingga anak nir makan berlebihan dalam waktu makan utama. Hal ini dapat membantu anak mengukur porsi makannya & mencegah anak makan berlebih karena faktor emosional. Snack maupun dapat mencegah kebosanan anak terhadap makanan.
Snack maupun dapat dijadikan kesempatan untuk menawarkan anak makanan baru.
Waktu makan snack yang teratur maupun dapat membantu anak untuk membiasakan pola makan sehat sejak dini.

Kapan usahakan anak makan snack?

Ini yang harus Knda perhatikan. Waktu makan snack yang nir menentu dapat menyebabkan kenaikan berat badan & dalam akhirnya berujung dalam kegemukan. Selain itu, waktu makan snack yang nir dibatasi sampai anak sahih-sahih merasa kenyang maupun membawa dampak negatif kepada anak. Ini dapat mengganggu selera makan anak dikala makan makanan utama & maupun dapat mengganggu rasa lapar & kenyang si anak.

Oleh karenanya, untuk mendapatkan manfaat berasal snack, Knda sebagai orangtua harus mengetahui batasan snack. Anak perlu makan sebanyak 5-6 kali dalam sehari, yang terdiri berasal 3 kali waktu makan utama & 2-3 kali makan snack. Untuk waktunya, biasanya anak butuh makan setiap 3-4 jam sekali. Jika Knda membiasakan anak untuk makan snack & makan utama secara teratur, kebiasaan makan sehat akan terbentuk secara perlahan dalam anak & maupun anak dapat terhindar berasal kenaikan berat badan berlebih.

Waktu yang baik untuk Knda menawarkan snack dalam anak ialah beberapa jam setelah ia terselesaikan makan utama & sekitar 1-2 jam sebelum makan utama selanjutnya. Menunda waktu makan snack beberapa jam setelah makan utama dapat mencegah anak menolak makan utama selanjutnya &  maupun mencegah keinginan anak untuk lebih banyak makan snack lagi. Oleh karenanya, usahakan rencanakan & jadwalkan dengan baik kapan waktu makan snack & waktu makan utama anak Knda. Selain itu, yang maupun tak kalah penting ialah jumlah snack yang Knda sediakan untuk anak, jangan sediakan dalam jumlah yang berlebihan.

Bagaimana camilan yang sehat untuk anak?

Berikut ini merupakan beberapa saran dalam menyediakan snack sehat untuk anak Knda:

Sebaiknya jangan sediakan junk food sebagai snack anak. Contohnya ialah kue elok, permen, atau keripik. Lebih baik Knda sediakan snack yang lebih sehat, seperti butir-buahan.
Sediakan snack yang banyak mengandung serat. Anak membutuhkan serat untuk melancarkan pencernaannya. Selain itu, makanan berserat maupun membuat anak kenyang lebih usang.
Knda harus kreatif dalam menyajikan snack anak. Campurkan bahan-bahan makanan yang sesuai, contohnya ialah Knda sanggup menyajikan butir bareng yogurt. Ini maupun akan membuat nilai gizinya bertambah. Selain itu, adonan makanan yang berwarna-warni maupun dapat membuat anak tertarik untuk memakannya.
Tawarkan anak snack yang nir biasa, seperti alpukat, nanas, kiwi, & lainnya. Ini maupun dapat menjadi kesempatan Knda menawarkan makanan baru ke anak.
Menu sarapan anak, seperti sereal dengan susu, maupun dapat menjadi snack anak dalam siang atau sore hari. Namun, sajikan dalam bentuk yang berbeda, dicampur dengan butir kering atau kacang misalnya.
Makanan elok maupun dapat menjadi pilihan untuk snack, namun jangan terlalu elok ya. Puding dengan adonan butir atau smoothie maupun dapat menjadi pilihan.
loading...

0 komentar untuk Kenapa Anak Anda Perlu Makan Camilan