Apa yang perlu Anda ketahui tentang merawat bayi yang berumur 22 minggu

Apa yang perlu
Perkembangan & Kebiasaan

Bagaimana seharusnya perkembangan bayi saya pada minggu 22?

Bayi mungkin mulai memperlihatkan tanda emosi pertama: takut orang asing. Bayi mampu mendekat kepada Anda & merasa cemas saat berada pada sekitar orang asing & mungkin menangis apabila ada yang mendadak menyentuhnya. Takut orang asing bukan berarti Anda tidak boleh membawa anak ke tempat yang banyak terdapat orang asing. Akan sangat berguna bagi anak untuk bertemu banyak orang daripada terbatas pada Anda & pasangan Anda, atau anggota keluarga. Ingat bahwa anak butuh kesabaran & pengertian dari Anda untuk melewati tahap perkembangan krusial ini.

Di minggu ke-22, bayi mampu:

Berguling dalam satu arah
Menahan beberapa benda pada atas kaki
Mengucapkan kombinasi konsonan & huruf vokal
Bercanda (membuat suara lucu dengan mengeluarkan air liur)
Melihat ke sumber suara

Apa yang harus saya lakukan dengan bayi saya pada minggu 22?

Gunakan waktu makan dengan keluarga untuk berkomunikasi dengan anak. Bayi akan senang melihat Anda makan sehingga beliau mampu makan lebih banyak. Di bulan-bulan berikutnya, mereka mampu dengan gampang duduk & mengambil kuliner dengan tangan. Ini meningkatkan kemampuan bayi saat makan.

Pada saat ini, bayi mampu duduk dari posisi berbaring & menggunakan kedua tangannya. Jika bayi sudah mampu duduk, dudukkan beliau dekat Anda, untuk menjaga kalau beliau mungkin jatuh. Dia mungkin sudah menguasai keterampilan saat duduk tapi mungkin masih tidak tertarik untuk duduk tegak & akhirnya berguling.

Ketika Anda berada pada sekitar orang yang anak tidak kenal, Anda tidak perlu malu saat beliau menangis pada gendongan orang lain. Bawa bayi dekat dengan Anda & tenangkan dengan menggendongnya. Beri tahu teman & keluarga Anda untuk mendekatinya dengan pelan & lembut.

Kesehatan & Keamanan

Apa yang perlu saya diskusikan dengan dokter pada minggu 22?

Kebanyakan dokter tidak akan melakukan tes kesehatan bulan ini. Di sisi positif, ini berarti bayi tidak memiliki masalah serius; pada sisi negatif, Anda tidak akan tahu seperti apa pertumbuhan bayi. Anda harus menyiapakan pertanyaan untuk inspeksi bulan depan, tapi jangan takut menghubungi dokter segera bila memiliki masalah yang tidak mampu dinantikan sampai kunjungan berikutnya.

Apa yang harus saya ketahui pada minggu 22?

Ada beberapa hal yang Anda ketahui:

Sembelit

Seberapa acapkali bayi buang air akbar mungkin tergantung waktu & apa yang mereka makan, level aktivitas & seberapa cepat tubuh bayi mencerna kuliner. Sembelit muncul ketika bayi mencoba menahan buang air akbar. Dia mungkin mengalami sembelit apabila Anda menyadari adanya tanda-tanda ini:

Kotoran bayi keras & kering atau berdarah
Sudah lebih dari 3 hari bayi tidak buang air akbar
Buang air akbar membuatnya tidak nyaman.

Bila bayi hanya diberi ASI, ia sangat jarang terkena sembelit. Bicarakan dengan dokter apabila kotoran bayi keras, kering, atau menyakitkan. Ketika digabungkan dengan tanda-tanda lain seperti mual atau kembung, bayi mungkin menderita kondisi lebih serius, seperti gangguan pencernaan.

Jika bayi hanya minum susu serbuk, sembelit mungkin terjadi lantaran beberapa merek susu tidak cocok dengan bayi. Tanyakan dokter apabila Anda harus memberikan susu merek lain kepada bayi.

Bila Anda memberikan sereal beras, kemungkinan inilah penyebabnya lantaran sereal mengandung sedikit serat. Cobalah menambahkan butir yang dihaluskan seperti pir atau plum atau sayur-sayuran dengan biji-bijian. Anda juga mampu mengganti dengan sereal oat atau barley.

