Apa yang harus saya ketahui dalam merawat anak 12 bulan

Apa yang harus saya ketahui dalam merawat anak 12 bulan
Perkembangan & Perilaku

Bagaimana seharusnya anak saya berkembang pada bulan 12?

Anak Anda akhirnya berusia 1 tahun! Anda berhasil melewati tahun pertama. Anak Anda mulai menjadi lebih berdikari bareng memulai langkah pertamanya. Banyak anak melakukan langkah pertamanya kadang-kadang antara 9-12 bulan & berjalan bareng baik saat berusia 14 atau 15 bulan. Namun jangan khawatir apabila  ia masih belum bisa melepaskan pegangan saat berjalan atau berdiri. Masih dikatakan normal apabila anak belum melakukan langkah pertamanya hingga berusia 15 atau 16 bulan, atau bahkan lebih.

Setelah berbulan-bulan berceloteh bareng bahasa bayi, anak Anda mulai membuat istilah-istilah yang bermakna. Proses ini tidak sebentar, & perkembangannya berbeda pada setiap anak. Satu hal yang penting yaitu anak mengerti lebih dari yang dapat dikatakannya.

Bagaimana cara membantu perkembangan anak saya pada bulan 12?

Doronglah anak Anda untuk menjelajah & berjalan bareng memberikan banya kesempatan untuk beranjak tanpa donasi & tidak terlalu acapkali mengangkat atau menggendongnya. Aika anak Anda sedang mencoba berjalan, ia mungkin akan merasa lebih aman apabila ia dapat memegang satu jari Anda.

Susu murni umumnya merupakan pilihan minuman untuk anak usia ini karena balita membutuhkan lemak untuk pertumbuhan & kebutuhan energi mereka. Pengecualian: apabila Anda gemuk atau menderita obesitas, atau memiliki riwayat famili obesitas, kolesterol tinggi, atau penyakit jantung, dokter anak Anda mungkin menganjurkan untuk konsumsi susu rendah lemak.

Anak Anda melihat semua yang Anda lakukan. Balita suka mengikuti perilaku orang pada sekitarnya, khususnya orangtua mereka. Ini merupakan cara mereka belajar perilaku dasar.

Ingatlah untuk menjauhkan semua barang yang berbahaya bagi bayi Anda.

Kesehatan & Keamanan

Apa yang harus saya diskusikan bareng dokter pada bulan 12?

Sangat dianjurkan untuk kontrol ke dokter saat usia 12 bulan. Anda dapat mempersiapkan waktu kontrol tersebut bareng menyiapkan jawaban untuk pertanyaan yang mungkin akan dokter tanyakan, seperti:

Berapa lama anak Anda tidur pada malam & siang hari?
Jenis makanan apa yang anak Anda makan? Bagaimana selera makannya? Apakah anak Anda menikmati makanannya bareng menggunakan tangannya sendiri?
Berapa banyak gigi yang tumbuh?
Apakah anak Anda merangkak bareng baik? Bisa berdiri sendiri bareng baik? Sudah bisa menjelajah atau berjalan? Menunjuk? Melakukan kontak mata & merespon apabila namanya dipanggil?
Apakah anak Anda acapkali menyipitkan atau menggosok matanya, atau cenderung memegang mainan & kitab dekat bareng wajahnya? Cari tahu mengenai tanda lain gangguan penglihatan.
Apakah anak Anda bisa menengok ke arah suara? (Cari tahu tanda lain gangguan pendengaran)
Apakah anak Anda bisa meniru suara, berceloteh, atau menyebut suatu istilah?

Pertanyaan ini akan membantu dokter mengevaluasi kebiasaan tidur, penglihatan, perkembangan fisik & perilaku anak Anda. Beritahukan dokter apabila anak Anda merasa gatal-gatal atau tidak nyaman. Hal ini dapat merupakan tanda dari alergi.

Apa yang harus saya ketahui pada bulan 12?

Saat kunjungan, dokter akan mengukur tinggi badan, berat badan, & lingkar kepala. Lalu hasilnya akan dimasukan ke grafik pertumbuhan. Grafik pertumbuhan memang sedikit membingungkan namun penting untuk mengerti cara membaca grafik anak Anda. Jangan khawatir, dokter absolut akan membantu Anda.

Berdasarkan  World Health Organization, anak usia 12 tahun seharusnya memiliki pengukuran rata-rata berikut ini:

Laki-laki: 10 kg (BB), 78 cm (TB), 46 cm (lingkar kepala)
Perempuan:  9.lima kg (BB), 78 cm (TB), 45 cm (lingkar kepala)

Angka ini menunjukkan persentil 50. Hal ini berarti 50% anak berusia 1 tahun memiliki berat badan sama atau kurang dari anak Anda & 50% anak memiliki berat badan lebih dari anak Anda.

Aika anak Anda termasuk persentil 25, hal ini tidak berarti ada yang salah bareng anak Anda. Artinya 25% anak berusia 1 tahun memiliki berat yang sama atau kurang dari anak Anda. Anak Anda akan tumbuh cepat & tidak akan terhambat perkembangannya.

Dokter Anda umumnya lebih fokus pada tingkat pertumbuhan dibandingkan pengukuran fisiknya.

Aika anak Anda berhenti bertumbuh atau berat badannya turun, ini merupakan tanda kasus yang lebih berfokus. Anda hanya harus khawatir apabila ada perubahan yang drastis.

Perhatian saya

Apa yang harus saya perhatikan pada bulan 12?

Berikut ini beberapa hal yang Anda perlu perhatikan:

Pandangan bayi

Anak-anak acapkali tidak mengetahui bahwa mereka memiliki gangguan penglihatan, jadi Anda harus lebih waspada bareng tanda potensi gangguan.

Hubungi dokter apabila anak Anda:

Sering menyipitkan mata atau berkedip.
Memiringkan kepalanya untuk melihat lebih kentara (saat melihat gambar pada televisi misalnya).
Menggosok matanya saat ia tidak mengantuk.
Kesulitan melihat benda.
Sering menabrak benda.

Anda pula harus memeriksakan mata anak Anda apabila ia menunjukan tanda tersumbatnya saluran air mata, luka, atau infeksi, seperti konjungtivitis. Tanda ini yaitu banyak mengeluarkan air mata, mata merah, nyeri, sensitif terhadap cahaya, atau mengeluarkan nanah atau krusta.

Keracunan timbal

Anak-anak usia 1 atau dua tahun berisiko tinggi keracunan timbal. Anak-anak dapat merangkak pada lantai & memasukan tangannya ke mulut. Meski begitu, anak umur berapapun yang kontak bareng timbal pula dapat menderita keracunan timbal.

Karena tubuh anak belum berkembang sempurna, mereka lebih mudah keracunan dibanding orang dewasa. Dengan istilah lain, mak hamil bareng kadar timbal yang meningkat dalam darah dapat menularkan timbal pada bayinya yang belum lahir.
loading...

0 komentar untuk Apa yang harus saya ketahui dalam merawat anak 12 bulan