Bagaimana Pendengaran Bayi di Usia 0-6 Bulan

Bagaimana Pendengaran Bayi di Usia 0-6 Bulan
Bayi Anda sudah bisa mendengar dengan jelas semenjak dia dilahirkan. Bahkan, dia dapat mendengar bunyi Anda serta bunyi-bunyi lainnya saat masih berada di dalam kandungan.

Seiring pertumbuhannya, bayi memakai indera pendengaran mereka menjadi alat primer buat mendapatkan kabar perihal global di sekitarnya. Mendengar maupun membuatnya mampu belajar bahasa serta merangsang perkembangan otak. Maka menurut itu, sangatlah krusial buat mengidentifikasi serta menangani perkara pendengaran dalam bayi sedini mungkin.

Bayi Anda akan menjalani tes inspeksi pendengaran tidak usang sehabis kelahirannya. Setelah itu, dokter akan melakukan inspeksi pendengaran di setiap inspeksi bayi.

Telinga bagian dalam sudah berkembang secara paripurna semenjak kehamilan memasuki minggu ke-20, serta bayi Anda terlahir dengan pendengaran yg sudah paripurna jadi bayi Anda sudah siap buat mendengar serta belajar semenjak lahir.

Tahap perkembangan pendengaran

Pada 6 bulan pertama hidupnya, bayi Anda sudah mampu buat:

Memperhatikan bunyi-bunyi semenjak dia lahir ke global, terutama bunyi yg bernada tinggi
Merespon bunyi-bunyi yg tidak asing (mirip bunyi ibu serta ayahnya) serta mungkin merasa terkejut saat mendengar bunyi keras yg tiba-tiba
Aika bayi Anda sensitif, dia akan terlihat terkejut setiap kali mendengar bunyi, akan tetapi bila bayi Anda lebih tenang dia akan mampu mendapatkan berbagai bunyi dengan tenang juga
Terdiam saat dia mendengar bunyi yg familiar, bahkan mungkin merespon dengan membangun bunyi yg berbunyi mirip uhh.
Melihat langsung ke arah Anda saat dia mendengar bunyi Anda, serta berusaha menjawab dengan mengeluarkan bunyi degukan

Bayi Anda maupun mungkin sudah dapat:

Bereaksi dengan semangat saat mendengar bunyi
Tersenyum saat mendengar bunyi anda
Mulai memperhatikan gerakan bibir Anda saat Anda berbicara, serta mencoba meniru Anda
Mulai berbicara bunyi konsonan mirip m serta b
Menyadari menurut mana bunyi berasal serta sudah bisa menghadapkan mata atau kepalanya ke arah bunyi
Merespon bunyi yg halus serta pelan, asalkan dia tidak sedang sibuk dengan hal lain.

Peran Anda

Untuk membantu perkembangan bayi Anda, carilah cara buat membuatnya mendengar berbagai macam bunyi. Berbicaralah padanya serta bacakan buku dongeng dalam anak Anda, dimulai menurut saat dia baru lahir. Tidak perlu menunggu hingga dia sudah mengerti. Bahkan saat bayi baru berusia beberapa minggu pun, mendengar bunyi Anda dapat membantu mengembangkan telinganya serta mengusut bahasa. Fakta menandakan bahwa berbicara dalam bayi dengan memvariasikan nada bunyi, memakai aksen yg tidak selaras-beda, benyanyi, serta membangun bunyi-bunyi akan membangun koneksi Anda serta bayi lebih erat serta perkembangan bayi lebih terstimulasi. Ditambah lagi, lebih acapkali Anda bicara serta membaca untuknya, lebih poly bunyi serta tutur-tutur yg dia pelajari buat persiapannya belajar bicara.

Bayi Anda mempunyai indera pendengaran yg sensitif, serta dia pun sangat memperhatikan bunyi-bunyi yg berada di sekitarnya. Ia sudah dapat membedakan poly bunyi yg tidak selaras. Seperti kebanyakan bayi yg baru lahir, bayi Anda mungkin akan menaruh kesukaannya dalam bunyi manusia dibandingkan bunyi yg lain. Bicaralah dengan lembut kepada bayi Anda, serta ini akan merangsang indera pendengarannya dengan cara yg bisa lebih dia rasakan. Aika Anda mendengar bayi Anda membangun beberapa bunyi, tirulah bunyi tadi serta tunggu hingga dia membangun bunyi lainnya. Dengan ini, Anda mengajarkan pelajaran yg berharga perihal nada bunyi, kecepatan berbicara, serta cara berkomunikasi dengan orang lain.

Bayi Anda akan dibuat gembira dengan berbagai macam bunyi serta musik, jadi jangan hanya membatasinya dengan lagu anak-anak. Perdengarkanlah lagu favorit Anda kepada bayi buah hati.

Anda mungkin akan mendapati bayi Anda menyukai beberapa bunyi serta musik tertentu dibanding bunyi serta musik lainnya, lantaran dia sedang mengembangkan seleranya sendiri. Jangan heran bila bunyi lonceng atau jam yg berdetak maupun dapat menghibur bayi Anda.

Bacakan sesuatu dalam bayi Anda. Tak peduli masih seberapa mungil bayi Anda, dia akan permanen memperhatikan apapun yg Anda katakan. Mendengar Anda berbicara akan membantu bayi Anda buat mengembangkan kemampuan berbahasa yg dia miliki.

Yang perlu Anda khawatirkan

Aika bayi Anda tidak merespon bunyi-bunyi keras dengan reaksi terkejut atau tidak pernah terlihat merespon bunyi Anda selama satu bulan pertamanya, beri tahukan dalam dokter anak Anda menjadi akibatnya dia dapat memastikan bayi Anda tidak mempunyai potensi kehilangan pendengaran.

Sangatlah sporadis bagi bayi buat mempunyai perkara pendengaran, akan tetapi terkadang hal tadi dapat terjadi,  terutama bila:

Bayi Anda diharuskan masuk ke unit neonatal sehabis lahir
Anda terkena rubella, toksoplasmosis, atau sitomegalovirus selama masa kehamilan
Ada riwayat kehilangan pendengaran di famili anda
Bayi anda terlahir prematur atau dengan berat yg ringan

Hello Health Group tidak menyediakan hikmah medis, diagnosis, atau pengobatan.
loading...

0 komentar untuk Bagaimana Pendengaran Bayi di Usia 0-6 Bulan