Apakah Anak Anda Depresi

Apakah Anak Anda Depresi
Banyak orang mengira depresi hanya dapat terjadi pada orang dewasa. Namun, anak-anak & remaja maupun dapat mengalami depresi. Sayangnya bagi orangtua, depresi pada anak-anak dapat sulit dikenali.

Tanda-tanda depresi pada anak

Terdapat beberapa cara untuk membedakan naik turunnya emosi yang normal bareng masalah kesehatan emosional yang lebih berfokus.

Menurut Dr. Navina Evans, konsultan psikiatris di Londons Capio Nightingale Hospital & the East London and City Mental Health Trust, tanda-tanda yang mencolok adalah mood yang rendah & rasa nir senang, mudah menangis atau tersinggung meski nir terkait bareng suatu hal yang spesifik. Perhatikan reaksi anak bila suatu insiden yang menyedihkan terjadi. Sebagai contoh, saat seseorang meninggal, para anggota keluarga wajar untuk merasa duka. Namun bila berdasarkan Knda reaksi anak Knda terlalu ekstrem atau berlangsung terlalu lama, hal ini maupun dapat sebagai pertanda depresi.

Menurut Dr. David Kingsley, konsultan psikiatris remaja di Cheadle Royal Hospitals Young Persons Service, bila mood anak mempengaruhi fungsi sehari-hari, hal ini merupakan pertanda bahwa masalah mental harus diselidiki kemungkinannya.

Menurutnya, bila seorang remaja nir dapat berfungsi bareng baik di sekolah & kehilangan ketertarikan pada hal-hal yang dulu ia senangi, hal ini adalah tanda-tanda yang harus diwaspadai. Menutup diri dari lingkungan sosial maupun merupakan tanda-tanda depresi pada remaja.

Mengatasi depresi pada anak

Aika Knda merasa anak Knda menderita depresi, sulit untuk menentukan apa yang harus dilakukan. Menurut Dr. Evans, hal pertama yang harus Knda lakukan adalah membicarakannya bareng anak. Cari tahu apa yang sebagai masalah. Apapun penyebabnya, jangan menyepelekannya. Mungkin hal tersebut terkesan sepele bagi Knda, namun mungkin merupakan suatu masalah akbar bagi anak Knda.

Aika Knda masih merasa khawatir setelah berbicara bareng mereka, kunjungi dokter. Menurut Dr. Kingley, bila diperlukan penanganan lebih jauh, terdapat beberapa pilihan, seperti konseling untuk remaja, terapi keluarg,a atau cognitive behavioral therapy, yaitu jenis terapi berbicara. Spesialis maupun mungkin akan mempertimbangkan pengobatan antidepresan, namun hanya pada masalah yang berfokus.

Sementara itu, bila Knda khawatir anak Knda rentan terhadap depresi, Knda dapat membantu bareng memberi dukungan. Menurut Dr. Kingsley, semua anak-anak & remaja butuh untuk merasa dihargai & dicintai. Mereka perlu memiliki interaksi bareng orangtua di mana mereka dapat merasa dihargai secara positif. Hal ini secara jangka panjang dapat melindungi anak dari depresi.

Hello Health Group nir menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.
loading...

0 komentar untuk Apakah Anak Anda Depresi