Apakah Aman Mengatasi Kolik Bayi Dengan Akupuntur

Apakah Aman Mengatasi Kolik Bayi Dengan Akupuntur
Penelitian yang dilakukan oleh Kajsa Landgren mengungkapkan bahwa pemberian akupuntur dapat dilakukan untuk mengurangi frekuensi menangis yang terlalu seringkali atau kolik pada bayi. Tapi apakah aman menggunakan akupuntur pada bayi untuk mengatasi kolik?

Apa itu kolik?

Bayi menangis sebagai cara berkomunikasi, serta ini dapat menawarkan banyak hal, seperti merasa lapar, lelah, maupun selesai buang air, sehingga menangis sebenarnya normal terjadi pada bayi. Namun, kolik merupakan kondisi pada mana bayi menangis secara hiperbola serta terus menerus selama lebih berasal tiga jam berturut-turut dalam satu hari, bahkan selama beberapa hari selama satu minggu.

Kolik paling seringkali terjadi saat bayi berusia 2 sampai tiga minggu, lalu mengalami penurunan pada bulan ketiga atau keempat. Beberapa pakar berkata bahwa kolik ini terjadi karena sensitivitas bayi yang masih tinggi terhadap suara, sensasi, serta hal-hal pada sekitarnya.

Penelitian terhadap 147 bayi berusia 2-8 minggu yang dilakukan oleh Kajsa Landgren ini, berusaha membandingkan antara bayi yang diberi terapi akupuntur, beserta bayi yang tidak diberikan akupuntur sama sekali, serta kemudian membandingkan frekuensi kolik para bayi tersebut. Hasil penelitian menemukan bahwa pemberian akupuntur dapat mengurangi durasi bayi menangis sampai 40 menit dalam satu hari.

Apakah akupuntur bagi bayi aman?

Akupuntur merupakan terapi yang dilakukan beserta menggunakan jarum khusus yang ditusukkan ke beberapa titik pada tubuh. Akupuntur sebenarnya telah digunakan mungkin selama ribuan tahun sebagai salah satu metode terapi pada pengobatan tradisional Cina. Namun apakah bayi boleh menjalani akupuntur?

Dilansir berasal review yang dilakukan oleh Wolfgang Raith, berasal empat penelitian yang dilakukan beserta menggunakan teknik akupuntur terhadap bayi, secara keseluruhan akupuntur tersebut tidak melukai si bayi maupun menimbulkan efek samping pribadi. Tapi praktisi akupuntur yang dipakai, haruslah seorang praktisi yang telah berpengalaman selama puluhan tahun, serta teknik yang digunakan pun merupakan teknik akupuntur beserta tusukan seminimal mungkin.

The American Academy of Pediatrics belum menyatakan pernyataan spesifik pribadi mengenai aman tidaknya teknik akupuntur ini apabila dilakukan kepada bayi. Masih banyak pro serta kontra juga terhadap akibat penelitian ini, sehingga masih membutuhkan riset lebih lanjut. Tapi, lebih berasal itu, apabila Anda memang ingin melakukan teknik ini terhadap bayi Anda, sebaiknya pastikan Anda telah berkonsultasi lebih dulu beserta dokter Anda, serta menentukan praktisi yang memang telah pakar memiliki sertifikasi dalam akupuntur tersebut.

Adakah teknik lain untuk mengatasi kolik pada bayi?

Meskipun belum diketahui secara pasti penyebab kolik pada bayi, beberapa tindakan yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi kolik pada bayi Anda, diantaranya:

Coba periksa kembali apakah teknik menyusui Anda sudah betul. Meskipun hal ini kemungkinan akbar bukan penyebab kolik bayi Anda, tapi teknik menyusui yang membuatnya tidak nyaman, mungkin dapat membuatnya menangis.
Beberapa pergerakan, seperti menggoyangkannya beserta lembut seraya menggendongnya, mungkin dapat menghentikan tangisnya.
Suara. Beberapa bayi dapat merespon suara beserta baik, sampai akhirnya membuatnya berhenti menangis. Coba suara-suara dengungan seperti pengering pakaian, vacuum cleaner, serta kipas angin.
Sentuh indranya. Beberapa bayi mungkin menangis karena cahaya yang terlalu terang atau suhu yang terlalu dingin untuknya. Memijat punggungnya beserta lembut, membaringkannya pada ruangan beserta cahaya minimal, atau memandikannya beserta air hangat dapat Anda lakukan untuk mencoba menghentikan tangisannya.

Namun, terlebih berasal semua itu, sebaiknya segera periksakan bayi Anda ke dokter, apabila kolik yang bayi Anda alami disertai beserta timbulnya gejala seperti demam, muntah-muntah, diare, lebih mudah mengantuk dibandingkan umumnya, serta tidak mau makan.
loading...

0 komentar untuk Apakah Aman Mengatasi Kolik Bayi Dengan Akupuntur