Apa yang perlu Anda ketahui tentang merawat bayi yang berumur 14 minggu

Apa yang perlu
Perkembangan & Kebiasaan

Bagaimana seharusnya perkembangan bayi saya pada minggu 14?

Bayi sekarang bahagia menyentuh Knda. Bahkan, sentuhan sangat krusial dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Semua hubungan kulit bukan hanya membantu Knda dan bayi Knda menjadi lebih dekat, melainkan pula membantu menenangkan bayi saat beliau terganggu atau marah. Dia mungkin melambaikan tangan dan kakinya mulai mengayuh. Saat pinggul dan lutut bayi menjadi lebih fleksibel, mereka akan mengayuh lebih kuat.

Di minggu ke 2 bulan keempat, bayi mungkin dapat:

Tertawa keras-keras
Menaikkan koordinator 90 derajat saat berbaring
Berteriak saat merasa bahagia
Menggenggam ke 2 tangannya
Tertawa alami
Mengikuti benda sejauh 15 cm dan berpindah 180 derajat dari satu sisi ke sisi lain pada depannya.

Apa yang wajib saya lakukan dengan bayi saya pada minggu 14?

Knda perlu membantu perkembangan anak dengan membiarkan bayi hubungan kulit dengan aneka macam macam bahan, misalnya bulu, wol, dan kapas. Pada umur ini, bayi dapat memasukkan benda apapun ke ekspresi, jadi berhati-hatilah mengarah benda dan jangan tinggalkan bayi sendirian supaya bayi tidak memasukkan barang ke dalam ekspresi.

Dia mungkin mencubit tangannya dan memegang atau meregangkan jari-jarinya secara bersamaan. Dorong bayi Knda untuk mengkoordinasikan mata dan tangan dengan menggenggam mainan untuk melihat apakah beliau bisa mendapatkannya. Ketika Knda menyentuh bayi dengan meniup atau memijatnya dengan lembut serta memegangnya pada galat satu sisi atau mencium hidung bayi, ini akan membantu menenangkannya dan membuatnya lebih dekat lagi dengan Knda, bahkan membuatnya lebih waspada dan fokus.

Untuk melakukan pemijatan sederhana, taruh bayi pada atas permukaan yang datar dan hangat, selimut pada atas karpet lantai, contohnya. Teteskan minyak bayi pada atas telapak tangan Knda, gosokkan untuk menghangatkan minyak dan telapak tangan. Lihat mata anak, bernyanyi atau berbicara dengannya saat Knda mulai memijatnya.

Perhatikan reaksi anak. Aika beliau tidak tertarik, cobalah memijat lebih lembut atau kuat, atau berhenti. Banyak bayi hanya perlu diusap dengan lembut.

Kesehatan & Keamanan

Apa yang perlu saya diskusikan dengan dokter pada minggu 14?

Kebanyakan dokter tidak akan membuat janji atau melakukan investigasi kesehatan bayi bulan ini. Namun, Knda bisa selalu menghubungi dokter apabila ingin bertanya yang tidak bisa ditunda sampai periode investigasi selanjutnya.

Apa yang wajib saya ketahui pada minggu 14?

Ada beberapa hal yang perlu Knda ketahui:

Dosis imunisasi yang terlewatkan

Aika anak Knda telah melewatkan satu suntikan (misalnya vaksin tetanus, pertussis, polio), Knda tidak perlu cemas. Dokter akan memberikan suntikan tambahan yang sebelumnya terlewatkan. Meskipun bayi biasanya terkena demam atau flu ringan, beliau bisa tetap diimunisasi dengan kondusif dan efektif. Tanyakan dokter apabila anak mengalami:

Demam tinggi atau penyakit lainnya
Kelainan atau melemahnya sistem imun atau anak Knda menggunakan obat yang mengganggu sistem imun
Epilepsi
Kejang-kejang
Mengonsumsi steroid dalam 2 minggu pada 3 bulan sebelumnya
Reaksi parah terhadap takaran sebelumnya seperti demam 40 derajat atau lebih, kejang-kejang, menangis atau kelenger.

Bayi prematur dan yang memiliki berat badan kurang dari 2,5 kg wajib divaksinasi didasarkan  jadwal seperti halnya bayi yang lahir relatif umur, kecuali apabila dokter Knda menyarankan sebaliknya.

Nutrisi tambahan dengan susu

Susu sapi artinya minuman yang bagus untuk anak-anak dan orang lanjut usia, tapi tidak mengandung nutrisi krusial bagi bayi. Susu ini mengandung lebih banyak garam dan protein daripada ASI atau susu formula, sehingga tidak baik bagi ginjal bayi.