Sembelit juga mampu ditimbulkan oleh kehilangan cairan tubuh , sehingga Anda harus membiarkan bayi lebih banyak minum air untuk mengatasi masalah ini. Ditambah lagi, Anda juga mampu memberikan 30 ml jus yang diencerkan dengan 30 ml air atau jus yang dicampurkan dalam susu formula atau ASI perasan.

Di samping mengganti pola makan bayi, ini artinya beberapa tips untuk memperbaiki maslaah pencernaan bayi:

Kayuhkan kaki bayi dengan ringan saat bayi sedang berbaring
Pijat perut pada bawah pusar dengan lembut tapi tegas. Jika Anda merasa posisinya relatif sulit, tepuk-tepuk pada posisi itu sebentar saja
Jika Anda melihat bayi mengejan saat buang air akbar, rendam bayi pada dalam air hangat untuk membuat otot rileks

Gunakan obat padat anal gliserin atau perangsang rektum bayi dengan termometer rektum yang dioleskan dengan minyak pelumas sebagai alat pengukur ad interim, tapi harus disetujui oleh dokter sebelumnya. Jika sembelit tidak kunjung membaik, dokter mungkin menyarankan obat pencahar untuk bayi.

Bayi pura-pura batuk

Sejak bulan ke-5, banyak bayi mulai menyadari bahwa dunia artinya sebuah anjung & Anda artinya penggemar beratnya. Jadi, ketika beliau menemukan bahwa batuk ringan akan menarik perhatian Anda, bayi akan acapkali melakukannya dengan kekanak-kanakan supaya mendapatkan perhatian Anda. Selama kesehatan & batuk bayi tampak terkendali, Anda tidak perlu cemas. Dia akan berhenti kalau sudah bosan.

Perhatian

Apa yang harus saya perhatikan pada minggu 22?

Di bawah ini artinya beberapa hal yang harus Anda perhatikan:

Makanan bayi

Makanan bayi harus mengandung komponen ini:

Protein
Kalsium
Biji-bijian murni & kompleks macam pati
Sayuran hijau & butir berwarna kuning
Vitamin C
Jenis sayuran & butir lainnya
Makanan kaya lemak
Zat besi
Garam
Air
Suplemen kuliner yang mengandung vitamin.

Tidur siang bayi

Walaupun bayi Anda berusia sekitar 5 bulan, beliau akan tertidur selama 3-4 kali selama lebih kurang sejam setiap hari, beberapa bayi akan kembali tidur selama 5-6 kali selama sekitar 20 menit pada satu waktu, ad interim yang lainnya hanya 2 kali tapi tertidur lebih lama, masing-masing sekitar 1,5-2 jam. Namun, jumlah & lama bayi tertidur tidak krusial dalam durasi tidurnya (rata-rata 14 jam 30 menit sehari saat berusia 5 bulan). Bayi lebih lama tidur juga berarti Anda memiliki lebih banyak waktu luang untuk beraktivitas. Sebagai tambahan, anak yang acapkali tidur siang juga akan cenderung tertidur sebentar pada malam hari. Anda mampu mencoba mendorong bayi supaya tidur lebih lama dengan:

Menyiapkan tempat yang nyaman bagi bayi untuk tidur. Bayi yang tertidur pada atas bahu Anda tidak hanya merepotkan Anda melainkan juga membuat bayi hanya tidur sebentar.
Jaga suhu ruangan yang membuat nyaman bayi, tidak terlalu panas atau terlalu dingin, & pastikan anak berpakaian yang betul.
Tidur tepat waktu. Jangan menidurkan bayi sebelum makan saat perut kosong, saat popok bayi perlu diganti (bayi tidak akan tidur dalam waktu lama kalau popoknya basah), saat tamu tiba & ada keributan atau apapun yang menurut Anda membuat bayi tidak mampu tidur lelap.

Walaupun banyak anak mampu menyesuaikan waktu tidurnya dengan baik, tapi bayi yang tidak relatif tidur juga mampu tidur menurut keinginannya. Jika anak Anda acapkali tampak rewel, ini mungkin lantaran bayi tidak relatif tidur atau tidur lelap hanya dalam waktu singkat. Namun, bila anak hanya tidur sebentar tapi merasa senang, Anda akan harus menerima fakta bahwa anak Anda artinya salah satu anak yang tidak memerlukan banyak waktu tidur.

Hubungi dokter apabila ingin bertanya.

Seperti apa pertumbuhan bayi pada minggu ke-23?
loading...

0 komentar untuk Apa yang perlu Anda ketahui tentang merawat bayi yang berumur 22 minggu