Apa yang perlu Anda ketahui tentang merawat bayi yang berumur 16 minggu

Apa yang perlu
Perkembangan & Kebiasaan

Bagaimana seharusnya perkembangan bayi aku pada minggu 16?

Ketika menelungkup, bayi mungkin akan mengangkat kepala & bahunya dengan lengannya untuk menyokong. Push-up kecil ini membantu memperkuat otot & membuatnya memiliki jarak pandang yang lebih banyak. Dia akan menciptakan Anda (& diri sendiri!) terkagum-kagum dengan berguling dari belakang ke depan, atau sebaliknya.

Anda mampu mendorongnya berguling melalui permainan: Goyangkan mainan pada sebelahnya sehingga beliau akan berguling sampai beliau tertarik untuk kembali mencobanya. Puji usahanya & tersenyumlah. Dia mungkin perlu ditenangkan, alasannya keahlian baru ini mampu sedikit menakutkan.

Di minggu terakhir bulan ke-4, beliau mampu:

Mengangkay kaki saat digendong
Mengambil benda
Mempertahankan posisi tubuh saat mencoba sit up
Melihat ke asal suara secara langsung, terutama suara Anda
Mengucapkan kata-kata dengan kombinasi konsonan
Saat berbaring, beliau mampu mengangkat kepala & bahu dengan mendorong tangannya. Aktivitas ini mampu membantu memperkuat otot & memperluas jarak pandang bayi. Bahkan bayi mampu mengejutkan Anda & dirinya saat berguling dari posisi berbaring & sebaliknya.

Apa yang harus aku lakukan dengan bayi aku pada minggu 16?

Anda mampu mendorongnya untuk berguling dengan menggoyangkan mainan dengan lembut pada lokasi bayi seringkali berguling. Puji bisnis anak & tersenyumlah kepadanya. Terkadang Anda perlu menenangkannya alasannya keterampilan baru akan membuatnya sedikit takut & malu.

Kesehatan & Keamanan

Apa yang perlu aku diskusikan dengan dokter pada minggu 16?

Setiap dokter akan memiliki metode tersendiri untuk memeriksa kesehatan bayi tergantung situasi tertentu. Tes fisik secara keseluruhan serta jumlah & jenis teknik penaksiran & mekanisme akan bermacam-macam tergantung kondisi anak. Dokter mungkin akan:

Mengukur berat & tinggi badan Anda, lingkar kepala & kemajuan perkembangan bayi setelah lahir
Pemeriksaan fisik, termasuk mengecek ulang masalah sebelumnya
Menyuruh Anda mempertimbangkan pemeriksaan berikutnya terkait dengan cara memberi makan, tidur, pertumbuhan & keselamatan bayi
Menjawab pertanyaan Anda: Reaksi macam apa yang bayi miliki setelah imunisasi? Seperti apa respon yang seharusnya Anda buat? Apakah harus menghubungi dokter apabila anak bereaksi?

Anda juga harus mempertimbangkan masalah yang muncul lebih dari sebulan pada kesehatan bayi, masalah menyusui, atau perubahan dalam famili. Catat info & arahan dokter, serta info vital (berat & tinggi badan, lingkar kepala, tanda lahir, vaksinasi, penyakit, obat-obatan yang diberikan, hasil tes anak) untuk merekam kesehatan bayi.

Apa yang harus aku ketahui pada minggu 16?

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui:

Obesitas

Obesitas telah sebagai masalah kesehatan awam. Jika orang dewasa yang kelebihan berat badan mampu memiliki banyak sekali masalah, bayi yang gemuk tampaknya tidak terlalu menciptakan cemas. Beberapa bayi terlihat gemuk saat lahir, lainnya mulai sebagai gemuk seiring bertambahnya usia. Tapi tidak selalu alasannya pola makan yang tidak sehat atau bayi sporadis berkecimpung, yang mungkin alasannya bayi tidak membuatkan otot dengan pasti. Situasi ini mampu membaik saat usia bertambah.

Jika Anda cemas anak Anda mungkin obesitas, bawa beliau ke dokter untuk diperiksa dengan teliti. Untuk menentukan obesitas, dokter pertama-tama akan memeriksa berat & tinggi badan anak sinkron kriteria umur. Jila bayi Anda kelebihan berat badan, dokter akan memeriksa perkembangan anak. Beberapa dokter lebih penekanan pada berat badan bayi pada usia ini, terutama ketika mereka belum mulai makan makanan padat.

Tubuh yang gempal bukan pertanda anak akan sebagai obesitas saat beranjak dewasa. Banyak anak mulai menurunkan berat badan saat mulai merangkak & belajar berjalan. Seiring bertambahnya umur, Anda mampu mendorongnya untuk bermain pada atas lantai, & hanya menyusui saat bayi sungguh lapar. Ini akan membantu mengurangi kemungkinan obesitas.

