Anak Kecil Tidak Boleh Sembarangan Makan Popcorn, Ungkap Para Ahli

Anak Kecil Tidak
Enda mungkin pernah mendengar kabar anak berusia dua tahun yang meninggal dunia dampak tersedak popcorn yang terjadi pada Amerika Serikat. Pasalnya, berukuran popcorn yang nir begitu akbar ternyata bisa menimbulkan musibah yang tidak terduga. Jadi, sebenarnya anak boleh makan popcorn atau nir? Kira-kira usia berapa anak telah boleh makan popcorn? Cari tahu jawabannya pada bawah ini.

Kapan anak boleh makan popcorn?

Makanan yang ukurannya mini tapi relatif keras seperti popcorn, permen yang keras, biji-bijian, & kacang-kacangan seharusnya nir ditawarkan pada anak sebelum mencapai usia setidaknya empat atau lima tahun. Pasalnya, makanan seperti ini bisa menciptakan anak tersedak.

Kalaupun ingin memberikan makanan tersebut ketika anak telah relatif akbar, pastikan bahwa orangtua atau pengasuh sungguh memantaunya. Biasanya timbul biji jagung yang keras & nir bisa digigit pada ujung-ujung popcorn. Nah, pastikan bagian ini nir masuk ke dalam mulut anak. Ajari anak untuk melepeh biji jagung yang nir bisa ditelan atau makanan lainnya.

Apa yang terjadi dikala anak tersedak? 

Anak pada bawah lima tahun (balita) merupakan kelompok yang paling berisiko tersedak. Menurut American Academy of Pediatrics (AAP) pada AS, tersedak merupakan salah satu penyebab kematian yang paling banyak bagi balita.

Ketika anak tersedak, itu berarti terdapat benda menutupi trakea (jalur napas) sehingga udara nir mengalir normal ke dalam atau keluar paru-paru. Kondisi ini menciptakan anak nir mampu bernapas lancar. Trakea biasanya dilindungi oleh katup mini berbahan tulang rawan yakni epiglotis. Epiglotis akan menutup bagian trakea setiap kali seseorang menelan. Hal ini memungkinkan makanan akhirnya masuk melewati kerongkongan & nir masuk ke dalam trakea.

Bayi & anak mini mempunyai berukuran saluran pernapasan yang lebih mini sehingga akan rentan tersedak dikala makan popcorn jikalau dibandingkan bersama orang dewasa. Risiko tersedak tergantung bersama berukuran, bentuk, atau tekstur makanannya. Makanan yang berbentuk bulat, keras, sulit dikunyah, atau licin akan gampang meluncur masuk ke dalam tenggorokan & menghalangi jalan napas.

Bila nir segera ditangani, hal ini bisa menciptakan anak nir bisa bernapas & akhirnya mungkin saja berujung pada kematian.

Cara mencegah anak tersedak

Sebenarnya anak bisa tersedak bukan lantaran makan popcorn saja. Makanan lainnya atau benda-benda yang dimasukkan anak ke dalam mulut pula bisa menaikkan kemungkinan tersedak. Nah, ini beliau beberapa hal yang bisa orangtua lakukan untuk mencegah anak tersedak.

Jangan pernah meninggalkan anak mini tanpa diawasi dikala makan, harus timbul pengawasan tertentu
Anak-anak harus duduk tegak dikala makan, harus mempunyai jumlah gigi yang relatif, & kemampuan otot & perkembangan yang dibutuhkan untuk mengunyah & menelan makanan yang dipilih
Ingat, nir semua anak berada pada tingkat perkembangan yang sama, anak-anak bersama kebutuhan perawatan khusus sangat rentan terhadap risiko tersedak.
Anak-anak harus mempunyai waktu makan yang damai & nir terburu-buru, termasuk dikala waktu makan snack.
Hindari makanan yang menimbulkan risiko tersedak yang bertesktur keras, & mini seperti wortel mentah, kacang-kacangan, popcorn, anggur, & lain sebagainya
Potong makanan menjadi potongan mini, lepaskan biji atau duri jikalau timbul pada makanan.
Jangan abaikan anak mengunyah makanan sambil bermain, berjalan, atau naik kendaraan beroda empat
Orang tua & perawat anak sebaiknya mempunyai dasar melakukan teknik pertolongan pertama seperti melakukan CPR, Heimlich Maneuver, atau Automated External Defibrillators (AED) untuk berjaga diri jikalau anak mengalami tersedak mampu ditangani segera & catat nomor telepon krusial untuk meminta bantuan.

Tanda-tanda anak tersedak & membutuhkan bantuan segera

Anak nir mampu bernapas
Anak terengah-engah
Anak menjadi nir bisa bicara, namun hanya menangis
Berubah menjadi biru
Tampak panik
Lemas lalu kelenger

Apa yang harus dilakukan jikalau anak tersedak?

1. Ambil benda atau makanannya

Aika Enda masih bisa melihat objek yang memebuat jalur napas tersumbat, coba untuk mengambilnya. Namun, jangan sampai terdorong ke dalam & jangan berulang kali memasukan jari Enda. Justru Enda bisa memperburuk keadaan menciptakan bendanya lebih sulit diangkat.

2. Minta anak batuk

Aika anak menjadi batuk-batuk, biarkanlah. Dorong mereka untuk terus terbatuk-batuk & jangan tinggalkan anak sendiri tanpa pengawasan orangtua.

3. Cari bantuan

Aika batuk anak Enda nir efektif (nir besuara atau nir bisa bernapas bersama benar dikala batuk), segera cari bantuan medis atau bawa anak ke layanan kesehatan terdekat. Namun, dikala membawa anak ke tempat tinggal sakit, hati-hati agar nir mengguncang anak sehingga tersedaknya semakin bertambah parah.
loading...

0 komentar untuk Anak Kecil Tidak Boleh Sembarangan Makan Popcorn, Ungkap Para Ahli