Anak Susah Tidur Malam, Bisa Jadi Karena Ibunya Juga Kurang Tidur

Anak Susah Tidur Malam, Bisa Jadi Karena Ibunya Juga Kurang Tidur
Anak-anak membutuhkan waktu tidur yang nisbi agar tumbuh kembangnya tidak terganggu. Untuk itu, Knda perlu menyediakan ruangan & situasi yang kondusif agar anak sanggup tidur nyenyak  kasur & bantal yang empuk; kamar tidur yang rapi, nyaman, bersuhu dingin, & sepi tanpa gangguan gadget; sampai membacakan dongeng sebelum tidur. Lantas kalau semua ini sudah tercapai tapi tetap saja anak insomnia malam, apa sebabnya? Bisa jadi, ini alasannya adalah pola tidur mak yang berantakan. Apa hubungannya?

Anak insomnia malam, output pola tidur mak yang buruk

Pernyataan ini timbul dari sebuah studi yang dilakukan sang para peneliti University of Warwick, setelah mengulik kebiasaan tidur 200 anak sekolah menggunakan orangtuanya. Hasil penelitian ini membuktikan kalau mak yang insomnia nyenyak alasannya adalah memiliki tidak bisa tidur sanggup menularkan kondisinya pada anak. Alhasil, anak pula jadi kurang tidur alasannya adalah ikut-ikutan tidur tidak nyenyak.

Meskipun penelitian ini dilakukan dalam lingkup yang mini, akan tetapi para pakar menerka terdapat beberapa hal yang sanggup mengaitkan antara pola tidur mak yang berantakan menggunakan anak insomnia malam, yaitu:

Anak-anak sanggup belajar kebiasaan tidur dari orangtuanya. Anak-anak tumbuh akbar melihat & mencontoh apa yang orangtuanya lakukan. Ini pun termasuk kebiasaan tidur. saat Knda punya kebiasaan tidur yang buruk (misal, begadang sampai larut malam atau wajib main hape dulu sebelum tidur), maka mereka akan menganggap bahwa kebiasaan tidur yang misalnya itu yang seharusnya dilakukan. Padahal, kebiasaan itu tidak baik.

Lingkungan keluarga sanggup memengaruhi kebiasaan tidur anak. Dalam penelitian ini disebutkan jikalau lingkungan keluarga kurang baik, misalnya, orangtua tidak memerhatikan anak menggunakan baik, menjadi akibatnya anak tidak memiliki anggaran yang baik terkait kebiasaan tidur yang wajib mereka lakukan.

Punya genetik bawaan dari orangtua. Ya, tidak bisa tidur atau gangguan tidur lainnya sanggup ditimbulkan sang faktor genetik. Hal ini bahkan telah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Sleep Medical.

Apa yang aku wajib lakukan jikalau anak insomnia malam?

Anak yang kurang tidur tumbuh kembangnya sanggup terganggu. Dilaporkan bahwa anak yang seringkali begadang rentan mengalami obesitas. Pada penelitian lain, disebutkan bahwa anak yang kurang tidur berisiko mengalami gangguan mental, gangguan perkembangan kognitif, sampai gangguan konduite. Maka dari itu, kasus anak kurang tidur dilarang ditinjau sepele atau diremehkan jikalau tidak mau memengaruhi perkembangan si mini sampai dewasa nanti.

Ingat bahwa anak akan mencontoh segala tingkah laris & kebiasaan yang Knda lakukan. Oleh karenanya, jadilah panduan yang baik menggunakan memperbaiki pola tidur Knda. HelloSehat menyediakan panduan pola tidur sehat sleep hygiene & clean sleeping yang sanggup Knda contek pada rumah.

Selain memperbaiki pola tidur Knda buat memberikan model yang baik, terdapat beberapa hal yang sanggup Knda lakukan buat membantu si mini tidur lebih cepat & nyenyak:

Bentuk & buat lingkungan yang mendukung anak buat tidur tepat waktu. Misalnya, Knda buat anggaran kalau televisi & segala gadget wajib dimatikan satu jam sebelum waktu tidur.
Pastikan kalau si mini telah mengonsumsi masakan yang tepat sebelum tidur. Makan tepat sebelum tidur, sanggup membentuk tidurnya terganggu. Jadi, pastikan bahwa beliau makan masakan yang tepat menggunakan jam yang tepat. Makan malam yang ideal merupakan 4 jam sebelum tidur. Selain itu, hindari masakan bergas yang sanggup membentuk perut si mini kembung saat waktu tidur.
Buat kamar tidur yang nyaman buat si mini. Usahakan buat membentuk kamar tidur atau suasana tidur yang nyaman baginya. Hindari menyalakan lampu yang terlalu kentara pada area kamar tidurnya, agar beliau simpel terlelap.
loading...

0 komentar untuk Anak Susah Tidur Malam, Bisa Jadi Karena Ibunya Juga Kurang Tidur