Permainan berbahaya

Bayi Anda mungkin sangat bahagia saat Anda melemparkannya ke udara & menangkapnya berulang kali. Namun, ini sangat berbahaya. Beberapa permainan mampu sangat berbahaya untuk anak pada bawah 2 tahun. Dia mungkin terluka saat digoyangkan. Karena beban kepala bayi sama dengan keseluruhan berat tubuh, otot leher belum sepenuhnya berkembang sehingga kekuatan kepala bayi untuk menyokongnya sangat lemah. Ketika diguncang, kepala bayi miring ke belakang & depan, yang menyebabkan benturan otak dengan tengkorak. Cedera otak mampu mengakibatkan pembengkakan, pendarahan, tekanan atau kerusakan saraf & bayi Anda mungkin akan terpengaruh secara mental maupun fisik pada sepanjang hidupnya.

Matanya juga mampu terkena. Jika retina terpisah, sarafnya juga akan terluka, yang mampu mempengaruhi penglihatan bayi, & mengakibatkan kebutaan.

Cedera mampu muncul ketika bayi diguncang saat bermain dengannya. Jadi, hindari bermain kasar & selalu sangga kepala & leher bayi dengan tangan Anda. Selain itu, hindari menggoyangkan bayi saat menggendongnya (lebih baik dudukkan bayi pada dalam kereta dorong). Ini bukan berarti Anda tidak mampu bermain dengan bayi, Anda masih mampu bermain dengan lembut & mengutamakan keselamatannya.

Perhatian

Apa yang harus aku perhatikan pada minggu 16?

Di bawah ini merupakan beberapa hal yang harus Anda perhatikan:

Bayi masih menggunakan dot

Hal ini mampu menciptakan anak merasa nyaman termasuk puting susu, botol susu, lagu pengantar tidur atau dot. Sekali sudah sebagai kebiasaan, akan sulit untuk berhenti. Jika tidak ingin bayi Anda kecanduan dot, ini saat ideal untuk ad interim menghentikan penggunaannya. Pada usia ini kemampuan bayi untuk mengingat terbatas, jadi anak akan mudah lupa dengan dot apabila tidak kontak lagi dengannya. Penyebab lainnya merupakan anak pada usia ini mampu lebih baik menyesuaikan diri dengan perubahan daripada anak yang lebih tua & juga lebih mudah ditenangkan.

Untuk menciptakan bayi lebih nyaman saat tidak ada dot, cobalah menimangnya, menyanyikan lagu pengantar tidur, membiarkan bayi mengisap lengan baju Anda (atau tangan sendiri). Jila bayi tampak tidak siap untuk meninggalkan dot, Anda mampu membatasi penggunaan dot dengan membiarkan bayi menggunakannya hanya pada tidur siang atau malam hari.

Penyapihan dini

Umumnya, 3 bulan pertama merupakan waktu pada mana bayi sangat ramah & mudah menyesuaikan diri. Jadi, apabila Anda memilih waktu paling tepat untuk menyapih bayi, inilah saatnya. Meskipun bayi bahagia menyusui, bayi juga tidak terlalu sulit disapih saat berusia 6 bulan. Jila Anda ingin menyapih dini, mulailah memeras ASI ke dalam botol dalam waktu sekitar 4-6 minggu sehingga bayi mampu terbiasa. Anda mungkin harus mencoba alternatif untuk mengetahui metode apa yang bayi paling sukai.

Cobalah memberikan susu dalam botol sebelum menyusui. Jika bayi menolak susu botol untuk kali pertama, coba lagi pada kesempatan lain. Anda harus terus mencoba sampai bayi minum setidaknya 30-60 mililiter susu dari botol. Kalau Anda memang perlu memberi susu formula, coba ganti ASi dengan susu formula setelah bayi terbiasa minum dari botol. Lakukan perubahan secara sedikit demi sedikit untuk membiarkan payudara Anda menyesuaikan persediaan ASI.

Anda juga harus tahu bahwa Anda dihentikan memperpanjang waktu menyusui pada malam hari alasannya Anda & bayi Anda mampu memiliki lebih banyak waktu luang & hening beserta setelah Anda pulang kerja. Jika Anda suka, Anda mampu melanjutkan menyusui sekali sehari bila masih ada ASI & bayi masih ingin minum ASI. Gunakan waktu untuk sepenuhnya menyapih bayi atau tunggu sampai Anda tidak lagi punya persediaan ASI.

Seperti apa pertumbuhan bayi pada minggu ke-17?
loading...

0 komentar untuk Apa yang perlu Anda ketahui tentang merawat bayi yang berumur 16 minggu