Popok Kain vs Popok Sekali Pakai Mana yang Lebih Baik

Popok Kain vs Popok Sekali Pakai Mana yang Lebih Baik
Popok merupakan salah satu kebutuhan bayi yg utama. Sebelum Anda melahirkan, mungkin popok sebagai salah satu daftar barang yg wajib Anda siapkan sebelum bayi lahir. Anda pun mungkin telah membayangkan berapa banyak popok yg Anda butuhkan setiap hari untuk bayi Anda. Ya, umumnya bayi baru lahir lebih acapkali buang air mungil atau buang air akbar setiap harinya, sehingga Anda membutuhkan banyak popok.

Terdapat 2 jenis popok yg sebagai pilihan Anda untuk dipakaikan pada bayi, yaitu popok dari kain juga popok sekali pakai. Tentu, masing-masing popok ini mempunyai laba dan kerugian.

Kelebihan dan kekurangan popok kain

Popok kain tersedia dalam majemuk jenis bahan, misalnya bahan katun, flanel, dan lainnya. Popok kain mungkin akan memproduksi cucian Anda sebagai banyak. Setiap bayi buang air mungil juga buang air akbar, Anda wajib segera merubahnya. Sebaiknya, segera ganti popok bayi apabila telah basah atau kotor, sehingga bayi terhindar dari ruam popok. Mungkin dalam sehari Anda sanggup mencuci 10 popok kain atau lebih untuk bayi Anda yg baru lahir. Sehingga, Anda memerlukan detergen lebih untuk mencuci popok ini hingga bersih.

Keuntungannya, Anda dapat berhemat uang Anda lebih banyak. Anda nir perlu membeli popok setiap kali popok habis, misalnya ketika Anda dengan popok sekali pakai. Menggunakan popok kain merupakan cara yg lebih alami dan ramah lingkungan dibandingkan bareng memakai popok sekali pakai.

Tips ketika dengan popok kain

Berikut ini merupakan tips yg wajib Anda ingat ketika dengan popok kain:

Jika Anda dengan popok yg membutuhkan peniti untuk mengikatnya, gunakanlah  peniti yg akbar bareng koordinator plastik yg paling aman, sehingga bayi nir tertusuk peniti. Saat memakaikannya pada bayi, gunakan tangan Anda untuk membatasi antara peniti dan kulit bayi.
Taruhlah popok basah tertentu ke loka cucian, tetapi apabila masih ada kotoran bayi, usahakan Anda bersihkan terlebih dahulu. Anda sanggup membersihkan popok terlebih dahulu sebelum mencucinya atau memasukkannya ke dalam mesin cuci. Anda dapat membilasnya bareng air dan baking soda untuk menghilangkan baunya.
Pisahkan popok dan kostum bayi lainnya bareng kostum lain ketika Anda mencuci baju. Gunakan detergen yg hipoalergenik atau direkomendasikan untuk mencuci kostum bayi. Juga, jangan gunakan pelembut atau pewangi kostum, ini dapat menjadikan ruam popok pada bayi yg kulitnya sensitif. Anda juga dapat membilas kostum bayi bareng air panas dan membilasnya bareng air secara berulang.
Cuci tangan Anda sebelum juga sesudah memakaikan popok pada bayi untuk mencegah penyebaran kuman.

Kelebihan dan kekurangan popok sekali pakai

Popok sekali pakai tersedia dalam banyak sekali ukuran berdasarkan berat bayi. Pilihlah ukuran berdasarkan bareng berat bayi Anda atau yg cocok bareng bayi Anda, sehingga bayi nyaman memakainya. Popok sekali pakai merupakan pilihan yg dapat memudahkan Anda, terutama ketika Anda sedang dalam bepergian. Anda nir perlu mencucinya, sanggup tertentu Anda buang. Produk popok sekali pakai pada umumnya dapat menampung beberapa kali pipis bayi, sehingga Anda nir perlu selalu mengganti popok bayi setiap kali bayi buang air mungil. Daya serap yg tinggi pada popok sekali pakai juga dapat membantu mencegah bayi mengalami ruam popok.

Popok sekali pakai mengandung bahan kimia. Namun, beberapa pakar meyakinkan bahwa bahan kimia ini nir berdampak jangka panjang pada kesehatan bayi. Bisa dikatakan bahwa bahan kimia yg ada dalam popok sekali pakai ini paling aman digunakan untuk bayi.

Bahan-bahan yg terkandung dalam popok sekali pakai

Beberapa bahan kimia yg ada pada popok sekali pakai merupakan:

Sodium polyacrylate. Ini merupakan bahan yg ringan. Bayi yg menghirup partikel mungil ini mungkin dapat mengalami iritasi pada saluran napas, tetapi ini nir beracun. Bahan ini juga nir mengiritasi kulit.
Bahan pewarna. Pewarna yg digunakan umumnya tergolong paling aman. Namun, pada bayi tertentu, bahan pewarna ini mungkin dapat memicu reaksi alergi.
Parfum. Beberapa bayi yg sensitif mungkin akan memunculkan reaksi alergi terhadap parfum ini. Namun, masalah ini sebenarnya sangat jarang terjadi. Sebenarnya, popok sekali pakai mengandung parfum dalam jumlah yg sangat rendah untuk dapat menjadikan masalah.
Dioksin. Bubur kertas pada popok memproduksi popok sebagai lebih nyaman untuk bayi karena berfungsi sebagai bantalan ekstra dan daya serap, tetapi bubur kertas ini juga mempunyai bahan kimia yg dapat berpotensi menjadikan masalah pada bayi. Bahan kimia ini dianggap bareng dioksin. Bahan kimia yg masih satu famili bareng dioksin dapat menjadikan kanker, tetapi penelitian memberikan bahwa jenis ini nir masih ada dalam popok sekali pakai. Juga, pada umumnya kandungan dioksin dalam popok sekali pakai hanya dalam jumlah mungil. Jadi, Anda sebagai orangtua nir perlu khawatir apabila dengan popok sekali pakai.

Tips apabila Anda menentukan popok sekali pakai

Jika Anda menentukan popok sekali pakai untuk bayi Anda, berikut ini ada tips untuk Anda ingat.

Buanglah sampah popok sekali pakai secara teratur. Jangan hingga menumpuk terlalu usang. Hal ini untuk mencegah timbulnya bau yg nir sedap dan juga untuk mencegah pertumbuhan bakteri.
Jika Anda menemukan bekas karet popok pada sekitar paha dan pinggang bayi Anda, mungkin ini sebagai tanda bahwa ukuran popok bayi Anda telah kekecilan. Sebaiknya ganti popok sekali pakai bareng ukuran yg lebih akbar.
Jika Anda menemukan ruam pada kulit bayi pada sekitar pantat dan paha bayi Anda, usahakan ganti popok bayi Anda bareng merek lainnya. Pilihlah popok yg nir dengan pewarna atau parfum. Terkadang, bayi sanggup sensitif terhadap merek popok tertentu.
Jika bayi Anda laki-laki, tempatkan penis bayi Anda dalam posisi ke bawah sebelum memakaikan popok. Ini dapat membantu mencegah kebocoran popok.
Jika tali pusar bayi Anda belum tanggal atau belum kemarau, pakaikan popok pada bawah tali pusar atau pada bawah pinggang bayi. Hal ini dilakukan untuk mencegah iritasi.
Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan Anda, baik sebelum juga sesudah Anda memakaikan popok, untuk mencegah penyebaran kuman.
loading...

0 komentar untuk Popok Kain vs Popok Sekali Pakai Mana yang Lebih Baik