Apa Itu DHA dan EPA, dan Kenapa Penting Bagi Perkembangan Anak

Apa Itu DHA dan EPA, dan Kenapa Penting Bagi Perkembangan Anak
Omega-3 adalah nutrisi yang dikenal seluruh orang. Omega-3 memiliki banyak jenis yang dapat berasal berdasarkan suplemen masakan seperti minyak ikan & minyak rami. Dua jenis yang awam berdasarkan Omega-3 adalah DHA & EPA. Untuk memahaminya memakai lebih jelas, baca artikel ini.

Apa itu DHA?

DHA adalah kependekan berdasarkan docosahexaenoic acid, asam lemak yang termasuk dalam grup Omega-3. Komposisi otak terdiri berdasarkan lemak yang lebih kurang seperempatnya didapatkan sang DHA. Saat menganalisis struktur otak, ilmuwan menemukan bahwa DHA adalah bagian berdasarkan struktur membran neuron.

DHA berperan dalam bagian yang sangat akbar pada materi abu-abu di otak (kecerdasan) & di retina (penglihatan total mata). DHA menciptakan kepekaan neuron, yang membantu berkata informasi memakai cepat & saksama. Asam lemak Omega-3 membantu pembentukan neuron & transporter glukosa. Ini adalah nutrisi utama yang membantu otak berfungsi.

DHA juga krusial untuk perkembangan fungsi mata & sistem saraf yang tepat. Penelitian pada fauna menemukan bahwa DHA banyak terkandung dalam sistem saraf, misalnya pada retina mata & otak.

Anak usia dini yang kekurangan DHA akan memiliki indeks kecerdasan yang rendah. Sebuah studi di Amerika Serikat yang memantau anak berdasarkan bayi sampai usia 8-9 tahun menemukan bahwa bayi yang diberi ASI & mendapatkan DHA yang cukup, secara statistik memiliki nilai 8,3 poin yang lebih tinggi daripada bayi yang diberi susu sapi & tidak mendapatkan cukup DHA.

Apa itu EPA?

EPA adalah singkatan berdasarkan eicosapentaenoic acid, salah satu asam lemak Omega-3 yang juga diklaim pemurni darah. Para ilmuwan telah menemukan bahwa efek utama EPA adalah membantu produksi prostaglandin dalam darah. Jenis prostaglandin ini mencegah penumpukan trombosit, yang mengurangi & mencegah trombosis. Prostaglandin tersebut juga mengurangi kolesterol & trigliserida dalam darah, dan mengurangi viskositas darah.

EPA juga mengurangi risiko aterosklerosis. Oleh lantaran itu, EPA menawarkan efek positif dalam pencegahan & pengobatan penyakit jantung aterosklerosis.

Pentingnya suplemen DHA & EPA

Pemberian suplemen DHA untuk jangka panjang sangat bermanfaat untuk perkembangan bayi. Namun, kenyataannya adalah, anak-anak di banyak negara di global mendapatkan suplemen DHA harian dalam tingkat yang jauh lebih rendah berdasarkan nomor yang dianjurkan.

Anjuran FAO, WHO (2010):

DHA untuk anak-anak usia 624 bulan: 10-12 mg/kg
Ibu hamil & menyusui: 200 mg/hari

Anjuran modern untuk total jumlah DHA harian ANSESFrench Food Safety Agency (2010):

Anak-anak usia 0-6 bulan: 0,32% berdasarkan total asam lemak
Anak-anak usia 6-12 bulan: 70 mg/hari
Anak-anak usia 1 sampai 3 tahun: 70 mg/hari
Anak-anak usia 3-9 tahun: 125 mg/hari
Ibu hamil & menyusui: 250 mg/hari

Dari informasi ini, Anda mendapatkan citra dasar mengenai cara untuk merawat anak Anda memakai lebih baik.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, juga pengobatan.
loading...

0 komentar untuk Apa Itu DHA dan EPA, dan Kenapa Penting Bagi Perkembangan Anak