Apakah Produksi ASI Ibu Bisa Mencukupi Kebutuhan Bayi Kembar Tiga, Bahkan Lebih

Apakah Produksi ASI
Dikaruniai anak kembar tentu jadi hal yang sangat menggembirakan untuk Knda serta pasangan. Dua kali lipat lucunya, 2 kali lipat pula bahagianya. Sama halnya bareng bayi kembar tiga, empat, atau bahkan lebih. Tapi yang jadi pertanyaan, apakah ASI bunda akan mencukupi untuk menyusui bayi kembar 2, tiga, atau empat? Terlebih apabila Knda berencana untuk menjalani 6 bulan ASI ekslusif. Berikut jawabannya

Apakah ASI akan relatif untuk menyusui bayi kembar tiga serta lebih?

Knda sebenarnya nir perlu khawatir soal kecukupan ASI untuk anak Knda. Knda sanggup menyampaikan ASI yang relatif, bahkan apabila Knda mempunyai tiga bayi sekaligus. Ini sebab sistem produksi ASI bekerja sesuai aturan permintaan serta persediaan (supply and demand). Tubuh Knda akan meningkatkan produksi ASI secara alami untuk memenuhi kebutuhan anak-anak Knda dalam satu waktu.

Proses produksi ASI terjadi secara otomatis setelah bunda mengeluarkan plasenta dari tubuhnya. Tingkat hormon estrogen serta progesteron mengalami penurunan drastis setelah melahirkan serta tingkat hormon prolaktin (keliru satu hormon yang bertanggung jawab untuk laktasi) semakin tinggi secara drastis untuk mengaktifkan sel-sel penghasil susu dari payudara Knda.

Produksi ASI pula dibantu sang bayi Knda. Saat si mini mulai menyusu pada payudara Knda, refleks alir alias letdown reflex akan mulai terjadi sehingga tingkat prolaktin Knda semakin tinggi. Kenaikan tingkat prolaktinlah yang akan meningkatkan produksi susu. Mulai dari sedotan pertama, daur produksi akan terbentuk secara alami, yang memastikan bahwa persediaan susu akan terus stabil.

Produksi ASI bunda dari anak kembar tiga bahkan sanggup lebih banyak daripada bunda menyusui satu anak

Ibu yang mempunyai anak kembar bahkan sanggup mengeluarkan 2 kali lipat volume ASI yang lebih banyak dibandingkan bunda yang hanya menyusui satu anak. Ibu yang mempunyai bayi kembar tiga dilaporkan sanggup membentuk tiga liter susu per hari saat bayinya berusia 2,5 bulan. Hal ini menunjukkan bahwa produksi ASI akan semakin tinggi apabila Knda mempunyai anak kembar. Knda disarankan supaya lebih banyak menyusui supaya persediaan ASI Knda selalu relatif untuk si kembar.

Hal ini dilaporkan sang penelitian terbitan Journal ADC Fetal and Neonatal Edition. Seorang bunda subyek penelitian dilaporkan sanggup menyusui empat anak kembar, bareng berat lahir rata-rata anak kembar ini merupakan 1820-2240 gr. Ke empat anak kembar ini diberi ASI ekslusif 12-34 kali dalam sehari. Berat badan keempatnya mengalami kenaikan dari 30-54 gr dalam waktu sehari. Hal ini menunjukkan bahwa persediaan air susu bunda sangatlah relatif untuk bayi kembar 2, tiga, bahkan empat.

Kapan waktu yang tepat menyusui bayi kembar?

Tubuh Knda menyesuaikan produksi ASI bareng kebutuhan ASI bayi Knda. Sehingga, semakin tak jarang bayi menyusu, maka semakin banyak pula ASI yang diproduksi. Jadi, jangan takut ASI habis apabila bayi tak jarang menyusu. Menyusui ke 2 bayi Knda pada waktu yang sama malah sanggup berhemat waktu Knda lebih banyak.

Hanya saja, Knda pula wajib bersikap fleksibel untuk menyesuaikan jam menyusu bareng kebutuhan bayi kembar Knda. Meskipun bayi Knda kembar, mereka mempunyai kebutuhan ASI yang bhineka, jadi antara bayi satu, bayi 2, atau bayi tiga mempunyai impian menyusu yang bhineka. Ada yang ingin menyusu setiap tiga jam serta timbul pula yang ingin setiap 2 jam. Untuk mengatasi hal ini, timbul beberapa bunda yang menjadwalkan jam menyusui bagi bayi kembarnya sesuai norma serta permintaan bayi.

Sebaliknya, saat bayi Knda sudah kenyang namun payudara Knda belum kosong, sebaiknya segera perah ASI yang masih tersisa sampai habis serta simpan pada lemari es. Jila Knda membiarkan ASI tersisa pada payudara, tubuh akan menganggap produksi ASI berlebih sehingga pada kemudian hari produksi ASI akan menurun.

Pastikan Knda mencukupi kebutuhan gizi tubuh sendiri

Menyusui bayi kembar 2, tiga, atau lebih tentu membutuhkan energi yang lebih akbar dibandingkan menyusui satu orang bayi. Pasalnya, kalori serta cairan dalam tubuh Knda akan lebih cepat terkuras dibanding bunda menyusui lainnya. Oleh karenanya Knda akan perlu mengonsumsi lebih banyak makanan yang sehat untuk mengembalikan setiap kalori yang terbuang. Perhatikan pula faktor-faktor yang sanggup merangsang produksi ASI bunda.

Aika Knda merasa kewalahan bareng tugas baru ini, penting bagi Knda untuk mempertimbangkan kontribusi dari dokter bayi Knda, spesialis laktasi, serta keluarga, untuk membantu Knda berhasil dalam menyusui.
loading...

0 komentar untuk Apakah Produksi ASI Ibu Bisa Mencukupi Kebutuhan Bayi Kembar Tiga, Bahkan Lebih