Susu sapi hanya mengandung sedikit zat besi, yang lebih banyak terkandung dalam ASI atau susu formula. Di samping itu, susu sapi mungkin menyebabkan pendarahan usus ringan pada sejumlah bayi. Jadi, apabila Knda berencana memberikan nutrisi tambahan untuk bayi dengan susu selain ASI atau formula berdasarkan rekomendasi dokter, tunggu sampai mereka berusia setahun untuk memulainya.

Lebih jarang buang air akbar

Bayi pada usia ini lebih jarang buang air akbar, mungkin hanya sehari sekali atau bahkan kurang, dan ini artinya hal yang wajar. Alasannya artinya saat mereka bertumbuh, mereka lebih banyak makan, sehingga organ pencernaan bayi wajib lebih banyak mencerna dari apa yang mereka makan tapi lebih sedikit mengeluarkannya.

Namun bayi menyusui bisa lebih banyak mengeluarkan kotoran. Ini bukanlah hal yang aneh. Bayi menyusui jarang terkena sembelit. Buang air akbar secara tidak teratur bukanlah tanda sembelit, sehingga akan teridentifikasi apakah anak sembelit atau tidak saat kotorannya mengeras dan sulit dimuntahkan.

Perhatian

Apa yang wajib saya perhatikan pada minggu 14?

Di bawah ini artinya beberapa hal yang wajib Knda perhatikan:

Menidurkan bayi

Banyak mak yang tak jarang mencoba tetap terbangun saat menyusui bayinya atau membangunkan bayi saat tertidur dan mengisap. Knda wajib menidurkan bayi saat beliau terjaga sehingga saat disapih, bayi dapat tidur tanpa menyusu atau diberi susu botol. Akan lebih masuk akal bila Knda menunggu sampai bayi berusia 6-9 bulan dan lebih jarang menyusui daripada mengajarkan bayi untuk tidur tanpa minum ASI atau susu botol. Saat anak sudah terbiasa, beliau akan bisa tidur lebih cepat sesudah disapih. Namun, setiap ada kesempatan, letakkan bayi sejenak. Tetap mengelus, memberi makan atau menyanyikan lagu pengantar tidur supaya bayi lebih mudah mengantuk dan tertidur.

Seruangan dengan bayi

Di bulan pertama atau ke 2, Knda akan sangat sibuk mengasuh anak. Knda akan wajib memberi makan, mengganti popok, dan memeluknya setiap hari. Beberapa orangtua tidur dengan bayi dalam satu ruangan, sehingga mereka bisa menjaga bayi dengan mudah dan nyaman. Namun, bila Knda tidak berniat membiarkannya berbagi ruangan dengan Knda, taruh pada ruangan terpisah pada fase terakhir pada mana anak tidak terlalu tak jarang membutuhkan susu (biasanya saat usia 2-4 bulan). Setelah waktu ini, apabila bayi berbagi kamar tidur dengan Knda, kasus berikut dapat muncul:

Bayi kurang tidur dibandingkan waktu sebelumnya. Saat berbagi ruangan dengan bayi sepanjang malam, Knda akan mencoba menggendong bayi untuk menenangkannya saat merasa tidak nyaman. Ini bisa mengganggu tidur bayi. Ditambah lagi, beliau tak jarang membuat keributan saat tidur. Sebagian akbar bayi mudah tertidur lagi dalam beberapa menit tanpa wajib ditenangkan. Jadi, bila Knda tertentu menggendongnya saat bayi mengerang, Knda mungkin secara tidak sengaja membangunkan dan mengganggu tidurnya.
Orangtua kurang tidur. Fakta bahwa Knda wajib menggendongnya lebih tak jarang pada malam hari untuk membiarkan bayi tidur pada ruangan yang sama berarti Knda akan tidur sebentar saja.
Lebih jarang berhubungan intim. Bagaimana Knda bisa berhubungan seks dengan partner Knda saat bayi tidur pada sebelah Knda?

Membiarkan bayi berbagi kamar tidur dengan Knda dalam waktu yang lama pula bisa menyebabkan Knda kesulitan tidur apabila bayi tidur pada ruangan lain pada kemudian hari.

Bila bayi wajib berbagi ruangan dengan anak lainnya pada dalam rumah, pengaturan jadwal tidur tergantung kebiasaan tidur ke 2 bayi. Aika galat satu atau ke 2 bayi cenderung terbangun pada malam hari, Knda akan merasa kesulitan sampai bayi belajar tidur ad interim bayi lain masih terbangun. Knda bisa memberikan kamar tidur terpisah untuk mengurangi kebisingan supaya menciptakan ruang pribadi untuk anak yang lebih tua.

Seperti apa perkembangan bayi berusia 15 minggu?
loading...

0 komentar untuk Apa yang perlu Anda ketahui tentang merawat bayi yang berumur 14 minggu